Menanti Festival Pesona Tambora

Berbagai macam kegiatan pendukung akan digelar untuk menyambut Pesona Tambora 2018 yang akan digelar pada 11 April mendatang. Persiapan tengah dilakukan oleh Dinas Pariwisata NTB dengan mengadakan rapat koordinasi bersama Pemerintah Kabupaten/Kota di Pulau Sumbawa untuk menyambut event nasional ini.

“Karena pesona tambora ini masuk dalam 100 Wonderful Event Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI maka kegiatan ini harus ditata dari segi manajemen, dikuatkan dari sisi produksi, kualitas konten dan pelibatan masyarakat,” kata Lalu Muh Faozal, Kepala Dinas Pariwisata NTB.

Faozal mengaku, ada hampir 18 Event pendukung Festival Pesona Tambora 2018 yang tersebar di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Sumbawa, Dompu, Bima dan Kota Bima, yang akan digelar dari tanggal 1 – 11 April mendatang seperti Festival Mantar di KSB, Semalam Dalam Loka di Sumbawa, Fest in Fest Tambora di Dompu, Teka Tambora di Kabupaten Bima dan Festival Lawata di Kota Bima. “Event yang perlu dinanti oleh Wisatawan adalah Tambora Challenge sepanjang 320 Km yang merupakan lari Ultra terberat di Asia,” ujarnya.

Dispar NTB sudah melakukan persiapan sekitar 75%, pihaknya juga tengah memilih konten pertunjukkan yang akan ditampilkan agar ada perbedaan dari event-event sebelumnya dimana kemasan dan tampilan kegiatan harus disempurnakan lagi agar bisa menjadi sebuah event pariwisata yang layak dinanti-nantikan oleh para wisatawan setiap tahun.

“Dengan banyaknya event yang ada, kami targetkan Festival Pesona Tambora bisa mendatangkan turis mancanegara sekitar 1000 orang dan wisatawan dalam negeri sekitar 10.000 orang,” tutup Faozal.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru