Air Terjun Semporonan

SURGA TERSEMBUNYI DIBALIK INDAHNYA AIR TERJUN SEMPORONAN

KM. MASBAGIK. Pulau Lombok semakin hari semakin menjadi pembicaraan khalayak ramai. Mulai dari destinasi wisata halalnya, keramah tamahan dan budi pekertinya dan masih banyaknya lokasi-lokasi yang belum tereksplore secara luas. Peran media seperti “Kampung Media” sangatlah membantu dalam rangka menyebarkan informasi-informasi terkait kejadian atau lokasi baru yang ada disekitar kita.


Penulis mencoba melakukan penelusuran lokasi wisata di sekitar Desa Pengadangan. Setelah menyusuri jalanan sekitar 30 menit akhirnya kami menemukan gapura bertuliskan “Selamat Datang di Desa Wisata Timba Nuh”. Penulis bersama rekan yang lain semakin bersemangat untuk mencari apa saja lokasi yang ada di Desa Wisata ini. Selang beberapa lama tdidak jauh dari gapura itu, kami menemukan sebuah plang dari papan yang bertuliskan “Semporonan”. Dengan penuh penasaran dan setelah mendapat sedikit informasi dari warga sekitar kami pun segera masuk ke dalam untuk mencari surga tersembunyi itu.

Akhirnya kami pun tiba di tempat parkir dan segera membayar segala administrasi agar bisa segera masuk kedalam. Dengan modal uang Rp. 6000 (parkir dan karcis masuk) saja kita sudah bisa masuk dan menikmati sejuknya pemandangan disekitar lokasi. Dari lokasi parkir, kami harus berjalan kaki menyusuri bukit dan hutan yang sedikit curam dan menantang karena lokasi sedikit terjal dan penuh dengan bebatuan. Hingga siapa pun yang berkunjung agar tetap hati-hati ketika ingin berkunjung ke tempat ini. Sekitar 10 menit berjalan kaki, akhirnya kami mendengar desiran air yang begitu keras yang menghujam. Dan dengan perasaan takjub kami sempat berteriak sangat kencang setelah menemukan tempat ini. Dan ternyata “Semporonan” itu adalah wisata berbentuk air terjun. Dengan ketinggian mencapai 35 meter ditambah dengan suasana sekitar berbentuk hutan semakin menambah eksotisme tempat ini. Namun, karena tempat ini masih tergolong masih baru, masih terdapat berbagai kekurangan mulai dari akses jalan yang perlu pembenahan, kurangnya tempat /  berugaq tempat beristarahat para pengunjung, dan sarana-sarana penunjang lainnya. Penulis berharap kiranya warga sekitar dan pemerintah setempat segara mengelola tempat ini jangan hanya sebatas di tempat parkir dan memungut biaya untuk karcis masuk saja. Namun harus ditambah pula dengan sarana dan prasarana penunjang wisata. Inilah Wisata Air terjun Semporonan, surga tersembunyi di Desa Pengadangan. Salam dari kampung.

By_Andre D’Jails () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru