Eksotisnya Air Terjun (Water Fall) Panca Saneo


Rasanya terkesan apatis jika tidak berkontibusi untuk  kemajuan Daerah  jika tidak melakukan sesuatu hal positif, apalagi beberapa hari terakhir kita baru saja merayakan hari Peringatan Sumpah Pemuda yang ke 87 tahun. Nah mengingat hal yang demikian saya juga merasa harus melakukan hal yang positif meskipun dalam bentuk tulisan untuk berkontribusi demi kemajuan Daerah, hehehe.  Kali ini saya akan mencoba mempromosikan salah satu wisata yang baru baru ini muncul dikabupaten Dompu, yaitu Air Terjun Panca Saneo. Jika Pulau Lombok meliliki jutaan tempat wisata, seperti pantai pantai, Air terjun di Lombok Timur dan lain sebagainya, Maka Kabupaten Dompu juga memiliki tempat wisata yang sangat eksotis, yaitu Air Terjun Panca Saneo yang berada di Desa Saneo Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Air Terjun (Water Fall) Panca ini terkenal dengan ketinggiannya yang mencapai 75 Meter. Air Terjun Panca juga terkenal dengan Airnya yang sangat dingin seperti air Es yang ada di Kutub Utara. Hehehe.

Setiap Akhir Pekan, Air Terjun ini ramai dikunjungi oleh wisatan Domestik baik di Dompu maupun yang di luar Dompu sendiri. Saat ini, air terjun panca sudah mulai tekenal dimana-mana. Selain terkenal dengan Ketinggian dan Air nya yang dingin, Air terjun ini juga menawarkan kepada Anda yang ingin berkunjung, yaitu keindahan alamnya yang asri dan kesejukan alamnya. Bagaiaman tidak, keberadaan Air terjun ini berada di tengah hutan yang menawarkan kepada anda untuk berwisata ke sini, air terjun ini belum lama diketahui oleh manusia karena sangat jarang manusia melewati kawasan hutan ini.

Ketika anda mengunjungi Air Terjun ini, anda akan dihadapkan dengan pemandangan alam yang begitu indah dan menawan yang akan membuat anda semuanya tidak ingin pulang ketika sudah berada di tempat wisata ini. Lokasi air terjun ini lumayan jauh dari pekampungan Desa Saneo, namun jika anda yang berada di Kota Dompu ingin mengunjungi tempat wisata ini, maka anda akan ada diperjalanan sekitar 2-3 jam lamanya untuk dapat sampai pada air terjun panca. Rasa lelah dan capek pasti akan anda rasakan, namun kelelahan yang anda rasakan akan hilang ketika anda sudah sampai pada air terjun panca. Bagaiman mana tidak, suara gerumuh air terjun yang tingginya mencapai 75 meter itu akan anda dengar ketika anda berada sekitar 200 meter dari tempat air terjun dan juga anda akan melihatnya disela pepohonan yang rindang dan tinggi. Sesampainya anda di air terjun, maka anda akan berteriak meskipun anda tidak ingin berteriak karena melihat air terjun yang waow banget.

Tapi yang harus anda ketahui, perjalanan untuk dapat sampai pada air terjun panca tidak seperti yang anda bayangkan, karena untuk dapat sampai pada air terjun, anda harus melalui medan jalan yang begitu curam dan berbahaya. Keadaan medan jalan yang masih alami ini dikarenakan belum adanya upaya untuk membaut akses jalan yang mudah untuk dilalui. Saat ini, Air terjun panca Saneo dikatakan sebagai oleh sebagian besar pengunjungnya adalah Wisata Adventure. Namun saya tidak tahu apa pendapat anda tentang air terjun ini, tapi saya akin ketika anda sudah berwisata pada tempat ini, maka anda juga akan mengatakan hal yang sama.

Jika anda ingin berkunjung pada air terjun panca, maka anda harus mempersiapkan fisik anda, karena selain menyenangkan, anda juga akan mendapatkan klimaks kelelahan anda waktu anda pulang kembali. Tidak perlu merogok kocek dalam dalam untuk dapat sampai dan menikmati air terjun yang terkenal dengan tinggi dan dingin air nya itu, anda cukup menyediakan uang sebesar Rp 10.000 untuk retribusi parkir kendaraan anda. Karena Pemuda yang berada di Desa Saneo mengambil inisiatif untuk menjaga dan mengamankan kendaraan anda. Untuk anda ketahui juga, retribusi parkir berlaku hanya untuk Akhir Pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu, karena kedua hari itu dinilai akan banyak pengunjung yang membeludak. Pada hari biasa tidak ada retribusi parkir dan juga jarang wisatawan yang berkunjung. Namun jika anda ingin menikmati wisata anda dengan memakan makanan yang enak nan lezat, maka anda dituntun untuk menyediakan sendiri, karena ditempat wisata air terjun tidak ada orang yang menjual makanan. Hehehehe. Oh iya, untuk dapat sampai pada lokasi air terjun panca, anda harus menggunakan kendaraan roda dua (Sepeda Motor, bukan sepeda Kayun hehehe) karena kendaraan roda empat dan sejenisnya tidak dapat masuk pada lokasi air terjun.

Untuk menjaga keberseihan dan keindahan pada air terjun panca, diwajibkan untuk anda sebagai pengunjung agar menjunjung tinggi kebersihan disekitar kolam air terjun. Anda juga tidak diperkenankan untuk membawa Minuman brralkohol dan sejenisnya, karena pada tempat ini dilarang untuk melakukan praktek meminum minuman beralkohol, dan yang utama anda sebagai pengunjung agar tidak melakukan perbuatan seronok dengan pasangan lawan jenis anda. Tempat ini karena keberadaannya di tengah hutan sehingga menimbulkan hal hal yang mistis yang mau tidak mau harus anda percayai. Karena akhir akhir ini sering terjadi kejadian yang mengejutkan seperti kesurupan, pelemparan batu yang tidak diketahui siapa yang melakukannyadan juga kejadian tersengat oleh lebah madu. Saya sebagai pemuda Asli Desa Saneo hanya bisa menghimbau dan menjelaskan kepada anda calon pengunjung pada air terjun panca ini, tapi selebihnya tergantung dari kesadaran dan keyakinan anda semuanya.

Untuk anda yang berada di Kabupaten Dompu, jangan mengaku cinta Dompu, jangan mengaku asli Dompu dan jangan mengaku suka travelin jika anda belum mengunjungi Air Terjun Panca. Juga buat anda yang berada di Luar Kota Dompu jangan mengaku traveling sejati jika anda tidak mengunjung ke air terjun ini, karena anda akan menyesal seumur hidup anda kalau tidak melihat langsung air terjun ini. Air terjun panca selain digunakan untuk berwisata, juga digunakan oleh anak-anak pencinta alam untuk berkemah,tak tanggung tanggung anak anak PA menginap di tempat air terjun. Jangan lupa juga buat anda yang berkunjung ke Air terjun Panca untuk membeli Air Susu Kuda Liar dan Air Madu Asli sebagai oleh oleh anda pulang, harganya pun terjangkau.


Saat ini, informasi yang kami dapatkan, Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu sedang berupaya melakukan pelobian atau pengadaan  anggaran untuk membuat akses jalan dalam menunjang kemudahan dalam berkunjung ke air terjun ini. Informasi juga yang kami dapatkan, Pemda Dompu juga berinisiatif menjadi wisata Air terjun ini sebagai wisata utama di Kabupaten Dompu selain Pantai Lakey. Semoga apa yang diupayakan oleh pemerintah bisa direalisasikan dan bisa berjalan dengan lancar, kami sebagai pemuda yang berada di Desa Saneo hanya bisa mendukung lewat do’a dan kerja gotong royong ehehe.

Kami tunggu kedatangan anda pada air terjun ini. Kami bisa jamin anda tidak akan menyesal ketika anda berkunjung dan berwisata disini. Selamat berwisata.

Salam dari Kampung !!!!

*sumber foto Facebook dan BBM

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru