Menikmati Panorama Pantai Buntu-Kolo

KM Mada Oi Pangguli. Berklinong-ria ke Kolo, tidak lengkaplah kiranya kalau pantai landai bernama Pantai Buntu dilewatikan begitu saja. Bagaimana tidak? Pantai ini, menyimpan sejumlah cerita dan keindahan yang menghadirkan decak kagum, lantaran panoramanya yang mempesona.Bagaimana ceritanya? Iya kalau Anda ke sana, pastikan waktu Anda untuk menyimaknya dari penjaga lokasi.. Yang jelas sesuai namanya, yakni “buntu”, maksudnya, jika pikran Anda buntu, ke sanalah obatnya. Pasti sembuh, hanya karena saksikan landainya pantai dan minumlah air kelapa muda yang senantiasa tersedia di sini.

Iya, disadari secara geografis, kawasan Pantai Kolo yang merupakan bagian integral Kota Bima Provinsi NTB itu , merupakan daerah pantai dan pesisir yang karena kecantikannya dapat menghadirkan decak kagum buat penguncungnya. Sepanjang mata memandang, kita disuguhi pemandangan yang indah lagi menarik. Liukan jalan juga menambah keindahan, apalagi sepanjang jalan, yang dilalui, sudah diaspal semuanya. Artinya, tidak ada “jalan tikus” kalau kita mau mengitari pantai Kolo.

Bermula dari cerita menarik Itu pulalah sebabnya, warga SMAN 04 Kota Bima, ketika membuat program "Hari Ceria" seminggu sekali, memilih pantai ini sebagai salah satu tujuan kunjungan mengaplikasikan keceriaan yang dimaksud. Tentu saja selain menyaksikan keindahan alamnya,juga berusaha menyaksikan potensi yang dimiliki Pantai Kolo, terletak di utara Kota Bima itu.

Bagaimanapun juga, Pantai Buntu integral Lokasi wisata Kolo yang terletak di Teluk Bima ini merupakan kawasan yang memiliki potensi kelautan, pertanian, perikanan, serta wisata. Di sisi lain, masyarakat Kota Bima juga menghadapi beberapa permasalahan, di antaranya kurang optimalnya pengembangan potensi bahari kawasan pesisir, pertanian pesisir, dan rendahnya tingkat kebersihan.

Pantai Kolo yang kaya dengan objek wisata ini, namanya hingga sampai di telinga warga UGM Jogya. Bermula dari situ pulah, setahun lalu, mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) datang ber-KKN ke Kolo , kurang lebih dua bulan .mereka bersama masyarakat pesisir pantai Kola membahas potensi yang ada di Kolo.

Diakui para peserta KKN- UGM, saat itu, Kolo punya potensi bagi kemakmuran masyarakatnya. “ Oleh karena itu, perlu adanya pengelolaan potensi sumber daya alam (SDA) di Kelurahan Kolo agar pemanfaatan anatrsektor dapat berjalan sinergis serta dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran mayarakat”, ungkap Aldrin Fauzan Faza , Ketua KKN Kolo 2015. Dan Pantai Buntu, integral Kolo, yang kami kunjungi siang tadi, merupakan salah satu objek wisata menarik, menurut mahasiswa UGM. Perlulah dilestarikan, begitu harapan mereka.

Apa yang diungkapkan mahasiswa UGM, dibenarkan warga sekitar lokasi ketika kami sempat berbincang-bincang dengan warga setempat siang tadi. Iya, Anda belum ke sana? Tidak perlu takut warganya dapat menyambut Anda, sebagai keluarganya.(Usman DG) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru