Pura Pajeng Kober


Selama ini Kawasan Obyek Wistata di Kota Mataram pasti orang akan mengingat Makam Loang Balok, Pantai Gading,Tanjung Karang, Taman Mayura, namun di Kota Mataram sendiri ada salah satu tempat yang bisa dijadikan obyek wisata alam yang tidak kalah menariknya dengan loang balok,mayura.

Nama kawasan itu adalah Pura Pajeng Kober dan dirawat oleh salah seorang penunggu bernama Nurham (70 tahun). Nurham yang kesehariannya seorang penyakap tanah milik pura pajeng kober ini sudah puluhan tahun dipercaya untuk mengurusi Taman Pura Pejeng Kober.

Nurhan menuturkan bahwa Pajeng Kober ini milik salah seorang Umat Hindu Jero Getul (Alm) dan Kini di rawat oleh anaknya Komang Sugiatra asal Sukadana Pagutan. Kata Nurham Taman Pura Pajeng Kober ini kondisi cukup parah kotor dan perlu di rehab namun sampai saat ini masih belum ada perbaikan. Dulu, cerita Nurham tempat ini bersih dan ada tempat pancuran atau pemandian untuk masyarakat umum, namun karna kondisinya tak terawat maka jarang oarng mau datang lagi. Bahkan Kata Nurham, di sebelah timur kolam ikan terdapat sebuah kolam kecil yang berisi ikan tuna besar dengan panjang kisaran 2 meter, jika ingin memanggil ikan tuna cukup mengetuk dinding kolam maka keluarlah ikan tuna kemudian diberikan makanan berupa telur matang bahkan ada yang nyemplungin uang logam. Kini ikan tuna tersebut sudah lama tidak mucul kemungkinan akabiat kecilnya aiar yang berada di kolan kecil.

“Saya dari dipercaya sama yang punya Taman Pura Pjeng Kober ini, Eeee sudah puluhan tahun, mungkin kalau saya tidak salah sejak Indonesia
belum merdeka. Dulu disini ada pancuran,ikan tuna, bahkan ada tiga patung di tengah kolam , saya tahu saat pembuatannya. Kini Pura ini tampa sepi. Saya sangat berharap sekali jika suatu saat pemerintah Kota Mataram mau melirik Pura Pjeng Kober menjadi salah satu Obyek Wisata Alam di Kota Mataram karan tempatnya yang masih alami penuh pepohonan dan jaraknya sekitar 100 meter dari jalan raya”. Cerita Nurham ketika ditemui saat berbaring di berugaknya.

Kawasan Taman Pura Pajeng Kober ini berada di dekat Jalan Lingkar selatan Petemon bahkan bersebelahan dengan RTH (Ruang terbuka Hijau) Petemon. Warga sekitar berharap jika Pemerintah Kota Mataram berkerjsama dengan pemilik Taman Pajeng Kober untuk dijadikan Taman wisata alam kedepannya InsyaAllah dapat meningkatkan roda perekonomian warga sekitar dengan banyaknya pengunjung dan penyediaan sarana dan prasarana penunjang seprti pedagang Kreatif Lapangan, Musholla dan MCK.

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru