Menanti Matahari Terbit di Pantai Labuhan Haji

Menanti munculnya Matahari Terbit di Pantai Labuhan Haji merupakan momen yang paling mengasyikkan bagi pengunjung. Sebagai pantai paling timur di Lombok, Labuhan Haji menjanjikan cahaya kemilau mentari yang akan membias di atas permukaan laut dengan indah nan menawan. Sembari menanti sang mentari muncul dari peraduannya, pasir hitam siap siaga untuk diduduki sambil menikmati secangkir kopi hitam atau minuman hangat lainnya, sehingga jiwa tenang, yang sebelumnya galau dan gundah gulana.

Pantai yang terletak di kawasan timur Lombok ini tepatnya di Kecamatan labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Tempat ini sangat strategis untuk melihat indahnya matahari pagi yang terbit dari ufuk timur.

Agar benar-benar anda dapat menyaksikan atraksi matahari pagi yang muncul di belahan bumi timur, sangat lebih tepat jika datang selepas Subuh. Selain itu, agar anda dapat mengabadikan momen dimana matahari terbit yang mempesona itu, jangan lupa siapkan kamera.

Jelasnya, matahari pagi di Labuhan Haji akan menampilkan view yang lembut dan tenang di saat musim kemarau. Pemandangan pagi hari ini sungguh mempesona. Perwujudan matahari yang sempurna, seolah-olah muncul dari dalam laut. Warnanya pun nampak terang dan menghasilkan biasan warna  kuning kemerahan dari permukaan laut. Dari kejauhan, planet yang setia mengiringi dunia ini tampak bulat sempurna tanpa terhalang oleh awan. Kecuali di akhir musim kemarau, ia pun muncul dari balik pulau Sumbawa, namun pemandangannya tetap eksotis dan rupawan.

Hanya saja, ketika musim hujan telah tiba, matahari terbit ini sungguh mengecewakan. Sebab dari pulau Sumbawa biasanya terhalang oleh karnaval awan mendung yang bergerombol sehingga menghalangi panorama sang mentari. Belum lagi air hujan yang keras sangat menyebalkan.

Pada hari minggu, Labuhan Haji ramai dikunjungi oleh penduduk setempat dan penduduk dari luar. Selepas menikamti indahnya matahari pagi, mereka  biasanya menghabiskan waktu untuk bersantai sejenak. Ada yang bermain air, memancing atau membantu para nelayan menurunkan hasil tangkapan. Selain itu, sebagian juga berolah raga, nongkrong, atau sekedar berjemur-jemuran di atas pasir hitam. Tempat ini juga menjadi momen bagi kawula muda untuk cuci mata, sedangkan bagi anak kecil untuk cuci kaki atau bermain pasir.

Di kawasan pantai Labuhan Haji juga ditemukan sebuah dermaga. Namun, pembangunan dermaganya belum rampung, sehingga menjadi areal bagi pengunjung untuk berjalan-jalan.Untuk memasuki areal dermaga ini, yaitu hanya dengan mengeluarkan uang sebanyak tiga ribu rupiah bagi pengendara sepeda motor. Untuk pengendara roda empat yaitu lima ribu rupiah, sedangkan pejalan kaki tidak dipungut biaya.

Keunikan di areal dermaga adalah para pengunjung dapat menjelajah ke arah laut yang lebih jauh dengan melalui badan jalan dermaga yang telah dibangun oleh pihak PEMDA setempat. Pesona laut lepas sangat mengagumkan

Semburan air laut oleh permainan ombak yang menari-nari dan hembusan angin yang sepoi-sepoi membuat tubuh terasa sejuk dan nyaman.Dari ujung dermaga ini, kita pun dapat menyaksikan jelas Gunug Rinjani yang menjulang tinggi. Begitu pun juga dengan deretan pegunungan yang ada di Sumbawa tampak jelas. Berbagai pulau-pulau kecil atau gili tampak jelas pula di penghujung dermaga Labuhan Haji ini.Perahu-perahu nelayan yang berjejer di laut lepas, turut pula menamba suasana indah di pagi hari. Sungguh luar biasa dan menyenangkan.

Juga, di kawasan dermaga ini, kita pun dapat berinteraksi dengan para pemancing ulung. Beraneka ragam jenis ikan yang ditangkapnya, dan kita pun dapat membelinya secara langsung.

Bagi pengunjung yang merasa lapar atau haus , di sepanjang jalan yang ada di bibir pantai ini terdapat para penjaja makanan dan minuman. Mereka siap melayani pengunjung di berbagai warung-warung kecil yang terbuat dari bambu degan beratap daun.Akan tetapi, jika anda ingin menikmati penyajian makanan yang cukup mewah, beberapa restaurant atau rumah makan yang tersedia di sekitar Pantai Labuhan Haji ini. Atau pun anda ingin menikmati kelezatan ikan bakar di kawasan Pantai Labuhan Haji, beberapa penjaja ikan bakar di sudut-sudut jalan pantai, yang sibuk mengipas ikan laut di atas bara api.  

Rute perjalanan menuju ke Pantai Labuhan Haji ini adalah sangat muda. Cukup anda mengikuti arah jalan raya besar dari Kota Mataram menuju ke tempat ini. Jika anda mempergunakan kendaraan umum, anda bisa berangkat dari terminal Mandalika dengan mempergunakan mobil “ancel” yang berjalur Labuhan Haji.

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru