Dua Air Terjun Yang Eksotik

DUA WISATA BARU DI TETE BATU

KM. MASBAGIK. Desa Tete Batu sejak dahulu terkenal dengan pemandangannya yang masih sangat asri. Terlebih lagi dengan berada di daerah kaki gunung rinjani sehingga udaranya sangat sejuk. Kelebihan lain yang bisa ditemukan ditempat ini yaitu dengan banyaknya obyek wisata yang bisa dikunjungi kapan saja dengan berbagai fasilitas yang sudah memadai. Para wisatawan tidak perlu susah lagi jika ingin kesini karena hampir di setiap pinggir jalan sudah terdapat bungalows atau penginapan yang siap di sewakan.


Berbagai tempat wisata yang ada di Desa Tete Batu seperti Air Terjun Jeruk Manis, Hutan Rinjani Tete Batu, Wisma Soedjono, Air Terjun Pancor Kapang, Air Terjun X-Treem, Air Terjun Pengkelep, Tibu Topat dan pemandian Ulem-Ulem. Sekarang ini ditemukan lagi dua air terjun baru oleh warga masyarakat sekitar lokasi. Kedua air terjun ini letaknya berdekatan antara yang satu dengan yang lainnya. Namun, yang masih menjadi permasalahan yaitu sarana dan prasarana menuju lokasi yang masih belum sempurna.


Penulis berama rekan-rekan remaja ketika akan berkunjung kesana melihat potensi yang sangat besar jika tempat ini dikelola dengan baik. Namun, dengan swadaya masyarakat sudah dapat kita terjadi pembersihan di areal wisata. Jalan menuju lokasi juga telah dikerjakan dengan akses tangga yang terbuat dari empat buah bambu petung yang diikat dengan menggunakan besi kawat. Setelah sampai disana kami pun ikut membantu membersihakan areal lokasi.


Air terjun pertama dinamakan dengan nama Tiu Bara Gading yang airnya keluar dari lubang bebatuan dengan ketinggian kira-kira 15 meter. Di bagaian bawah air terjun terdapat lekukan yang berbentuk seperti gua yang bisa digunakan untuk berteduh. Pada bagian dalam gua ini terdapat sumber mata air yang airnya keluar langsung dari celah-celah bebatuan yang sangat jernih. Sedangkan air terjun kedua dinamakan dengan Tiu Ikrar dengan ketinggian 10 meter akan tetapi areal tumpasan airnya lumayan dalam hampir mencapai 5 meter ke dalam. Penulis sangat berharap dengan sudah ditemukannya tempat ini segera dilakukan perbaikan dan pembenahan baik sarana dan pra sarana karena hal ini akan sangat mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat maupun pemerintah setempat. Salam dari kampung.

By_Andre D’Jails () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru