Pesona Alam Dusun Sukamulia

KM. Sukamulia-Sukamulia merupakan dusun terpencil yang paling timur di desa pohgading timur, walau dusun ini terpencil tidak kalah indahnya degan daerah-daerah yang pernah anda kunjungi. Dusun sukamulia dihiasi dengan hamparan pantai yang indah, pasir pantai yang hitam berkilau, pemandangan laut, hamparan petakan sawah pertanian dan perkebunan dan yang tidak kalah pentingnya adalah penghuni kampung yang ramah.
Pantai yang luas dan pemandangan laut yang alami masih tersimpan di pantai ini biasa digunakan oleh anak muda setempat sebagai tempat sun rice, main bola, main kejar-kejaran dan masih banyak yang bisa mereka lakukan di patai ini, apalgi tanggal 15 (terang bulan) pantai ini sangatlah rami dikunjungi oleh orang sebagai tempat pijit alternatife dengan cara menana bagian pinggul sampai kaki, cara ini dipercayai sebagai penghilang rasa pegal-pegal dan rematik.

Masyarakt setempat juga memanfaatkan laut ini tempat menangkap ikan namun pada beberapa tahun terakhir ini para nelayan tidak puas dengan hasil nelayannya karna pada tahun terakhir ini ikan-ikan dilaut  kami sudah ditangkap oleh orang-orang yang menggunakan alat canggih tidak seperti masyarakat kami yang menangkap ikan hanya dengan mengguanakan jarring jadi, pantai dan laut tidak terganggu dan tidak tercemar dengan cara masyarakt ini.

Selain dari laut masyarat setempat mendapatkan penghasilan dari pertanian dan perkebunan, di lahan pertanian masyarat sukamulia cukup subur sehingga masyarat bisa bercocok tanam apa saja seperti saat ini masyarakat setempat menanam sayuran di lahan pertanian mereka dan hasilnya cukup memuaskan bagi para petani bisa memenuhi kebutuhan hidupnya setiap hari.  Sedangkan di lahan perkebunan masyarakat sukamulia hanya menanam kelapa, pisang, ubi kayu, jagung dan masih banyak yang bisa ditanam untuk memenuhi kebutuhannya setiap hari.

Keadan masyarat sukamula cukup aman dan tenteram serta penghuninya yang begitu ramah. Keunukan di dusun sukamulia ini siapapun yang datang kesini pasti tidak bosan dan seakan-akan tidak mau meninggalkan kampung kami ini….hem promosi sekejik,..hehe. keramahan para masyarak inilah yang membuat para pendatang tidak bosan. [] - 05

_By. Saprin ASA/Tingkat Umum_

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru