Air Terjun Lampas Penuh Sejarah

KM Gempar, Di Kawasan hutan Kecamatan Lantung tepatnya di Desa Padesa terdapat sebuah objek wisata Air Terjun yang sangat memukau. Selain keindahan panoramanya, air terjun lampas ini ternyata memiliki sejarah yang sampai sekarang sangat kental pada cerita Rakyat setempat.

Cerita tersebut tertuju pada Gua yang berada di tebing air terjun. Konon katanya, pada zaman dahulu Gua tersebut merupakan tempat persembunyian seoarang Puteri Kerajaan yang tidak mau di jodohkan dengan pangeran kerajaan Taliwang karena terikat tali asmara dengan seorang pangeran dari kerajaan Goa.

Air terjun Lampas ini hanya berjarak 43km dari Kota Sumbawa dengan waktu tempuh hanya 45 menit hingga satu jam perjalanan. Selain itu, tak jauh dari lokasi air terjun juga terdapat objek wisata yang namanya “Buin Racin” atau dalam bahasa Indonesia yang berarti Sumur Racun. Namanya boleh saja racun, namun Air dari sumur ini tetap bisa dikonsumsi. Sejauh ini, belum ada yang mampu mengukur kedalaman sumur tersebut yang letaknya berada diatas batu. Hal unik lainnya yaitu ketika masyarakat sekitar hendak mengambil air di Buin Racin, jika terlalu berisik maka dengan sendirinya air dari Buin Racin ini akan “ngare” atau sedikit payau.

Nah tunggu apa lagi, Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Air Terjun Lampas Lantung ini nantinya akan dipandu oleh Masyarakat setempat sembari disugukan dengan cerita cerita sejarah. Bagi anda yang ingin melepas penat, menikmati udara segar, dan menambah ilmu sejarah anda, Air terjun lampas adalah lokasi yang pas yang harus anda tuju. ***(Ryan Muammar) -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru