Bukit Tangkok, Spot Wisata Baru di Sembalun


KM. Sukamulia – Wisata Sembalun memang tidak ada habisnya, ditengah melejitnya nama Sembalun sebagai objek wisata Geopark Global, masyarakat Sembalun terus berinovasi dengan membuka dan membangun spot-spot wisata yang menarik perhatian khalayak ramai. Baru-baru ini, Royal dan pemuda Sembalun Lawang membuka spot wisata baru, yakni Spot Wisata Bukit Tangkok Sembalun Lawang.

Para penggiat wisata Sembalun Lawang memenuhi Wisata Bukit Tangkok dengan spot poto yang tidak kalah menariknya dengan spot-spot poto yang ada di sekitaran Pusuk Sembalun, Bukit Pujata Sembalun Bumbung, Bukit Pemedangan Sajang dan lain-nya. Jika anda penasaran dengan sensasi wisata yang disediakan di Bukit Tangkok maka bacalah artikel ini dengan seksama dan segeralah berkunjung ke obyek wisata alam yang satu ini, kami yakin anda tidak akan bosan berpose ria di sekitaran Bukit Tangkok yang baru dibuka pada tanggal 26 Juni 2017 lalu.

Mumpung liburan sekolah masih panjang, yach gunakanlah kesempatan liburan lebaran anda ini untuk berkunjung ke objek wisata yang satu ini. Oke kawan ngtryp, berikut ini saya akan menceritakan kepada kawan ngtryp sekalian mengenai sensasi wisata yang bisa anda dapatkan jika berkunjung ke Bukit Tangkok. Wisata Bukit Tangkok berada di Desa Sembalun Bumbung, lokasinya tidak jauh dari Wisata Petilasan Majapahit, Rumah Adat Sembalun Lawang dan Bukit Selong. Jalur masuknya juga sama dengan jalur masuk menuju Rumah Adat Sembalun Lawang dan Bukit Selong. Nah… jika anda ingin ke bukit Tangkok, pas sampai di ujung jembatan, anda tinggal ambil arah belok kanan dan ikutilah petunjuk arah yang telah disiapkan oleh para pengelolanya maka anda akan sampai di area Wisata Bukit Tangkok.

Sesampai di area wisata, anda tinggal menaruh kendaraan bermotor yang anda pakai di Parking Area yang telah disiapkan, setelah itu anda harus melakukan registrasi di loket yang ada di depan gerbang menuju Wisata Bukit Tangkok. Harga Tiket Masuk ke obyek wisata tersebut adalah Rp. 5.000,-/orang dan itu langsung uang parkirnya kawan. Oya, untuk anak-anak usia 10 tahun ke bawah tidak dikenai Tiket Masuk alias geratisssss. Untuk itu, bapak/ibu yang ingin berwisata bersama anak-anak-nya ga perlu khawatir bayar tiket mahal-mahal.

Setelah membayar Tiket Masuk, anda harus berjalan melalui jalur yang telah disiapkan oleh pengelola obyek wisata tersebut. Jalur-nya tidak terjal-terjal amat kok, yachhh tidak jauh beda-lah dengan tryp ke Bukit Selong. Hanya berjalan kaki dengan durasi sekitar 6 menit, anda sudah sampai di spot poto Bukit Tangkok. Perjalanannya asyk kok meskipun agak ngeluarin keringet. Namanya naik bukit ya keringetan sich, heheeee tapi itu adalah hal yang biasa bagi para tryper.

Upssss, jangan lupa hidupin camera atau camera handpone yang anda bawa sebab rugi loch kalo anda lewatkan momen keberadaan anda di obyek wisata itu tanpa harus mengabadikannya dalam bentuk document gambar ataupun video.

Sebagaimana disampaikan pada awal tulisan ini, di atas Bukit Tangkok disediakan beberapa spot poto yang cukup menarik, itulah sensasi wisata yang membedakan obyek wisata Bukit Tangkok dengan obyek-obyek wisata Sembalun lainnya. Heheheeeee, sepertinya kawan ngtryp sekalian udah ga sabaran nich untuk mengetahui spot poto bentuk apa saja yang ada di obyek wisata tersebut. Sabarrr, katanya orang sabar disayang pacar loch.


Oke… okey… spot poto pertama yang disediakan di Bukit Tangkok adalah spot poto berbentuk jantung. Spot poto berbentuk jantung ini cukup besar, yach paling tidak bisa menampung 5 hingga 6 orang, tapi kayaknya di spot poto berbentuk jantung ini paling asyk berpoto dua-dua-an ma si doi, aislah… so sweet. Spot poto yang satu ini dibuat dari bahan pecahan bambu yang diatur sedemikian rupa dan diwarnai menggunakan politur (cat kayu).

Dari atas spot poto berbentuk jantung itu, para pengunjung dapat melihat view yang begitu indah. Dari sana, anda dapat melihat hamparan petakan sawah masyarakat Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung yang berbaris rapi di sebelah barat bukit. Petakan sawah itu terlihat seperti hamparan permadani dengan corak warna hijau dan kuning. Hemmm… kami rasa, kekasih anda akan sangat bahagia jika anda ajak berpoto di sana.

Di sebelah spot poto berbentuk jantung terdapat ayunan yang tergantung pada sebuah pohon yang cukup tinggi. Tempat duduk ayunan itu dibuat dari bambu dan tali penggantungnya dibuat dari bahan nilon yang cukup besar dan kuat. Jadi, anda tidak perlu khawatir sebab ayunan itu memang disediakan untuk dua orang. Yachhh, di sana anda bisa saling ayun bersama teman istimewa anda dana tau bisa juga saling poto. Pokoknya mana sayknya dah kawan ngtryp.

Nahhhh, bosan berpoto di spot jantung dan ayunan, anda tinggal beranjak sedikit saja ke tempat yang lebih tinggi. Di sana di sediakan spot poto Rumah Pohon. Rumah Pohon ini cukup besar dan jembatannya cukup panjang. Rumah pohon ini dibuat dari bahan bambu dan papan (kayu). Untuk keselamatan, pengelola sudah memampang tulisan di pinggir jembatan Rumah Pohon, bunyi tulisannya seperti ini “Cukup Untuk 4 Orang”. Dengan demikian, jika anda datang secara berkelompok maka perhatikanlah himbauan tersebut, jangan naik di atas rumah pohon melebihi kapasitas dalam himbauan sebab itu demi keselamatan anda. Jadinya, kawan ngtryp harus antri yach.


Di rumah pohon anda bisa berpoto ria dengan mengambil view ke arah utara dan timur. Di sebelah timur anda dapat melihat hamparan taman Wisata Bambu dan perkampungan masyarakat Desa Beleq Sembalun Lawang. Sedangkan di sebelah utara anda dapat melihat hamparan perkampungan warga Desa Sembalun Lawang dan Sajang, ternyata tata ruang perkampungan itu terlihat indah jika dilihat dari sana. Di Rumah Pohon di sediakan papan milamin tanpa tulisan, dengan demikian para pengunjung yang hobi alay bisa menulis kata-kata alay di papan itu. Jika ingin menulis yach bawa alat tulis sendiri yach sebab pengelola obyek wisata ini tidak menyediakan alat tulis. Anda bisa juga berpoto dengan memegang papan kosong seperti bu ustazah yang ada pada gambar di samping, nanti-kan anda bisa edit di androit atau laptop anda dengan memeri kata-kata alay pada papan kosong tersebut. Heheeee maska sych tryper sejati kalah ma bu ustazah ?


Selain spot poto yang tadi, di sekitaran Bukit Tangkok juga disediakan spot poto berupa tempat duduk. Tempat duduknya lumayan banyak dan rata-rata berkapasitas dua orang. Di tempat duduk tersebut anda bisa berpoto bersama orang-orang yang anda sayangi atau hanya duduk-duduk beristirahat sambil menikmati spoi angina pegunungan dan indahnya pemandangan di sekitaran bukit.

Kawan ngtryp dan warga Kampung Media yang budiman, jika anda mengaku sebagai tryper sejati maka jangan lewatkan waktu liburan lebaran anda kali ini untuk berkunjung ke Bukit Tangkok Sembalun Lawang. Jika anda sudah puas berpose di obyek wisata tersebut, anda juka bisa berwisata di Taman Bambu, Rumah Adat Sembalun Lawang, Bukit Selong dan Bendungan Rantai Mas sebab lokasinya berdekatan dengan Obyek Wisata Bukit Tangkok. Jika anda butuh informasi mengenai obyek wisata Bukit Tangkok maka anda bisa mencarinya di medsos Bukit Tangkok (fb, wa ataupun Instagram).

Yach… jika saya harus menceritakan semua sensasi wisata di objek wisata baru ini maka sepertinya berpuluh-puluh halaman artikel akan habis terisi numun kiranya cukup dulu ya kawan ngtryp. Jika anda penasaran maka segeralah berkunjung sebab ini adalah obyek wisata baru dan ceritakanlah hasil kunjungan anda kepada kawan-kawan dan sahabat anda supaya mereka juga penasaran dan ahirnya berkunjung ke tempat tersebut.

Jika ada salah-salah kata yach tolong dimaafkan, maklumlah… saya juga manusia biasa yang tidak lepas dari salah. Oya… mumpung masih dalam kesempatan Idul Fitri, pada ahir tulisan ini kami mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Salam dari Kampung.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru