Pantai Gading Mataram Yang Indah Dan Hijau

Pantai yang indah, udara yang segar, serta laut lepas yang seolah-olah menyatu dengan ujung lagit adalah hal yang dapat dinikmati dengan bebas dari pantai Gading. Tapi bukan hanya itu, kuliner seafood segar turut menjadi daya dukung wisata di pantai ini.

Pantai Gading adalah pantai yang baru dibuka sebagai tempat wisata di kawasan Mataram Selatan. Pantai ini diperkenalkan oleh Pemerintah Kota Mataram di bawah pemimpinan TGH. Ahyar Abduh dan Mohan Ruliskana, SH agar dapat menambah kuantitas obyek wisata bahari di NTB.

Pantai ini terletak di sebelah selatan dari taman Loang Baloq sekitar 300 m atau tepatnya sebelum tikungan yang menuju ke asrama Haji. Jalan  masuknya bisa melalaui sebelah selatan kantor kehutanan atau bisa juga dari sebelah selatan SMPN 17 Matara

Menurut warga sekitar, sebenarnya pantai ini dikenal sebagai Pantai Ketapang, namun oleh pemerintah Mataram pantai ini disahkan namanya menjadi Pantai Gading. Kabar dari warga sekitar juga bahwa pemerintah Kota Mataram akan merubah penampilan Pantai Gading seperti Pantai Ampenan.  

Daya tarik utama pantai Gading adalah tempatnya yang bersih dan dikelilingi pohon-pohon yang hijau, sehingga para pengunjung dapat menikmati kesejukan di pantai ini. Hanya saja, di pantai ini sulit menemukan perahu yang yang menepi di pinggir pantai. Hal ini dikarenakan semua perahu-perahu dialokasikan di bagian selatan.

Pantai Gading memang masih baru, akan tetapi keberadaan pantai ini telah dikenal oleh berbagai kalangan, terutama bagi kalangan wisatawan. Olehnya itu, wajar saja kalau tiap harinya banyak wisatawan yang berkunjung di tempat ini.

Banyaknya wisatawan yang mulai berkunjung ke Pantai Gading di Nusa Tenggara Barat ini menyebabkan warga sekitar mulai mencoba meraup rupiah dengan membuka lapak. Rata-rata warga menjual seafood atau ikan segar yang ditangkap dari laut di malam hari, tak jarang pula mereka menawarkan jasa membakar ikan lengkap dengan sambel plecingan yang siap membuat liur menetes.

Bila anda akan berkunjung di tempat indah, hijau nan sejuk ini, jangan ragu tentang tempat istirahat. Dikawasan pantai ini terdapat sejumlah berugak yang khusus diperuntukkan untuk pengunjung atau wisatawan.

Bagi ummat Islam yang ingin beribadah, di kawasan pantai ini juga telah difasilitasi dengan Musholah. Fasilitas lain seperti toilet, disini pun juga telah disediakan oleh pemerintah setempat.

Route perjalanan menuju kawasan Pantai Gading ini sangat mudah karena dekat dari puasat Kota Mataram. Jika beranjak dari pusat Kota Mataram, anda bisa langsung menuju Jalan Lingkar Selatan, ikuti saja jalan utama hingga anda akan bertemu dengan Kantor TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani), dan disebelah kantor ini terpampan  jalan masuk di sebelah kiri dengan melewati persawahan. Tapi, bila kita memandang dari jalan raya, akan kelihatan tulisan “PANTAI GADING”.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pantai Gading, jangan ragu tentang masalah keamanan kendaraan anda. Di kawasan pantai ini terdapat lahan parkir. Biaya parkir untuk roda dua sekitar Rp. 2.000,-. namun biaya parkir yang ada di lokasi ini sepertinya tidak masuk ke kas daerah kota Mataram. Tentu ini dapat dibenarkan karena bila dicermati tidak adanya tiket parkir yang diberikan oleh juru parkir disaat kita memarkir kendaraan. Namun tentu saja terjadi karena lahan pemarkiran adalah milik pribadi dari warga masyarakat.

Kepada pembaca, tentu sangat cocok jika obyek wisata bahari”Pantai Gading” menjadi referensi untuk menikmati waktu liburan bersama keluarga atau handai taulan. Silahkan datang berkunjung ke pantai yang indah, hijau nan sejuk ini. () -03

 

 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru