Pemandian Air Dingin "Mayung Polak"

Rinjani adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Dengan keindahan alamnya, Rinjani menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke pulau Lombok. Sebagai warga yang desanya dekat dengan Rinjani, kami anak-anak Aikperapa sering berjelajah menyusuri hutan dan bebukitan yang sarat dengan pemandangan yang mengesankan.

Salah satu yang menarik dari perjalanan jalur Aikperapa adalah pemandian air dingin yang biasa disebut  pemandian “mayung polak” oleh para orang tua atau sesepuh desa Aikperapa. Konon, pemandian ini dijaga oleh “jin” penunggu sehingga siapapun yang ingin mandi atau berobat di pemandian air dingin ini harus meminta izin terlebih dahulu kepada penunggu (jin) kolam pemandian tersebut. Dengan menyalakan menyan sebagai tanda kita meminta izin untuk mandi atau berobat.

Uniknya lagi, menurut penuturan sesepuh atau pemangku desa Aikperapa, pemandian air dingin “mayung polak” dapat diatur suhunya sesuai dengan kebutuhan orang yang akan berobat atau sekedar mandi dengan suhu dingin yang berbeda-beda.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru