Wisata Indah dan Keramahan Dou Mbojo

       Waktu berlalu begitu cepat ingin rasanya lebih lama di kabupaten Bima. Masih banyak objek wisata yang menakjubkan yang belum saya kunjungi. Saya masih ingin  menjelejahi obyek wisata menarik di Bima karena disini saya yakin masih banyak objek wisata yang menakjubkan tetapi masih tersembunyi belum diketahui banyak orang.

        Ketika saya baru sampai di kota Bima maupun di kabupaten Bima dari tempat tinggal saya di Labuapi, saya merasa terkesima melihat suasana pegunungan  Monta yang terbentang luas. Penduduk di Bima atau lebih dikenal dengan dou mbojo (orang bima) sangatlah ramah mereka selalu memberikan senyuman sebagai tanda sapa walaupun mereka tidak mengenali siapa orang ya g mereka sapa.

       Bahkan terkadang mereka mengajak saya berbicara. Mereka selalu berbagi dan saling membantu. Karna saya bukan asli dari Bima ini mereka tidak segan segannya, memperkenalkan saya tentang kebudayaan  Bima, bahkan mereka sampai mengajak berekreasi ke objek wisata yang terkenal indah.

       Mereka saling menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekelurgaan hal ini terbukti ketika setelah selesai melaksanakan ibadah di mushola ataupun masjid, mereka saling berjabat tangan layaknya sedang melaksanakan hari raya idul fitri.

       Bahkan saat hari terakhir, di kota Bima mereka memberikan setengah dari hasil panennya disawah untuk saya bawa pulang. Mereka tetap melestarikan budaya mereka walaupun mereka sibuk dengan frofesi mereka masing masing, terutama bagi para petani  yang sibuk disawah mengurusi tanamannya. (Astari) -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru