Surga Tersembunyi di Lombok Timur

Gili Sunut merupakan surga wisata yang tersembunyi di Lombok Timur dan belum banyak diketahui oleh orang-orang. Lokasi wisata ini terletak di Dusun Temeak Desa Pemongkong Kec. Jerowaru Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Gili Sunut yang lumayan jauh dari pusat Kota Lombok Timur merupakan sebuah kawasan yang memiliki garis pantai yang sejajar dengan Kawasan Tanjung Ringgit dengan Pantai Pink. Kondisi fisik kawasan pantai ini cenderung landai, berpasir putih dengan tekstur butiran seperti merica. Sejumlah gili kecil yang berada di depannya sebagai penghalang ombak samudera Indonesia/Hindia sehingga karakter air yang terdapat di gili ini tidak berombak dan relatif tenang. Pada air surut kitapun dapat berjalan di sepanjang pasir putih hingga bertitik pada daratan pulau Lombok.Kondisi inilah yang menjadi pendukung sehingga sering ditemukan beberapa wisatawan melakukan aktifitas berupa rafting, banana split atau kegiatan wisata pantai, menyelam, maupun sekedar menikmati panorama pemandangan alam.

Gili Sunut pada saat ini tidak memiliki penduduk. Penduduk yang dulunya tinggal di sini telah dimigrasikan ke seberang laut yaitu dekat Amja-Hanja dengan jarak tempuh sekitar 15 menit di atas perahu. Kondisi umum Gili Sunut dalam mendukung kegiatan wisata cukup potensial terutama untuk pengembangan wisata dan pengembangan usaha budidaya mutiara. [] - 05

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru