Air Terjun Pengkelep Tete Batu

WISATA BARU,  AIR TERJUN PENGKELEP TETE BATU

KM. MASBAGIK. Berbagai destinasi wisata dapat kita temukan di Propinsi Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Lombok Timur. Mulai dari wisata alam, hingga wisata religi dapat kita temukan di tempat ini. Dan yang penulis akan coba bahas mengenai obyek wisata alam yang berbentuk air terjun. Air terjun yang terkenal di Pulau Lombok yaitu air terjun Senaru (KLU), air terjun Jeruk Manis (Lotim), air terjun Benang Kelambu (Loteng) dan lain-lain. Dan semuanya itu memiliki ciri khas tersendiri dari air terjun yang lainnya.


Namun penulis tidak akan membahas tentang ketiga air terjun tersebut, namun akan membahas tentang air terjun yang baru saja ditemukan oleh warga masyarakat di sekitar Desa Tete Batu Kecamatan Sikur. Nama air terjun tersebut yaitu air tejun Pengekelep yang berada tidak jauh dari Air Terjun Jeruk Manis namun hanya berbeda dari jalurnya saja ketika memasuki pertigaan dekat dengan lapangan umum Desa Kembang Kuning. Namun jalannya lurus ketiga berada di simpang tiga tersebut dan kira-kira berjarak sekitar satu kilo meter dari tempat tesebut. 

Kondisi jalan yang penuh bebatuan dan melewati areal persawahan membuat perjalanan ke tempat ini begitu menyenangkan. Dengan perjalanan kaki dari tempat parkir yang berada di perumahan warga hingga ke lokasi air terjun memakan waktu kurang lebih 15 menit. Setibanya disana, kita pasti akan dibuat takjub dengan keindahan wisata ini karena airnya yang begitu jernih dengan warna air agak kebiru-biruan.


Air terjun Pengkelep ini memiliki kontur hampir sama dengan yang ada di Air Terjun Jeruk Manis, namun memiliki perbedaan hanya pada ketinggiannya saja. Jika di Air Terjun Jeruk Manis ketinggiannya mencapai kurang lebih 20-an meter sedangkan di Air Terjun Pengkelep ini mencapai ketinggian kurang lebih 10 meter saja. Namun tentu jika berbicara masalah keindahan dan kejernihannya tidak kalah dengan air terjun yang lainnya.

Karena wisata ini belum terlalu dikenal khalayak ramai, tentu membutuhkan dukungan dari pemerintah dan warga masyarakat untuk mempromosikan, menjaga dan menata sarana dan prasarana penunjang wisata ini. Karena penulis yakin jika dikelola dengan cara baik tentu akan menambah perekonomian bagi masyarakat sekitar dan menambah pendapatan daerah. Mari kita tetap mengeksplor keindahan dan kekayaan di daerah sendiri biar orang tau daerah kita tidak kalah dengan yang lainnya. Salam kebangkitan dari kampung.

By_Andre D’Jails () -05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru