Mitos Kokoh Gerung yang Membawa Kegembiraan

KM-RENSING BAT_Kolam Sungai Gerung (Kolam kokoh gerung) yang letaknya di antara dua Desa yaitu Desa Rensing Bat dan Desa Rensing Raya Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur. Sekitar tahun 1985an kokoh Gerung ini menjadi tempat kami bermain sepulang sekolah bahkan sempat juga di waktu istirahat belajar tiba kami akan menyempatkan diri untuk pergi bermain walau hanya 10 menit.

Kegirangan kami terjun bebas dari ketinggian bongkahan batu besar yang menjadi pijakan untuk melakukan lompatan tak terbayang gembiranya. Sungai yang memiliki kolam berukuran kurang lebih 20 M. X 15 M. Ini adalah merupakan kolam semula jadi tanpa buatan tangan manusia yang kanan kirinya penuh bebatuan keras nan terjal. Sebelum kami lahir, kolam ini sudahpun ada, mereka orang-orang sebelum kami merupakan tempat bermain yang kononnya apabila sudah sempat mandi di kolam tersebut akan menjadi betah dan ingin tinggal di Desa tersebut. Mitos yang berkembang juga, konon apabila sudah sempat mandi, rasanya ingin datang kembali ke tempat tersebut karena kegembiraan yang di dapatkan bahkan bukan kami yang berada di dua desa ini saja yang sering bermain kesitu, akan tetapi banyak dari Desa lain seperti Desa Rensing, desa montong Beter, desa Gunung Rajak, Desa Sukarara, Desa Suangi kecamatan Sakra bahkan Pepao Desa Lekor Kabupaten Lombok Tengah.

Menurut penulis, Kolam kokoh Gerung yang terletak di perbatasan Dua Desa tersebut berpotensi menjadi tempat wisata jika di kelola dengan baik, tinggal bagaimana menyulapnya menjadi tempat yang bisa menarik wisata untuk mengunjunginya sekarang akses jalan menuju ke tempat tersebut sudahpun baik, Pemerintah Desa setempat sudah melakukan perbaikan dengan melakukan rabat beton setahun yang lalu. A_m

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru