Keunikan Pantai Wadu Jao Dompu


Selain Pantai Lakey yang menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Dompu, ombaknya yang mendunia juga kunjungan wisatawan asing meningkat tiap tahun. Nah,,,di sebelah selatan Dompu terdapat pantai dengan keunikan tersendiri yang jarang diketahui. Pantai ini dipenuhi bebatuan yang berwarna hijau dengan pasir kekuningan menambah kecantikan pantai ini. 

Pantai ini terletak desa Jambu Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu. Dan berjarak sekitar 15 km arah selatan kota Dompu, meski jalanya masih rusak, tetapi cukup lumayan untuk dilalui kendaraan baik oleh roda dua dan roda empat.

Disebut pantai Wadu jao karena dipantai itu ada hamparan batu berwarna Jao (Hijau), pantainya indah dengan dukungan hamparan pasir yang berwarna kekuningan ditambah lagi dengan warna langit yang biru dan bersih. Pantai ini memang masih luput dari perhatian pemerintah daerah, tetapi bagi pemancing pantai ini sangat akrab dengan mereka.

Keunikan pantai ini selain batu hijaunya, terdapat pula batu raja yang menyerupai kepala menghadap ke laut, yang lebih indah lagi di tebingnya ada ukiran batu yang khas dengan guratan-guratan indah. Diperkirakan ukiran batu yang muncul itu adalah hasil proses alam jutaan tahun yang lalu, sehingga terlihat  sangat indah dan menawan. Sehingga pengunjung akan dimanjakan dengan keunikan tersendiri, diantaranya hamparan batu tersusun rapi dengan ukiran-ukiran cantik, tebing-tebing menjulang tinggi disepanjang pantai. Ke arah laut terdapat pulau kecil berbentuk bulat dipenuhi pohon rindang menyelimuti seluruh permukaan pulau.

Keindahan bahari dengan berbagai jenis ikan pantai ini, menjadi tempat favorit bagi pemancing. Sehingga sampai malam hari tidak pernah sepi dari para pemancing. 

Setelah pantai ini dikenal oleh Masyarakat Dompu, jumlah pengunjung semaki ramai. mereka lebih memilih mengunjungi tempat ini untuk menikmati keindahan dan keunikan pantai batu hijau ini. *** []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru