Suasana Indah Pantai Selong Belanak

Sejumlah pantai berpasir putih menjadi harta wisata Pulau Lombok. Geliat pihak pemerintah yang membidangi sistem pengelolaan pariwisata, dan bekerja sama dengan masyarakat setempat, serta partisipan pariwisata sehingga keindahan pantai-pantai berpasir putih ini banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik dan manca negara. Salah satu pantai yang cukup dikenal oleh wisatawan domestik dan mancanegara adalah Pantai Selong Belanak. Pantai ini memiliki pasir putih yang berkarakter halus dan memanjang di tepian pantai.


Keindahan, keasrian, dan kebersihan suatu pantai adalah daya tarik utama pada pengunjung. Hal ini juga telah menjadi khas pada sebuah pantai yang terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini bernama Pantai Selong Belanak banyak dikunjungi oleh wisatawan sehingga menjadi destinasi wisata pantai yang cukup dikenal.

Selain terkenal dengan keindahan, keasrian, dan kebersihannya, Pantai Selong Belanak tampil memukau dengan garis pantai yang melengkung bagai bulan sabit. Keindahan pantai ini terpadu dengan sebuah panorama bukit hijau yang tak jauh dari tepiannya.


Sebenarnya, pantai yang berpasir putih halus ini merupakan bagian dari Teluk Selong Belanak, dan tepiannya pun memanjang sekitar 1 Kilometer. Pantai yang tak jauh dari perkampungan nelayan ini juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Sekitar 40 keluarga nelayan yang tinggal di bagian selatan dari pantai ini, sehingga untuk bermain air pada wilayah pantai pada bagian selatan sepertinya kurang bijak, dikarenakan oleh para nelayan menjadikan area selatan dari pantai ini sebagai tempat untuk menyandarkan perahu. Namun, bila pengunjung ingin menjelajah pada wilayah selatan dari pantai ini sungguh luar biasa indahnya, sebab pada bagian tepian pantai yang berdekatan dengan pebukitan terdapat hamparan batu yang bentuknya sangat alami. Bagi pengunjug yang ingin mengambil gambar atau berselfi-ria di wilayah selatan pantai ini juga sangat menarik.

Wilayah bagian utara dari pantai Selong Belanak juga sangat indah dan menawan. Air laut pada bagian wilayah utara pantai ini tampak jernih. Kontur pantai ini tampak landai, perairannya pun tergolong tenang, dan hanya memiliki ombak kecil yang lembut dan terasa halus jika menyentuh pada bagian tubuh, sehingga sangat cocok untuk berendam atau berenang. Selain itu, aktifitas nelayan cukup jauh dari area pantai di wilayah utara sehingga para pengunjung merasa bebas untuk menjelajahi garis pantai yang cukup panjang, terlebih jika ingin bermain ombak.

Terkait dengan kondisi Pantai Selong Belanak yang memang layak menjadi destinasi wisata pantai, sangat wajar jika banyaknya wisatawan yang sering berkunjung di tempat ini, dan melakukan ragam aktifitas di area pantai. Menyusuri sudut-sudut pantai sembari menikmati suasana yang indah adalah bagian dari aktifitas mereka. Namun, tak jarang diantara mereka yang berjemur, berenang, atau bermain dengan ombak.


Beberapa pengunjung di Pantai Selong Belanak menyewa perahu nelayan. Mereka bertujuan untuk menikmati suasana indah di atas laut, namun sebagian juga mengambil kesempatan untuk melepas pancing di atas perahu.

Para pengunjung yang senang melihat pola kehidupan pada masyarakat nelayan, penduduk setempat tak segan-segan untuk menerimanya, bahkan siap untuk memberikan penjelasan bila diberikan pertanyaan. Termasuk pola hubungan masyarakat nelayan ketika pulang membawa ikan dari laut, ragam budaya yang ada di dalam perkampungan nelayan tersebut dapat diamati.

Perlu dipahami bahwa bahwa Pantai Selong Belanak belum sepopuler dengan pantai-pantai lain yang ada di Pulau Lombok, seperti Pantai Senggigih, Pantai Ampenan, atau Gili Trawangan. Pantai ini berkarakter sepi tapi tenang dan damai. Pada hari-hari biasa, kita hanya bertemu dengan beberapa pengunjung saja, kecuali pada hari libur, pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Olehnya itu, bagi pengunjung yang senang dengan suasana sepi, tenang tapi damai, sangat cocok berkunjung ke Pantai Selong Belanak.


Hal lain yang perlu diketahui pada pantai yang tenang ini adalah terdapat beberapa warung wakan dan minum di tepian pantai. Menu khas yang sering disajikan di tempat ini yaitu nasi sate ikan atau ikan bakar. Minuman dingin dan hangat juga dapat ditemukn di tepian pantai ini. Selain itu, ketika anda terlena dengan suasana yang tenang dan damai di pantai ini sehingga takut pulang kemalaman, jangan kuatir, pada kawasan pantai ini telah disiapkan deretan villa yang siap unuk disewa. Demikian juga dengan para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, di kawasan pantai ini tersedia lahan parkir yang aman dan terjaga, dan harga parkir di tempat ini sangat terjangkau.


Lokasi Pantai Selong Belanak, yaitu sekitar 49 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun bila beranjak dari Bandara Internasional Lombok, yang mana disaat anda berada di perempatan Masjid Jami’ Penunjak atau Batujai, silahkan belok ke kiri sampai menemukan pantai. Dalam perjalanan menuju Pantai Selong Belanak, anda akan dipertemukan sebuah pemandangan bukit hijau yang indah dan menakjubkan. Selain itu, bila nanti anda akan melewati jalan yang berada pada ketinggian, anda dapat melihat keindahan pantai dari jauh. Namun, ketika anda sudah berhadapan dengan sebuah pantai berpasir putih halus dan airnya membiru serta garis pantainya berbentuk bulan sabit, berarti tak lama lagi anda akan tiba di Pantai Selong Belanak. Namun lebih tepatnya, silahkan banyak bertanya pada warga sekitar, sebab Pantai Selong Belanak sudah tidak asing lagi bagi warga Lombok Tengah, khususnya bagi warga penduduk yang bertempat tinggal di route perjalanan menuju pantai yang berbentuk bulan sabit tersebut.

Fisik jalan menuju Pantai Selong Belanak Lombok tergolong bagus. Meskipun di sepanjang perjalanan kita selalu melewati jalanan naik turun pada kitaran 15 Kilometer sebelum pantai tersebut, namun permukaan jalan tersebut teraspal mulus.


Suatu tanda akhir ketika anda akan bertemu dengan pantai yang berbentuk bulan sabit itu yaitu petakan-petakan perladangan yang mengapit pada jalan aspal, dan paling terakhir lagi yaitu sekitar 50 meter, anda akan menemukan tulisan di atas jalan masuk ke pantai tujuan, yaitu “Selamat Datang di Amazing Selong Belanak Beach”.

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru