Lombok NTB Punya Cerita Untuk Indonesia

Mendengar nama Lombok, pasti kita akan membayangkan wisata Alamnya, pariwisatanya, aneka budayanya dan kulinernya. Pulau lombok yang terkenal dengan pulau seribu masjid ini merupakan tempat surganya alam sebelum surga sebenarnya.

Lombok selalu berhasil memikat hati banyak orang. Pesona alam yang memukau ditambah kearifan lokal warga setempat menjadikannya destinasi wisata yang tak pernah menjemukan. Selain itu, Lombok juga relatif lebih tak seramai pulau tetangganya, Bali.Menjelajah alam dan mengenal budaya Lombok, kamu bisa melakukannya kapan saja sepanjang tahun.

Jika ingin lebih mengenal budaya asli Lombok, berkunjung ke Desa Budaya Sade alias desanya Suku Sasak wajib hukumnya. Kawasan seluas 5,5 hektar ini memiliki sekitar 150 rumah adat yang masing-masing dihuni satu keluarga. Uniknya, hampir seluruh penduduk kampung ini masih memiliki hubungan darah karena mereka melakukan pernikahan antar saudara. Pernikahan semacam ini dianggap lebih mudah dan tak butuh banyak biaya dalam perayaannya.

Bangunan rumah Suku Sasak memiliki arsitektur yang unik. Hampir seluruh material bangunan adalah kayu, sedangkan atapnya terbuat dari daun ilalang. Selain itu, Suku Sasak memiliki proses pembersihan lantai kayu rumah tersendiri. Penduduk setempat menggunakan kotoran sapi atau kerbau untuk mengepel lantai.


 

Bukan Desa sade saja yang menjadi keaneka budayanya tapi kulinernyapun sangat memukau untuk dirasakan Lombok punya kuliner yang kaya akan cita rasa. Jika kamu pecinta kuliner khas Lombok, maka kamu wajib mencicipi makanan khas Lombok! Salah satunya adalah Pelecing Kangkung. Cita rasanya yang pedas, unik, dan bumbunya yang kaya, menjadi daya tarik pelancong yang menginjakkan kaki di Lombok.

Bumbu pedas yang meresap, siap menggoyang lidah dan bikin kamu mandi keringat. Satu porsi plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus plus sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi dan tomat. Siapa pun akan ketagihan dengan perpaduan ini.


 

Masih banyak kuliner khas Lombok yang unik dan lezat, seperti sate bulayak, sate daging sapi dengan bumbu khas suku Sasak, atau nasi balap puyung, nasi dengan lauk berupa suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng, yang bisa kamu temukan di Desa Puyung, Lombok Tengah.

Jadi rugi deh kalau berkunjung ke Lombok namun tidak merasakan kuliner super enaknya. Apalagi ketika lagi pergi liburan dan makanannya Pelecing Kangkung, waduuhh lengkap sudah hidup ini.

Kalau sudah merasakan kulinernya, kemudian mari lihat keindahan pantainya. Salah satu pantai yang pasirya berwarna pink. Pasti kalian penasaran tentang pantai ini bukan. Hee mari lihat lanjutannya.

Pantai berpasir cokelat atau putih bisa kamu temukan di mana saja. Bagaimana dengan pantai berpasir Pink? Pantai ini bisa kamu temukan di Lombok dengan nama Pink Beach.

Pink Beach menjadi salah satu dari sedikit pantai di dunia yang pasirnya memiliki warna kemerahan. Beberapa pantai lainnya berada di Kepulauan Karibia, Yunani, Bahama, dan Italia. Kamu tentunya bisa berbangga diri, karena tak perlu ke luar negeri untuk menyaksikan fenomena unik ini.

Jika ingin menyewa mobil untuk ke pantai ini, alih-alih menyebut nama ‘Pink Beach’, sebaiknya kamu menyebut ‘Pantai Tangsi’ ke sopir. Ini karena penduduk setempat mengenal pantai yang terletak di Desa Sekaroh ini dengan nama tersebut. Dari pusat kota Mataram, butuh waktu sekitar 2 – 3 jam berkendara untuk sampai ke Pink Beach atau Pantai Tangsi ini.


Kemudian beralih ke keindahan alam di Desa Sembalun. Nah kalau berbicara sembalun pasti kita akan berpikir ke keindahan alamnya. Menikmati pemandangan Sembalun Lombok dengan berbagai objek wisatanya memang merupakan salah satu idaman dari para wisatawan asing maupun lokal yang sumpek dengan kehidupan perkotaan.

Selain bisa menikmati rileksasi dengan panorama alam dan udara pegunungan yang segar, tujuan lain dari wisatawan biasanya adalah ingin mendaki gunung tertinggi kedua di Indonesia, yakni Gunung Rinjani. Spot ini yang menduduki peringkat teratas di objek wisata Sembalun Lombok. Mungkin setelah menaklukkan gunung tertinggi ke-2 di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl ini, para wisatawan akan memiliki kebanggaan tersendiri ketika berada di atasnya.


 

Tapi ada yang baru nih di Desa Semablun, namanya Bukit Cint. Bukit Cinta adalah sebuah perbukitan yang di penuhi oleh ilalang dandari tidak begitu tinggi namun dari atas bukit menyuguhkan pemandangan desa Buwun Sejati yang tampak alami penuh dengan hijaunya persawahan dan lebatnya hutan kaki gunung Rinjani. Siapa yang tidak mau berada diatasnya cobak kalau begini.  Jikalau kalian mengunjungi desa sembalun maka sangat rugi tidak berkunjung ke Bukit Cinta ini. Pemandangn yang Nampak terlihat indah apalagi melihatnya bersama pacar. Hee sangat enaak memang.  


 

Bagaima? Sangat indah bukan pulau Lombok ini. Sangat pantas kalu pulau Lombok ini sebagai surga kecil di dunia, terutama di Indonesia. Keindahan alamnya yang tiada tara yang seharusnya menjadi potensi untuk dikembanangkan. Mengingat banyak wisatawan asing yang berlibur ke Lombok.

Ini baru sebagian saja saya sebutkan keindahnnya, seperempat aja belum ini, masih banyak lagi keindahan yang ada, namun tidak bisa saya cantumkan satu satu disini. Karena yang kita tahu  sangat begitu pulau Lombok ini menyimpan beribu tempat wisata yang indah yang belum kita datangkan.

Dan inilah kebangganku ke pulau Lombok. Bahwa aku dilahirkan ditanahmu akupun akan kemblali ketanahmu. Inilah juga surat untuk Indonesia, bukan hanya di luar daerah dan luar negeri saja yang ,memilki keindahan, namun Lombok alamku pun dengan wisatawan indahpun beum aku datangkan satu persatu.

Indahnya pulau lombokku, surge sebelum surge sebenarnya. Dendek juk Lombok, laun ndkm mele olek.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru