Melihat Keindahan Taman Laut Calabai

Jika Anda para traveller yang punya rencana berlibur di Dompu, NTB, jangan lupa untuk mengunjungi spot wisata yang satu ini. Namanya Taman Laut Calabai, lokasinya berada di Desa Calabai, Kecamatan Pekat, Dompu. 

Kenapa dinamakan Taman Laut, karena spot ini di dasar lautnya memiliki terumbu karang yang sangat indah, terdapat berbagai jenis ukuran karang yang menawarkan keindahan dan kecantikannya masing-masing. Tak heran jika spot ini menjadi salah satu spot snorkeling terbaik di NTB. 


Karang-karang di Taman laut ini adalah hasil daripada transplantasi karang (coral transplantation) yang dilakukan oleh kelompok masyarakat Komunitas Pecinta Penyu dan Karang  (KOMPPAK) yang berada di Desa Calabai.  

Gerakan transplantasi karang ini dimulai sejak tahun 2008 lalu, yang dilatarbelakangi oleh rusaknya terumbu karang akibat ulah para nelayan yang menangkap ikan dengan menggunakan bom ikan dan potasium. 


Karena gerakan tersebut,  kerusakan parah terumbu karang kini berubah menjadi dasar laut yang memesona dan membuat mata tidak berhenti untuk melihatnya. 

"Awalnya saya prihatin dengan keadaan terumbu karang di Calabai yang hancur akibat ulah manusia yang mengambil ikan dengan mengunakan bom dan potasium sehingga saya berinisiatif untuk melakukan kegiatan transplantasi karang," kata Ketua LSM KOMMPAK, Christian., baru-baru ini. 


Dengan berubah nya kondisi tersebut menjadikan taman laut ini sebagai salah satu lokasi yang menjanjikan untuk mendatangkan atau meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama masyarakat yang ada di sekitar taman laut.  

Pasalnya setiap wisatawan yang mengunjungi spot ini, selain dikenakan retribusi biaya masuk, juga harus menyewa alat snorkeling yang telah disediakan. Sehingga para wisatawan bisa melakukan snorkeling sekaligus diving sepuasnya. 


Meski telah berubah lewat gerakan swadaya, spot ini masih mengharapkan dukungan dari pemerintah baik pusat maupun daerah agar bisa dikembangkan. Mengingat sektor pariwisata adalah sektor yang paling besar menyumbang devisa untuk negara.  

"Harapan kami saat ini ada dukungan dari pemerintah dan kedepannya taman laut calabai dapat tetap terjaga dan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat sekitar," harap Cristian.  

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru