Tiu Pupus Diyakini Sembuhkan Penyakit

Lombok selain terkenal dengan obyek wisata pantainya yang indah dan mempesona, juga memiliki obyek wisata alam pegunungan yang syarat akan potensi wisata air yang menggoda dan mengagumkan. Salah satunya adalah air terjun Tiu Pupus yang terletak di Dusun Kerurak, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Air terjun yang sudah lama dikenal tidak hanya oleh masyarakat local, namun juga pada musim-musim high season atau liburan tak sedikit wisatawan asing yang datang berkunjung ke lokasi air terjun ini, karena penasaran akan keindahan dan ketinggiannya yang mencapai 44 meter. Panorama alam di Air Terjun Tiu Pupus ini masih sangat alami. Tidak ada campur tangan manusia dalam pengelolaan air terjun ini. Namun sangat dihimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Air terjun Tiu Pupus sendiri diartikan sebagai air terjun genangan akar. Tiu sendiri artinya genangan dan pupus sendiri artinya akar. Jika diterjemahkan lebih jauh artinya air terjun ini terjadi akibat munculnya air yang berasal dari akar-akar pohon yang merambat di pegunungan yang ada di sekitarnya dan jatuh dari atas ketinggian 44 meter tadi dan membentuk genangan air di bawahnya.

Keistimewaan dari air terjun ini, menunjukkan air yang jatuh dari ketinggiannya itu cukup keras hingga ke bawah dan sepanjang proses terjunnya air terbentuk uap air yang bisa membasahi pepohonan yang ada di sekitarnya maupun tebing-tebing bebatuan yang keras yang ada di sekitarnya.

Dalam setiap minggunya, wisatawan yang datang berkunjung ke air terjun ini hingga 6 orang. Pengunjung biasanya langsung mandi di genangan air terjun ini, karena tidak terlalu dalam dan tak berbahaya dan dasar muaranya berpasir. Mandi di air terjun ini, apalagi airnya langsung ke sekujur tubuh diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan orang yang stress atau hilang ingatan bisa sembuh setelah mandi di air ini.

Jalan menuju ke lokasi air terjun ini dimulai dari pintu gerbang tanda masuk ke air terjun Tiu Pupus yang bertuliskan “Selamat datang Di Air Terjun Tiu Pupus”. Jarak dari pintu gerbang yang berada di desa Gondang ini hingga ke air terjun sepanjang 4,5 km. Sepanjang jalan ke lokasi ini aksesnya cukup bagus, karena sebagian besar sudah beraspal  kasar. Jalannya melalui jalan pedesaan, namun cukup nyaman untuk dilewati karena udaranya cukup sejuk.

Jalan  ke air terjun meski berkelok mengikuti jalan setapak melewati Bendungan Sengkukun yang dibangun sejak 12 Mei 2004 dan yang bisa mengairi sawah pertanian seluas 500 ha. Meski begitu tidak membuat para pengunjung menyurutkan keingintahuannya tentang air terjun yang satu ini.

Nasihun petugas pembantu dari Dinas Perhubungan Pariwisata Informasi dan Komunikasi Lombok Utara  di obyek wisata Tiu Pupus ini menjelaskan, sementara pasilitas yang tersedia di lokasi ini seperti berugak, kamar mandi, musholla, kamar ganti, WC, gazebo dan kamar ganti. Para pedagang dilarang berjualan di sini, karena akan memperbanyak sampah dan dikahawatirkan akan menjadi sorotan pengunjung terlebih wisatawan mancanegara.

“Jadi semua itu dilakukan agar areal air terjun tetap bersih. Karena disitulah nilai jualnya,” kata Nasuhin.

Dalampengembangannya ke depan menurut Nasuhin, akan dibuka jalan masuk sebagai jalan utama yang bisa mempermudah wisatawan rekreasi ke air terjun ini. Hal ini mengingat pada hari-hari besar atau hari liburan, petugas sampai kwalahan menerima pengunjung.Untuk menuju ke obyek wisata ini, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Kota Mataram melalui kawasan obyek wisata Pusuk Pas (Wardi) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru