Dosen Prancis Ngajar di Masmas


“Very nice place”
itulah ungkapan pertama yang keluar dari mulut Pierre Lagree seorang Dosen Matematika dari Prancis yang pagi ini Sabtu 15 Agustus 2015 (red:kemarin).mengunjungi Desa Wisata Masmas bersama istrinya Jues Muriel yang juga berprofesi sebagai Dosen Fisika di Negaranya, begitu turun dari kendaraansetibanya di Desa Wisata Masmas

Begitu memasuki Desa Masmas keduanya terus menyetop sopir untuk memberikan kesempatan pada mereka untuk mengambil gambar, di benatangan-benatangan sawah yang berada di pinggir jalan menuju Desa Wisata Masmas yang dipadu padankan dengan gunung rinjani yang kelihatannya persisi berada diujung sawah sebelah utara, sehingga mereka nyampai di secretariat VBT yang sedianya pada pukul 08.00 seperti dijanjikan sebelumnya oleh Bahar sekalu sopir jadi molor hingga pukul 09.00. Keduanya membooking paket tour di Masmas lewat Travel Lombok Picnic Yang dinakhodai oleh Saepul, 1 hari sebelumnya.

Keduanya seperti tidak sabaran untuk segera memulai tour, sehingga begitu mereka menyelesaikan registrasi dan dipasangkan sarung, mereka  langsung mengajak para guide local untuk segera berangkat, padahal sedianya ada banyak hal yang perlu guide local jelaskan, tapi mereka berdua potong dengan mengatakan, “nanti jelaskan dijalan, saya kepingin ketemu anak-anak sekolah dan mengikuti aktifitas petani disawah”, kata mereka setelah diterjemahkan guide.

Karena keduanya berprofesi sebagai dosen, maka begitu mereka menemui anak-anak sekolah dihalaman sekolahnya karena sedang keluar main, mereka langsung mengajarkan teori-teori praktis Fisika dan matematika, keduanya sangat senang, sehingga keduanya hampir lupa bahwa mereka masih punya program lain. Begitu juga ketika mereka diajak ke Madrasah Aliyah, keduanya sangat proaktif berdiskusi banyak hal dengan para siswa. Mereka juga sangat bangga karena sekolah di pedesaan dengan segala keterbatasannya tapi siswa/I nya rata-rata bisa komunikasi Bahasa Inggris mulai dari Tsanawiyah apalagi Aliyah sudah tentu lebih lancar.

Hampir tidak ada aktifitas yang terlewatkan dari camera yang mereka bawa. Mereka secara bergiliran dengan pasangannya, kadang dengan guide kadang juga dengan warga sekitar yang mereka temukan pada setiap destinasi untuk menjempret mereka. Mereka sangat aktif menanyakan setiap orang bahkan benda yang mereka temukan. Dan mereka sangat puas dengan jawaban yang diberikan oleh para guide local yang memang sudah sangat piawai menjelaskan.


Mereka juga dengan senang hati mengajak para tim dari kesehatan yang kebetulan sedang ada kegiatan di postu Desa Masmas untuk berfose bersama. Sepanjang perjalanan mereka tidak henti-hentinya mengatakan, “ nice place, high tour, exceptionally” dan ungkapan-ungkapan lain yang menandakan ekspresi atas kekaguman mereka terhadap kegiatan wisata yang ditawarkan, bahkan melalui terjemahan guide local mereka juga mengatakan, “kegiatan seperti ini yang kami inginkan dalam tour ini, bukan ke pantai atau ke tempat keramaian lainnya, kami sudah bosan dengan kebisingan pantai dan kota, kami ingin ketenangan, tidak diganggu oleh para pedagang yang terus memaksa kami membeli sesuatu. Kami ingin seperti ini, disambut oleh keramahan warga, kami tidak disuruh belanja, ini baru namanya berwisata”. Demikian diantara ungkapan-ungkapan mereka sebagai bentuk ekspresi atas kesenangan mereka.

Tidak Cuma itu, mereka juga mengekspresikan kesenangan mereka dengan memberikan tipping kepada guide local juga kepada warga yang menyediakan makan siang, mereka bilang, “masakah ini sangat enak, siapa yang masak?, suruh dia kesini, kami ingin menyampaikan ucapan trimakasih padanya”, t-e-r-i-m-a-k-a-s-i-h  iibu-ma-sa-kan-nya  eenak se-ka-li”. Demikian kata mereka sambil mengulur uang puluhan ribu kepada sang juru masak yang mendapat giliran menyediakan makan siang hari itu.

Kesenangan para wisatawan terhadap paket wisata Masmas, tidak Cuma terlihat dalam kunjungan dosen prancis ini saja, tapi juga dalam setiap kesan para tamu yang sudah dating kedesa masmas.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru