Lombok Alamku Adalah Pulau Surgaku

Bertahun tahun lamanya aku tinggal dipulau seribu masjid ini

Aku berjalan ditengah keindahanmu

Alammu yang membuatku tidak ingin pergi darimu

Pasir putihmu membuat kenyamananku

Gunungmu yang menjadi janjiku

Air mu yang menjadi kehidupanmu

Lombokku adalah Pulau Surgaku

Siapa yang tidak kenal dengan pulau seribu masjid ini. Dengan ikon Gunung rinjani yang sebagai Geopark dunia. Pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Ada banyak sekali tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi. Wisatawan datang dari berbagai macam daerah di Indonesia untuk menikmati objek wisata di Lombok.

Tidak heran kalu pulau Lombok menjadi objek wisat terpavorit. Tidak hanya wisatawan local saja akan tetapi wisatawan asingpun sering berkunjung ke pulau Lombok ini. Ada banyak sekali wisatawan asing yang dating ke pulau Lombok , Singapura Australia Jerman Amerika dan lainnya.

Sangat rugi sekali jika wisatawan asing  yang berkunjung ke Lombok, namun  tidak pernah pergi melihat lihat keindahan luar biasa yang disajikan oleh pulau Lombok ini. Namun yang sangat ruginya adalah orang Lombok yang tidak pernah merasakan surga pulau Lombok. Tapi malah sebaliknya, wisatawan asing berkunjung ke Lombok dan orng Lombok berkunjung ke luar daerah atau eropa.

Sekarang yang sering di bumingkan yaitu mendaki gunung. Kalau berbicara tentang mendaki pasti kita tidak asing lagi untuk mendengarnya. Apalagi  di berbagai macam social media. Sering kita melihat orang yang share di sosmed sepertyti Twitter facebook Instagram dan social media lainnya.

Nah sebelum kita melanjutkannya, Saya akan menceritakan sedikit pengalaman tentang mendaki ke Bukit Nanggi. Waktu itu saya sedang libur panjang kuliah. Saya berencana untuk mendaki karena saya iri kepada teman teman yang selalu bercerita tentang indahnya dipuncak gunung itu. Dan akhirnya keinginan untuk pergi mendaki pun terwujud juga.

Hari itu adalah hari sabtu, dan saya bersama teman teman memulai perjanan dari rumah menuju desa sembalun. Bayangkan saja jauhnya Praya Lombok tengah Ke Sembalun Lombok Timur. Namun tekad kami untuk mendaki tetap saja kuat. Sekitar 4 jam di perjalan  akhirnya sampai juga didesa sembalun.

Setibanya di Desa Sembalun, pemandangan alam yang lain sudah menunggu untuk dikagumi. Selain hijau oleh pepohonan dan vegetasi pegunungan, desa ini nyaris dikelilingi oleh megahnya tebing-tebing batu yang kemiringannya nyaris mencapai 90 derajat. Dinding batu ini adalah hasil pembekuan materi letusan atau lava yang dimuntahkan Gunung Rinjani ratusan tahun lalu. Di beberapa bagian, tampak lumut dan rerumputan melapisi batuan tersebut menambah pesona kecantikannya. Udara segar pegunungan akan memenuhi paru-paru Anda. Sungguh nuansa dan pemandangan alam tropis yang eksotis dan berkesan.

Lanjut cerita, setelah menikmati keindahan Desa Sembalun kami istirahat sejenak sebelum menaklukan Bukit Nanggi, dan saat itu baru pukul 4 sore. Istirahat untuk memulihkan tenaga dari pukul 4 sore sampai pukul 6. Cukup tidak cukup kita harus bergegas untuk mempersiapkan diri untuk memulai pendakian.

Waktu itu saya dan teman-teman berangkat dari mendaki jam setengah 7 malam, Hawa yang dingin menusuk tulang bikin kami tambah bersemangat. Perjalanan yang harusnya tiba jam setemgah 11. Alasannya, sayang gak motret2 selama perjalanan, viewnya keren, apalagi menjelang bulan yang terlihat dekat. Alasan lainnya molor, karena kita bawa parasut. Dan beratnya itu, beeeuuhh...

Sudah kuang lebih perjalan dan akhirnya sampai, kami melepas lelah dengan istirahat sejenak sambil melihat keindahan sekitar. Bo;a lampu desa sembalun yang begitu indah, layaknya berada di dalam mimpi. Kemudian kami mulai memasang tenda untuk tempat istirahat sebelum tibanya tujuan kami yang sebenarnya.

Sekitar pukul 12 kami memulai untuk istirahat sejenak sebelum pagi pahi buta muncul. Tapi percuma kami memasang tenda, toh juga kami gak bias tidur karena dinginnya angin malam yang menusuk kedalam kulit. Beberapa jam kami menunggu akhirnya mulai sudah cahaya dari sebelah timur.

Semua penderitaan malam itu terbayar lunas. View pagi di atas Bukit Nanggi keren! Dari puncak Bukit Nanggi jika kamu menghadap ke Selatan maka Rinjani yang akan kamu lihat dan jika kamu menghadap utara, Desa Sambelia, Gili-Gili di sekitarnya, dan lautan yang luas menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Ditambah lagi, kamu bisa melihat sunrise secara langsung dari puncak Bukit Nanggi ini. Bukan ikon pulau Lombok saja tapi icon pulau Sumbawa yaitu tambora pun Nampak jelas dari puncak nanggi. Inilah cerita saya ketika pergi mendaki ke puncak Bukit Nanggi ini.

Inilah alasan alasanku tidak mau pergi dari Lombok ini. Bahkan aku bangga dengan Pulauku seribu masjid ini. Tapi ingat bukan wisata alam pegunungan saja yang menjadikanku tetap eksis di Lombok ini akan tetapi Wisata Pantainyapun sangat menarik untuk dilihat. Ada beberapa pantai yang pernah saya kunjungi dan saya tidak pernah bosan untuk datang kembali. Salah satunya adalah pantai Kuta Lombok, yang sering kami sebut dengan pantai seumur hidup. Kenapa kami menyebutnya pantai seumur hidup karena setiap liburan pasti kami mengunjunginya.

Dan terakhir yaitu tradisi adat dan budayanya. Tapi kata ini pasti tidak asing lagi bagi kalian, pastinya. Karena setiap desa pasti memiliki tradi dan adat budaya yang berbeda beda. Terakhir saya melihat upacara tradisi yaitu trsdisi perang timbung yang dilakukan oleh Desa Tetangga yaitu Desa Pejanggik.

Nah dari semua alasan inilah kenapa saya bangga hidup di tanah air yang saya cintai ini. Keindahan yang begitu luar biasa, panoramanya yang elok, pantainya yang indah dan bahkan tradisinya yang aku kagumi. Pulau Lombok adalah rumah surgaku dan saya tidak mau pergi meninggalkannya. Aku Bangga di Lombok Bangga di NTB dan Bangga di Indonesia. I Love you Tanah Airku. Aku hidup di tanahmu dan akupun akan mati ditanahmu.