Menyapa Surga Bawah Laut Di Gili Kondo

Mungkin anda pernah menyelam hingga ke dasar laut? Apa yang anda lihat? Pasti anda dapat menemukan keindahan yang ada di dasar laut. Nusa Tenggara Barat adalah salah satu propensi yang ada di Indonesia di anugerahi perairan yang indah. Tentunya perairan yang ada di propensi yang terdiri dari dua pulau ini, yakni pulau Lombok dan pulau Sumbawa   juga dipenuhi dengan terumbu-terumbu karang yang indah dan jenis-jenis ikan yang cantik dan unik. Namun tidak harus dengan menyelam hingga ke dasar laut, jika perairan laut memiliki air yang jernih dan tidak terlalu dalam, anda bisa melihat pemandangan bawah laut hanya dengan cara menyelam atau melakukan snorkling. Nah, salah satu keindahan bawah laut yang sangat eksostis di perairan Propensi  ini adalah perairan yang terdapat di Gili Kondo.


Gili Kondo terletak di Desa Padak Guar, Kecamatan Semabalia, Kabupaten Lombok Timur, Propensi Nusa Tenggara Barat. Gili ini memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa indah. Tempat wisata yang berada di Pulau Lombok ini sangat indah dan memang sangat tepat sebagai tempat menyelam karena kelengkapan dan keanekaragaman flora dan fauna bawah lautnya. Berdasarkan hasil penelitian dari mahasiswa Politeknik Nusra NTB tahun 2014 bahwa Perarairan di sekitar Gili Kondo memiliki 200 spesies ikan dan berbagai jenis terumbu karang yang cantik. Banyaknya spesies ikan dan berbagai jenis terumbu karng yang indah, tentu merupakan suatu taman surga di bawah laut yang sangat indah untuk dinikmati.

Selain aneka jenis ikan dan trumbu karang yang memepesona di alam bahari Gili Kondo, berbagai biota laut lainnya juga dapat ditemukan, seperti tumbuhan laut, misalnya akar bahari, cemara laut, tumbuhan akar buaya, bahkan kuda laut, penyu, ubur-ubur dengan beraneka jenis yang terpadu dengan biasan cahaya matahari, hingga siapapun yang menyempatkan diri untuk melihat pemandangan alam laut di kawasan ini, seolah-olah lupa untuk naik ke darat.


Bagi pengunjung yang gemar menyelam di bawah laut, mereka dapat melakukan penyelaman untuk melihat kondisi dan pesona biota laut dan berbagai jenis batu karang yang ada di di bawah laut Gili Kondo. Peralatan menyelam seperti “snowkling” telah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Fasilitas untuk kegiatan “daiving” pun juga telah disediakan oleh pihak pengelola, termasuk perahu dan dipandu oleh petugas wisata yang ada di sini.

Secara geografis, lokasi wisata ini berdekatan dengan Gili Bidara yang letaknya pada bagian timur. Pada bagian barat berbatasan dengan laut Sumbawa, sedangkan di sebelah