Panorama Wisata Teluk Malimbu

KM. Sukamulia – Eksotis dan sungguh menakjubkan, Allah SWT betul-betul Maha Kuasa melukiskan keagungannya pada segala susuatu yang dihendaki-Nya. Teluk Malimbu merupakan salah satu bukti nyata keagungan Allah Aza wa Zalla. Tebing yang ada di sekitar Teluk Malimbu ini betul-betul menakjubkan, batu-batu yang menggunung di sepanjang pinggiran Pantai Malimbu ini tersusun sedemikian rupa, batu-batu tebing tersebut seakan-akan sengaja dipahat oleh Sang Penguasa Semesta sehingga konstruksinya terlihat eksotis dan membuat kagum siapa saja yang memandangnya.

Sepanjang ekpedisi saya, baru kali ini saya menyaksikan pemandangan alam yang sungguh eksotis dan menakjubkan. Banyak tempat yang sudah saya kunjungi untuk kepentingan penelitian dan wisata, namun kali ini Allah membimbing langkah saya untuk menyaksikan kekuasaan-Nya yang begitu indah. Hal ini menyadarkan saya bahwa Allah SWT memberikan anugerah yang tiada tara bagi pulau Lombok dan para penghuninya. Hamparan pantai yang ada di sepanjang pinggiran pulau ini dikagumi oleh dunia, demikian juga dengan gundukan gunung Rinjani beserta segenap kekayaan wisatanya yang menyita perhatian masyarakat dunia.

Salah satu kekayaan wisata pulau Lombok yang sudah dikenal oleh halayak ramai adalah Pantai Malimbu yang berada di wilayah Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Banyak orang yang terkagum-kagum menyaksikan keindahan panorama pantai tersebut. Setiap orang yang lewat di Malimbu akan merasa rugi jika ia tidak mengabadikan perjalanannya itu dengan berpoto di sepanjang jalan pantai Malimbu, hanya saja tidak banyak diantara mereka yang menyaksikan langsung keindahan Tebing yang terdapat di sekitar Teluk Pantai Malimbu dari jarak dekat. Sebagian besar pengunjung hanya menikmati pesona wisata di zona Pantai Malimbu dan di sekitar jalan raya yang membentang di sepanjang pantai itu, sebab itulah saya sangat bersyukur karena saya diberikan kesempatan oleh Yang Maha Kuasa untuk menapakkan kaki pada tebing Pantai Malimbu.

Menurut keterangan nelayan setempat, tebing yang terdapat di sekitar Teluk Pantai Malimbu dan beberapa pulau kecil yang ada di sekitarnya terbentuk akibat adanya letusan gunung laut yang terjadi pada puluhan tahun silam. Supardi, menyatakan bahwa pulau kecil itu semakin tahun semakin luas dan apabila air laut surut maka daratan yang berupa batu cadas itu terlihat semakin luas. Selama ini belum ada orang yang dapat menapakkan kaki di pulau-pulau kecil itu sebab arus air laut di sekitarnya cukup keras. Pengunjuk paling-paling dapat menapakkan kaki pada tebing-tebing batu yang berjejer di wilayah teluk pantai ini, jelas laki-laki yang bekerja sebagai nelayan di pantai itu.

Setelah mendengar keterangan itu, saya terobsesi untuk berekpedisi ke tempat itu dan ahirnya kami meminta Supardi (warga setempat) untuk mengantar kami ke Tebing Teluk Malimbu. Supardi membawa saya menuju tempat itu dengan menggunakan peraahu mesinnya. Alhamdulillah, 12 menit kemudian kami sampai di lokasi. Pantastis dan sungguh luar biasa, untuk menapakkan kaki di tebing itu diperlukan perjuangan sebab arus air laut di pinggiran teluk itu cukup keras sehingga perahu yang kami tumpangi kesulitan untuk melabuh. Sekitar 20 menit kami berjuang mencari kesempatan yang tepat supaya kami dapat berlabuh dan turun ke lokasi.

Ahirnya perhu yang kami tumpangi dapat berlabuh dan kami dapat menapakkan kaki pada bebatuan yang terpahat sedemikian rupa di Teluk Pantai Malimbu. Saya melampiaskan rasa penasaran yang tadinya berjubal, momen ini saya gunakan dengan semaksimal mungkin. Heheeee, saya terus berjalan menyusuri tebing itu sambil menyaksikan keagungan ciptaan Yang Maha Kuasa. Tidak lengkap rasanya jika saya tidak mendokumentasikan perjalanan ini dalam bentuk photo maupun cuplikan video. Pokoknya mantab banget kawan, berwisata di Tebing Malimbu memberikan sensasi wisata yang sungguh luar biasa. Hembusan angin pantai, suara deburan ombak yang menghantam tebing, tebing curam dan menakjubkan, serta ribuan lofester yang bermain di sela-sela tebing itu memberkan sensasi wisata yang begitu eksotis bagi siapa saja yang berkunjung ke sana. Selain itu, kita juga dapat menyaksikan rubuan kelelawar yang bergelantungan di sekitar tebing, suara kelelawar ini juga cukup menarik untuk di nikmati oleh indar pendengaran.

Dari puncak tebing yang curam dan menjulang, kita dapat melihat panorama lautan yang biru berkilauan, kita juga dapat menyaksikan aktifitas nelayan yang menghabiskan waktunya menangkap ikan di laut lepas. Tidak hanya itu, dari tebing itu kita dapat menyaksikan sensasi wisata bahari lainnya dan yang tidak kalah menariknya adalah pesona sun set yang begitu menakjubkan jika dilihat dari puncak tebing itu.

Bagi kawan-kawan yang mengaku diri sebagai adventure ataupun kawan-kawan yang berprofesi sebagai photographer, lokasi ini adalah tempat yang cocok untuk menguji nyali adventure dan sangat menakjubkan jika digunakan sebagai tempat hunting (berphoto). Jika kawan-kawan penasaran dengan apa yang sudah saya kisahan ini maka buanglah rasa penasaran itu dengan berkunjung ke Tebing Teluk Pantai Malimbu dan nikmatilah sensasi wisata yang begitu luarbiasa di lokasi tersebut. [] - 05

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru