Air Terjun Sigar Penjalin


KM. Sukamulia - Air Terjun Sigar Penjalin, demikianlah masyarakat Desa Madayin menyebut salah satu air terjun yang berada di tengah Hutan Ketapang Desa Madayin Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur. Air terjun yang satu ini berada sekitar 500 meter di bawah Air Terjun Kampung Media. Destinasinya juga tidak kalah mempesonanya dari Air Terjun Kampung Media. Kiranya sangat disayangkan jika public tidak mengetahui keberadaan objek wisata alam yang satu ini dan jika anda ingi tahu destinasi yang ditawarkannya maka baca artikel ini dengan seksama.

Air Terjun Sigar Penjalin merupakan air terjun kembar yang tercurah dari tebing bebatuan dengan bentuk agak melebar dan tumpahannya halus sehingga air yang tercurah terlihat seperti untaian benang. Air terjun ini belum diketahui keberadaanya oleh public sebab kami menemukannya pada saat melakukan survey pemetaan Objek Wisata Desa Madayin pada sekitaran awal Oktober 2017. Air terjun kembar ini berketinggian 8 meter. Karena tumpahannya halus maka air terjun ini tidak memiliki telaga (genangan air) melainkan airnya langsung jatuh ke sungai.


Tumpahan air terjun yang halus membentuk pelangi pada saat disapu oleh sinar matahari. Suasana di sekitar objek wisata ini sangat nyaman dan udaranya sangat segar. Potensi wisata yang indah ini kiranya sangat disayangkan jika tidak dikelola dan diperomosikan, oleh sebab itulah kami mempublikasikannya dan Kelopok Pemuda Peduli Wisata Desa Madayin kini mulai mengelola dan membukanya sebagai bagian dari destinasi Desa Wisata Madayin. Kami yakin bahwa jika jalur menuju air terjun ini ditata rapi maka wisatawan domestic ataupun wisatwan mancanegara akan tertarik untuk mengunjunginya.


Air terjun ini disebut dengan nama Air Terjun Sigar Penjalin sebab air terjun ini berada di sekitaran Hutan Penjalin (Rotan) yang konon pada masa lampai di hutan inilah Sigar Penjalin (nama tokoh dongeng) melakukan tapa baratha sampai-sampai seluruh badannya di lilit oleh batang rotan (Penjali dalam bahasa Sasak). Saat ditemukan oleh Doyan Neda (tokoh yang diceritakan sebagai penguasa di wilayah Selaparang), seluruh tubuh Sigar Penjalin dililit oleh batang rotan dan Doyan Neda pun membebaskannya dari lilitan rotan itu. Setelah ia terbebas dari lilitan rotan, Doyan Neda mengajak Sigar Penjalin berjalan menelusuri hutan dan merekapun menemukan air terjun ini sehingga Doyan Neda menyusuruh Sigar Penjalin membersihkan badannya di air terjun tersebut. Cerita itulah yang mendasari kami kemudian menyebut Air Terjun ini dengan nama Air Terjun Sigar penjalin.

Untuk menuju air terjun ini, pengunjung memulai perjalanan melalui jalan Dusun Ketapang yang dimana jalan tersebut merupakan jalan rabat aspal dan sebagiannya adalah jalan rabat beton. Jalan rabat yang dilalui untuk menuju lokasi Air Terjun Sigar penjalin berukuran 2,5 km dari badan jalan raya (jalan utama) Madayin – Sembalun. Pengunjung hanya bisa membawa kendaraan bermotor hingga ujung jalan rabat dan di ujung jalan rabat itu pengunjung bisa memarkir kendaraannya, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sepanjang 2,5 km yang membelah Hutan Ketapang. Jalur menuju air terjun ini tidak jauh beda dengan jalur menuju Air Terjun Jeruk Manis yang ada di sekitaran Wisata Tete Batu.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru