Waterfall Menawan Dari Desa Kembang Kuning

Air terjun memberi kesejukan alami pada manusia dan juga mampu merubah suasana hati, perasaan, dan alam pikiran dengan cara yang menakjubkan.Para ahli menyimpulkan bahwa dampak setelah hujan badai yang deras, udara di sekitar air terjun menghasilkan ion negatif. Ion negatif berdampak positif pada kesehatan, mood, dan energy, yang mempengaruhi kadar serotonim pada otak.

Ion negatif juga terikat dengan kotoran di udara, mengikat partikel dan akan tersuspensi dan membersihakan kotoran tersebut. Artinya juga bahwa dengan ion negatif yang mampu terikat dengan kotoran udara, akan menghasilkan udara bersih seperti di kawasan hutan dan pegunungan yang jauh dari polusi.

Orang-orang yang menghabiskan waktu libur di kawasan lingkungan yang terkonsentrasi dengan ion negatif, cenderung jauh dari depresi, tidak rentan dengan migran, memiliki energi yang kuat, dan memiliki kenyamanan dalam pikiran, suasana hati yang tenang, serta perasaan yang selalu stabil sepanjang hari.

Di Pulau Lombok, terdapat kaskade air terjun yang menabjukkan, yang bisa menjadi pilihan untuk menenangkan pikiran, perasaan, mood, dan suasana hati. Salah satunya adalah air terjun yang terletak di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Lombok Timur, yaitu Air Terjun Jeruk Manis.


Bergerser sekitar 60 km dari Kota Mataram dengan waktu tempuh berkendara sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi, kita pun dapat bertemu dengan Air Terjun Jeruk Manis. Namun bila bertolak dari pusat perkampungan Tete Batu, kita pun harus menempuh perjalanan sekitar 6 km. Rute untuk berkunjung ke wisata waterfall ini adalah dengan melewati jalur Mataram - Cakranegara - Narmada - Sedau - Mantang - Kopang - Terara - Sikur - Masbagik - Desa Tete Batu- Desa Kembang Kuning.

Tentu tidak semua pengunjung atau wisatawan memiliki kendaran pribadi. Alternatif lain adalah dengan menggunakan kendaraan angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan berupa angkutan umum, pengunjung atau wisatawan dapat menempuh jalur khusus, yakni  dari Kota Mataram atau Terminal Mandalika, pilih engkel (mobil) jurusan Bertais - Masbagik. Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan menggunkan ojek menuju Desa Kembang Kuining.


Sepanjang jalan menuju lokasi Waterfal atau Air Terjun Jeruk Manis banyak terdapat sarana akomodasi, seperti Home Stay , Cottages, Restoran dan lain lain. Bagi pengunjung yang ingin beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke wisata air terjun dapat memilih tempat istirahat atau sekaligus menginap, di ataranya Wisma Soedjono yang terletak di Desa Tete Batu dan tidak jauh dari Desa Kembang Kuning. Demikian juga dengan  Pondok Bulan Tete Batu, dan berbagai tempat penginapan lainnya yang dapat dijangkau oleh kondisi keuangan.

Pintu Gerbang Posko Taman Nasional Gunung Rinjani akan ditemui ketika turun dari ojek. Namun bagi yang memiliki kendaraan pribadi dapat diparkir di halaman pintu gerbang itu dengan harga standar.

Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang membentang di tengah hutan lindung. Jarak tempuh perjalanan ke arah Waterfall Jeruk Manis yaitu sekitar 1,5 km. Kondisi fisik jalan menuju lokasi waterfall yang indah ini cukup baik. Tumpukan batu pipih yang tersusun rapi membentang di tengah hutan rimbun. Sekitar 180 anak tangga menjadi bagian dari perjalanan ini ke arah lokasi waterfall tersebut, sehingga butuh stamina yang cukup kuat. Bagi pengunjung yang ingin mengambil kekuatan di tengan perjalanan, dapat beristirahat di sebuah gazebo (berugak). Sepanjang jalan setapak menuju air terjun ini ada tiga buah gazebo (berugak) yang disiapkan oleh pihak pengelola wisata dengan masing-masing berjarak cukup jauh.

Cukup Lelah setelah berhasil menembus hutan lindung nasional dan mencapai lokasi Waterfall Jeruk Manis. Tapi kelelahan itu akan terbayar oleh pemamndangan indah yang menawan. Semburan air dari ketinggian sekitar 40 meter terurai layaknya salju yang bergerak lamban. Menyentuh airnya, terasa air es dari kulkas. Menurut warga sekitar, air terjun ini berkhasiat untuk  menyembuhkan berbagai jenis penyakit, seperti gatal-gatal, reumatik, bahkan dapat menyuburkan rambut. Untuk keperluan penyakit, biasanya dilakukakan dengan ritual dan dipimpin oleh seorang pemangku dari desa ini.Terlepas dari itu, setidaknya air terjun yang tampak indah nan menawan ini dapat memberikan kenyamanan dalam pikiran, suasana hati yang tenang, serta perasaan yang selalu stabil sepanjang hari.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru