Objek Wisata Dua Dimensi


KM. Sukamulia – Tidak diragukan lagi bahwa pulau Lombok adalah salah satu pulau yang terkenal dengan keindahan alam dan keunikan budayanya. Di sekitar pulau Lombok terdapat banyak sekali objek wisata alam. Di antara sekian banyak objek wisata alam tersebut, masih banyak objek wisata alam yang hingga saat ini belum diekpos atau dipromosikan keberadaannya. Untuk itu, berikut ini kami akan memperkenalkan salah satu objek wisata alam yang terdapat di sekitaran Desa Obel-Obel Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur. Kami menyebut objek wisata tersebut dengan istilah Objek Wisata Dua Dimensi sebab dalam lingkup objek wisata tersebut terdapat dua destinasi wisata yang didapatkan dalam satu kunjungan.

Desa Obel-Obel memiliki destinasi wisata tersendiri. Bagi anda yang kerap melakukan perjalanan wisata menuju Lombok Bagian Utara melalui jalur Sambelia maka anda pastinya melewati Pantai Obel-Obel yang berada di pinggir jalur utama Sambelia – Sembalun – Bayan. Pantai Obel-Obel merupakan salah satu objek wisata alam yang tidak pernah sepi dari pengunjung, namun tidak semua pengunjung yang mengetahui bahwa di sekitar pantai tersebut terdapat bendungan yang cukup besar. Warga setempat menyebut telaga/bendungan air itu dengan nama “Telaga Bumbang”.


Bumbang merupakan objek wisata alam yang berupa telaga dengan air yang jernih dan sejuk. Selain air yang jernih dan sejuk, udara di sekitaran objek wisata ini sangat segar dengan pemandangan alam sekitar yang juga sangat mempesona. Kami yakin, jika anda berada di lokasi tersebut, niscaya anda akan melupakan segala permasalahan yang sempat menjanggal hati dan pikiran anda. Bukan hanya itu, udaranya yang sejuk dan pohon-pohon besar yang berada di sekeliling tempat ini akan membuat otak anda fresh dan tenang. Heheeeee, kalau ga percaya, ya datang saja ke lokasi.

Bay the way, kami tidak ingin membuat rasa penasaran anda membeludak. Oleh sebab itu, berikut ini kami akan memberikan deskripsi mengenai objek wisata tersebut. Objek Wisata Bumbang berbentuk sebuah telaga besar yang airnya bersumber dari sebuah mata air besar yang berada di sekitaran kaki Bukit Obel-Obel yang berketinggian sekitar 782 mdpl. Telaga ini berbentuk memanjang dengan ukuran panjang sekitar 150 meter, lebar sekitar 40 meter dengan kedalaman 80 hingga 250 cm.


Pada bagian pinggir telaga di sebelah barat dan selatan berjejer pohon-pohon yang kokoh dan besar. Di sebelah timur dan utara telaga terhampar petakan sawah yang dikelilingi oleh gugusan bukit yang ditumbuhi oleh tumbuhan perdu. Nyanyian burung-burung serta gerombolan kera yang berkejaran di atas pepohonan semakin memperindah suasana santai di sekitaran danau, sebab itulah tempat ini menjadi salah satu objek wisata alam bagi masyarakat sekitaran dua kecamatan tersebut. Nah, Telaga Bumbang ini berada sekitar 250 meter di sebelah selatan pantai Obel-Obel yang merupakan objek wisata pavorit warga sekitar Kecamatan Sembalun dan Sambelia. Dengan demikian, jika anda berkunjung ke Pantai Obel-Obel maka sangat rugi jika anda tidak menikmati indahnya suasana di sekitar Telaga Bumbang.


Sepanjang tahun air telaga ini tidak pernah kering sehingga pada musim kemarau (Agustus – Desember), telaga ini dijadikan sebagai tempat mandi oleh masyarakat sekitaran Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun dan Desa Obel-Obel Kecamatan Sambelia. Sepanjang hari, danau ini tidak pernah sepi sehingga anda tidak perlu takut jika anda hendak berkunjung ke objek wisata alam yang satu ini. Suasana sekitar objek wisata ini masih sangat alami. Udara pegunungannya juga masih bersih dan bebas dari polusi udara ataupun polusi air. Petakan sawah yang hijau terhampar rapi, semakin memperindah suasana bersantai di sekitar danau.

Pada bagian pinggir barat Telaga Bumbang terdapat berugak yang dapat dijadikan sebagai tempat beristirahat oleh sitiap pengunjung. Di sekitar berugak, pengunjung dapat memarkir kendaraannya (bagi yang memakai kendaraan roda dua), jika anda berkunjung menggunakan kendaraan roda empat maka anda dapat memarkir kendaraan anda di tempat parkir yang telah tersedia di sekitar pinggir pantai Obel-Obel. Setelah kendaraan anda parkir maka dari bibir pantai, anda harus berjalan kaki sekitar 250 meter menuju ke arah selatan melalui pematang sawah.

Pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua bisa membawa kendaraan hingga ke lokasi (pinggir telaga). Dari bibir pantai Obel-Obel anda harus melanjutkan perjalanan sekitar 200 meter ke arah selatan, sesampai di depan Kantor Desa Obel-Obel anda akan menemukan persimpangan, nah di depan kantor desa tersebut anda harus belok kanan (jika datang dari Sambelia) atau belok kiri (jika datang dari Sembalun). Setelah berjalan sekitar 50 meter dari persimpangan itu maka anda akan menemukan persimpangan gang, nah di sana anda tinggal belokan saja kendaraan anda ke arah timur, setelah melalu jalan sekitar 130 meter dari persimpangan itu maka sampailah anda di pinggir Telaga Bumbang. Nah jika anda kurang jelas mengenai rute tersebut maka anda dapat bertanya pada masyarakat sekitar, insyallah mereka akan memberikan informasi akurat kepada anda.

Selain menikmati indahnya pemandangan di sekitaran telaga, anda juga dapat menikmati segarnya air Telaga Bumbang, di sana anda dapat berenang sepuas hati. Air telaga tersebut jernih, bersih, dan tidak berbau sebab bagian dasar danau adalah pasir pantai. Nah, jika anda kebetulan berkunjung ke tempat ini maka jangan lupa untuk membawa pakaian cadangan/salinan, sebab sangatlah rugi jika anda tidak menikmati segarnya air telaga tersebut.

Perlu diketahui bahwa Telaga Bumbang dijadikan sebagai sumber air irigasi bagi persawahan yang ada di sekitarnya, oleh sebab itulah sawah-sawah di sekitar telaga dan pantai Obel-Obel selalu tampak hijau oleh tanaman padi. Pada dasarnya sich, tempat ini merupakan bendungan air irigasi bagi lahan pertanian warga Desa Obel-Obel.


Setelah puas menikmati indahnya suasana sekitar telaga, anda dapat menikmati indahnya suasana pantai Obel-Obel yang juga tidak pernah sepi dari pengunjung. Lebih-lebih, pantai tersebut di lalui oleh jalur utama Sambalia – Sembalun – Bayan. Pantai ini cukup sejuk untuk dijadikan sebagai tempat peristirahatan sebab di sepanjang bibir pantai terdapat pohon-pohon yang perdu dan besar. Di sepanjang bibir pantai juga terdapat warung yang berjejer rapi sepanjang pantai tersebut.


Sambil menikmati suasana santai, di pinggir pantai anda dapat menikmati kopi hangat atau minuman serta makanan lainnya yang disediakan di warung-warung kecil tersebut. Jika anda beristirahat di tepi pantai maka di sebelah selatan bibir pantau anda dapat menyaksikan indahnya pemandangan sawah yang terhampar hijau di bawah gugusan perbukitan. Pantai Obel-Obel memang tempat penongkrongan yang sangat asyk sebab pantai ini berada di pinggir jalan raya. Pantai ini, selalu ramai dikunjungi oleh muda-mudi, terutama pada siang dan sore hari. Hal tersebut menyebabkan pantai ini tidak pernah sepi, lebih-lebih pada hari minggu atau pada hari-hari libur lainnya. Pada bagian timur pantai ini terdapat, tebing batu yang lumayan menarik. Bagi anda yang gemar memancing, tebing tersebut merupakan tempat memancing yang asyk. Pada sore hari, tebing itu selalu diramaikan oleh para pemancing.


Air laut yang tenang dengan ombak yang tidak begitu besar juga menambah indahnya destinasi wisata pantai itu. Bagi anda yang gemar mandi di air laut maka pantai Obel-Obel adalah tempat yang cocok dan aman untuk mandi. Setelah puas mandi di air laut, anda dapat membilas badan anda ke Telaga Bumbang yang jaraknya tidak terlalu jauh dari bibir pantai. Dengan demikian, jika anda berkunjung ke Obel-Obel maka anda akan mendapatkan dua dimensi wisata sekali gus, yakni wisata pantai dan wisata alam pegunungan yang berupa telaga besar di kaki bukit. Nah, bagi anda yang kebetulan melakukan perjalanan wisata melalui Obel-Obel maka sempatkanlah diri anda untuk beristirahat di pantai Obel-Obel dan Telaga Bumbang.

Berwisata di sekitaran Obel-Obel memang hal yang sangat mengasyk-kan sebab di sana anda bisa mendapatkan destinasi wisata pantai yang di wilayah pesisirnya terdapat telaga air tawar yang ukurannya cukup besar dengan suasana sekitarnya yang indah dan mempesona. Untuk mendapatkan destinasi tersebut anda tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian tiket ataupun uang jasa parkir sebab di sekitar objek wisata ini semuanya geratis, kecuali makanan dan minuman. Hihiiiiihiii, yach jika anda membawa perbekalan dari rumah maka berwisata di sekitaran pantai dan danau kecil tersebut akan betul-betul geratis.

Pencinta dan warga Kampung Media yang kami hormati, demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca. Jika anda penasaran dengan informasi yang termaktub dalam artikel ini maka segeralah atur jadwal anda untuk berkunjung ke objek wisata alam yang satu ini, dijamin anda akan mendapatkan destinasi wisata dua dimensi yang tidak akan anda temukan di tempat lain. Kurang dan lebihnya mohon maaf dan salam dari kampung.

_By. Asri The Gila_ [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru