Menanti Sunrise di Bukit Nanggi

Aktivitas wisata Bukit Nanggi dibuka pada awal tahun 2015 lalu dan kini menjadi primadona di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal itu dikarenakan pamandangan yang disajikan oleh Bukit dengan cuaca sangat dingin itu terbilang sangatlah indah. Dari puncak Bukit  Nanggi, kita dapat menikmati Sunrise (matahari terbit) dan Sunset (matahari tenggelam) dengan sangat jelas. Selain itu, Bukit Nanggi juga sering disebut gunung atas awan, pasalnya, dari puncak gunung Nanggi terhampar awan putih bak salju yang dapat dinikmati pada pagi hari. Dari puncak Nanggi kita juga dapat melihat keindahan Gunung Rinjani yang dikenal mendunia tersebut.

Bukit Nanggi ini  berada di kawasan bagian timur lingkungan Geopark Nasional Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Merupakan Bukit tertinggi yang ada di Sembalun dengan ketinggian 2.300 mdpl. Mendaki bukit ini berjalan kaki dengan jarak tempuh sekitar 4 jam pendakian. Tidak Jauh berbeda dengan bukit lainnya, Nanggi menyuguhkan pemandangan yang indah. Dari punggung bukit ini dapat disaksikan indahnya Gunung Rinjani dan view Sembalun menjadi objek perhatian yang mampu menyegarkan hati dan pikiran. Bukan itu saja, bahkan dari atas bukit ini pengunjung bisa menyaksikan juga nun di kejauhan sana Gunung Tambora nampak anggun sebagai ikon pulau Sumbawa, juga terlihat desa-desa yang ada dikawasan Kecamatan Sambelia, Pringgabaya, Suela dan sekitarnya.

Dengan ketinggian 2.300 mdpl, Bukit Nanggi ini cukup menantang bagi seorang pendaki. Berjalan dari bawah hingga puncak membutuhkan waktu sekitar 4 jam jika perjalanannya mulu, kecuali tidak terlalu keseringan untuk istirahat sembari melihat keindahan yang eksotis di sekelilingnya. 4 jam pejalanan memang sangat melelahkan jika sudah dipuncak Nanggi. Yang terasa hanyalah capek, gerah, haus, lapar dan masih banyak lagi, akan tetapi itu semua akan terbayar oleh keindahan Bukit Nanggi.

Tanggal 10 september 2016 lalu, saya dengan teman-teman seperjuangan berencana menginginkan untuk kemah atau tidur satu malam di puncak Nanggi, itupun akhirnya kesampaian juga pada tanggal 16 september 2016. Waktu itu saya bertujuh termasuk penunjuk jalan yang setia menemani hingga puncak rinjani, namun waktu yang kami butuhnkan memang cukup lama karena keseringan untuk istirahat dan itupun kami mulai mendaki sekitar jam 19.00 wita. Sekitar jam 23 lebih sampai dipuncak berarti kami berjalan selama 5 jam lebih karena begitu lama kami beristirahat sembari melihat pemandangan.

Sesampai dipuncak kami pun beristirahat sejenak untuk melepas semua kelelahan. Setelah itu kamipun memulai berbagi tugas, ada yang membuat tenda dan mencari kayu bakar untuk membuat api unggun karena kedinginan yang begitu super. Setelah semua disiapkan diantara kami ada yang tidur da nada juga yang didepan api sambil menunggu terbitnya matahari.

Selama beberapa jam duduk dan istirahat dipuncak nanggi akhirnya apa yang kita inginkan tercapai juga yaitu sebuah sunrise yang luar biasa. Matahari yang akan memulai tugasnya untuk menyinari alam yang sangat indah.

Sunrise yang sangat mengagumkan membuat diri saya sendiri tidak mau balik dari puncak Nanggi ini. Keindahan yang sangat elok dipandang, panoramanya yang membuat hati dan pikiran tenang dan masih banyak lainnya.

Dari puncak Bukit Nanggi juga dapat disaksikan keindahan Gunung Rinjani yang Nampak berbeda, karena tinggi Rinjani yang Nampak berbeda yang kita lihat dari kaki bukit.

Bukan hanya itu, anda juga dapat menyaksikan hamparan desa di sekitar wilayah Sambalia, Pringgabaya, Suela dan hamparan hutan dan perkampungan di sekitar wilayah Lombok Utara. Pokoknya berwisata di atas puncak Bukit Nanggi akan memberikan anda pengalaman wisata yang begitu luar biasa dan destinasinya lebih banyak dari destinasi wisata Bukit Pergasingan. Untuk itu, berkunjunglah ke tempat wisata yang satu ini. Penulis yakin bahwa anda tidak akan menyesal jika telah menapakkan kaki di puncak bukit yang indah ini sebab Bukit Nanggi adalah tempat yang cocok sebagai tempat berlibur dan menghabiskan waktu ahir pekan anda.() -01