Wisata Kebun Kopi Sajang Sembalun

KM. Sajang Bawak Nao _ Wisata alam kini semakin ngehits, dikarnakan di anggap alam berhasil memberikan ketenangan bagi para pengunjungnya, hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang lebih domonan memilih wisata alam dibandingkan dengan Mall dan tempat belanja lainnya.


Ok sobat trif, kini Kami di Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kmi membuka Wisata Agro, dimana Wisata Agro ini kami menggunakan lahan pertanian yang dimiliki oleh kelompok tani Bumi Lestari yang ada di desa sajang kecamatan sembalun yang memiliki Luas Lahan 27,46 Ha dengan jumlah anggota petani 23 orang.

Agro wisata yang kami tawarkan memiliki beragam variasi, seperti mengelilingi kebun kopi yang luas, petik kopi, wisata pengolahan kopi dari memetik sampai jadi bubuk, mengopi di bawah pohon kopi langsung,

Di wilayah indonesia dan wilayah Lombok pada khususnya daya tarik wisata sebagian besar masih bayak berupa wisata pendakian dan masi jarang sekali orang yang menggunakan dan mengadakan wisata agro.

Berdasarkan hasil surpe kepada tamu yang datang mendaki, banyak wisatawan yang kebingungan hendak kemana setelah melakukan pendakian, mereka maubertanya pada siapa dan bagaimana sistim paketnya pada wisata yang lain selain wisata pendakian.

Nah untuk menjawab semua pertanyaan para wisatawan tersebut, kini kami membuka wisata agro untuk para pencinta wisata yang mengunjungi pulau Lombok, dalam wisata agro ini kami menawarkan beberapa hal diantaranya adalah :

  1. Wisata Agro Pertanian :

Wisata agro pertanian adalah wisata kunjungan kepada petani-petani yang menanam varitas sayur bawang putih dan bawang merah yang ada di wilayah sembalun dan sekitarnya.

Dalam pertanian ini wisatawan bisa melakukan atau mengikuti segala kegiatan yang berlangsung di pertanian mulai dari cara penanaman, perawatan dan panen hasil pertanian


Wisata Agro Perkebunan:

Perkebunan yang ada di wilayah Desa Sajang Kecamatan Sembalun adalah merupakan Objek pilihan untuk wisata perkebunan karena wilayah tersebut merupakan tempat ato Desa Organik yang sudah di sepakati.

Desa Sajang kecamatan Sembalun memiliki lahan perkebunan yang cukup luas, tanaman yang ada di perkebunannyapun cukup banyak dan untuk saat ini petani masi menggunakan sistim tanaman Tumpang Sari.

Di sebut dengan tanaman tumpang sari di karenakan dalam satu kebun terdapat berbagai varitas atau jenis tanaman yang diantaranya adalah Kopi, Cengkeh, Panili, Manggis, Durian, Kakao dan banyak lagi yang lainnya.

Dalam wisata agro ini kami juga menawarkan untuk anda sebagai prioritas utama adalah mengelilingi kebun kopi dan belajar langsung bagaimana cara penanaman, panen kopi dan pengolahan mulai dari pemetikan sampai jadi bubuknya.


Adapun kopi yang di buat bubuk adalah kopi yang sudah di beri nama yaitu “Kopi Tijak” Sajang Sembalun Kabupaten Lombok Timur NTB. Kapi Tujak ini sudah merambah ke nusantara diantaranya Depok, Tanggerang, Bali Dan Jakrta Selatan.

Sistim pengolahan Kopi pun masih mengguanakan alat tradisional meski mesin dan alat sudah maju. Mengguanakan alat tradisional merupakan ciri khas yang di tawarkan oleh pengelola kopi karena selain cara yang masi alami dan dapat menghasilkan rasa yang Asri mampu menciptakan sensasi yang berbeda.

Kopi Tujak ini kami produksi dalam sebuah naungan Klompok Tani yang kami namakan dengan kelompok tani Bumi Lestari yang berjumlahkan anggota 23 orang dan memiliki lahan seluas 27, 54 hektar.

Nah supaya para Wisatawan yang masi penasaran datang aja langsung ke lokasinya di Desa Sajang Kecamatan Sembalun, disini kami melayani anda dengan suguhan-suguahn yang cukup memuaskan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Mengajak anda keliling kebun kopi dan mengikuti proses pengolahan kopi secara tradisional dan msi menggunakan mesin manual yang masi mempertahan kan budaya dan tradisi nenek moyang.


Anda juga bisa menikmati kopi yang anda olah sendiri, yang dimana nantinya akandisajikan oleh anggota kami yang dalam hal ini di ambil alih oleh para ibu rumah tangga di lokasi tersebut.

Bukan hanya itu kami juga menyediakan paket wisata menginap di kebun kopi menggunakan tenda dan anda bisa mengikuti kegiatan para pekebun kopi.

Untuk menikmati hal tersebut anda cukup merogoh kocek anda sedikit saja untuk menikmati banyak hal tersebut. Info lebih lanjut silahkan anda hubungi kami WA. 083128302602 Cll 087763392798

 

#Hajrul_Azmi #Sajang #Kopi_Tujak #Sajang_Sembalun n#Lombok #Rinjani #Rinjani3726MDPL #Cinat_Kopi  

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru