Pesona Gunung Rinjani Perbincangan Dunia

Pulau Lombok memang memiliki wisata alam yang sangat Indah. Baru-baru ini Gubernur Nusa Tenggara Barat M. Zainul Majdi menghadiri sidang UNESCO untuk menentukan Gunung Rinjani sebagai salah satu Geo Park Dunia. Tidak salah memang, mengingat gunung renjani merupakan wisata alam yang menyuguhkan keindahan yang sangat luar biasa.

Selain menghadiri acara UGG di Inggris, Zainul Majdi juga dijadwalkan akan menjadi pembicara di  sidang umum PBB ke-71 di New York, Amerika Serikat terkait Implementasi Agenda 2030 untuk Pencapaian SDG’s”, 21 Sept 2016 ini. ‘’Dengan diundangnya Gubernur NTB untuk hadir di International Conference on UNESCO International Geopark di Inggris ini, besar kemungkinan kita akan meraih predikat UGG itu,’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, Senin (19/9).

Gunung rinjani dengan ketinggian 3.726 mdpl ini, memang merupakan salah satu pilihan bagi para pendaki, baik pendaki dalam negeri maupun dari luar negeri. Bagaimana tidak, cerita yang tersebar tentang keindahannya, membuat setiap pendaki pasti tertantang untuk mengeksplorasi gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini. Ikon pulau Lombok yang satu ini memang tidak ada duanya dibandinkan gunung-gunung berapi lainnya.

Tidak salah lagi jika Gunung Rinjani diusungkan menjadi Geo Park dunia, dengan keindahan luar biasa panorama yang indah saat dilihat.  Namun, Taman Nasional Gunung Rinjani belum pernah dikunjungi oleh asesor geopark dunia karena belum memperoleh dukungan dokumen dari pemerintah NTB. Padahal, dengan berbagai kelebihannya, Taman Nasional Gunung Rinjani sudah memenuhi syarat sebagai geopark dunia.

Masyarakat Lombok khususnya dan masyarakat NTB umumnya bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat berjuang dan mendukung penuh Rinjani menjadi Geopark Dunia, karena dengan perubahan status menjadi Geopark Dunia, maka kapasitas Gunung Rinjani pun akan meningkat. Rinjani akan menjadi destinasi wisata yang sejajar dengan destinasi-destinasi wisata dunia. Rinjani akan dikenal dan dibicarakan di tataran dunia internasional. Dengan segala potensi dan daya tarik yang dimiliki, seperti wisata alam, wisata adventure, wisata minat khusus, wisata ekologi, wisata geologi dan wisata lainnya, Rinjani akan terus kekar berdiri dengan “Segara Anak” sebagai ikon utamanya, dan terus mengundang para wisatawan untuk melihat dan menikmati keindahannya yang menawan dan menantang.

Diberikan status National Geopark pada tahun 2013, Gunung Rinjani telah menarik cukup banyak jumlah wisatawan. Di nasional Geopark Rinjani ini juga terdapat sebuah danau kawah berbentuk seperti bulan sabit, yang dikenal sebagai Segara Anak. Pada tahun lalu saja tercatat ada 70.000 pengunjung yang menyambangi geopark nasional Rinjani ini dimana 27.000 pengunjungnya adalah pengunjung asing atau datang dari negara lain.

Ini merupakan momet paling bersejarah bagi Indonesia terutama di Pulau Lombok ini, karena keindahan panoramanya membuat Gunung Rinjani ingin dijadikan sebagai Geo Park dunia.

Bagaimana nasib masyarakat Pulau Lombok terutama masyarakat yang disekitaran Gunung Rinjani. Ini akan dimanfaatkan dengan baik jika Gunung Rinjani benar-benar dijadikan Geo Park dunia. Ketika kunjungan oleh wisatawan asing yang ingin melihat keindahan dari kaki rinjani maupun puncak rinjani.

Peluang ini memang sangat diharapkan bagi masyarakat setempat, karena masyarakat setempat yang masih tinggal disana ingin mencari penghidupan yang layak untuknya. () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru