Oi Marai, Surga yang Tersembunyi di Tambora

Kalo dari kampung SP 4 menuju air terjun ini tidak terlalu sulit karena track sudah ditata dengan baik oleh pengelola. Masalahnya jarak tempuh untuk menuju ke kampung SP 4 dari Kota Bima sekitar 5 jam, jalanan yang rusak dan berpasir membuat kita harus lebih ekstra hati-hati dalam mengendarai kendaraan, tapi tenang saja guys disepanjang perjalanan kalian akan disuguhi oleh pemandangan savana yang luas, perkebunan kayu putih, dan Gunung Tambora yang indah. 

Dan air terjunnya bukan hanya 3 aja guys, keseluruhan air terjunnya ada 6 tingkatan. Inilah air terjun abadi yang tidak pernah berhenti mengalir walau musim kemarau, Keindahan rupa bumi Oi Marai, sebuah anugerah dibalik bencana, murka alam tahun 1815 yg meluluhlantahkan pulau Sumbawa dan sekitarnya.

Kematian, kelaparan dan perbudakan menjadi mimpi buruk kala itu, azab dari kedurhakaan seorang raja pada ulama. Banyak hal yang bisa dipelajari di tanah ini, selain sejarah juga memberikan kita gambaran nyata akan dahsyatnya murka sang Pencipta.

Air terjun ini terletak di Dusun Kawinda To'i, untuk anda yang ingin ke sana dari kota dompu membutuhkan waktu 3 jam dan anda tidak perlu khawatir sepanjang perjalanan anda akan menikmati pemandangan jalur lingkar utara tambora setelah anda melewati daereah Piong dan memasuki Dusun Sori Katupa anda akan melihat sungai yg mengalir jernih yang berasal dari kaki pegunungan Tambora.

Sori Katupa biasanya di jadikan tempat peristirahatan maupun tempat untuk mandi, dan setalah anda memasuki daerah Kawinda To'i untuk menuju air terjun Oi Marai, memakan waktu 10 menit. Tahukah anda mengapa air terjun ini di namakan Oi marai? Istilah bahasa bima ialah sungai yg mengalir sangat deras. []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru