Columnar joint ala Pantai Tanjung Mariam


Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat setidaknya memiliki dua wajah yang sangat kontas. Di satu sisi, menampilkan wajah iklimnya yang gersang dengan lahan kering yang luas terbentang. Ancaman gagal panen hampir setiap tahun menghantui warganya. Di sisi yang lainnya, Kabupaten Bima tampil dengan wajah natural advantages.

Kondisi alam yang indah nan mempesona, pantai dengan hamparan pasir putih dan laut kebiruan adalah bukti nyata Kabupaten Bima yang natural advantages itu. Pantai Tanjung Mariam adalah salah satunya.


Pantai yang berlokasi di kecamatan Sape kabupaten Bima ini memiliki keunikan. Selain hamparan pasir putih yang membentang luas serta laut kebiruan memanjang indah, terdapat pula tumpuan bebatuan hexagonal yang tersusun rapi secara alami layaknya columnar joint. Columnar joint merupakan bebatuan yang berupa pilar-pilar/kolom-kolom yang tersusun rapi.

Pantai yang masih perawan (belum banyak orang yang mengunjunginya) itu, memiliki air laut yang jernih serta terumbu karang yang indah tumbuh subur di pantai tersebut. Pantai Tanjung Mariam merupakan salah satu wujud nyata nikmat Tuhan yang ditampakkan kepada manusia. Sehingga Tuhanpun berfirman dalam surah ar-Rahman “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan?.”


Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru