logoblog

Cari

Pesona Tanjung Langgudu

Pesona Tanjung Langgudu

Dari pantai Toro Maci Jampa, terlihat gugusan tanjung yang dikenal dengan Tanjung Langgudu yang berada di ujung timur teluk Waworada.Tanjung Langgudu

Wisata Alam

alan malingi
Oleh alan malingi
17 September, 2019 08:30:35
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 1343 Kali

Dari pantai Toro Maci Jampa, terlihat gugusan tanjung yang dikenal dengan Tanjung Langgudu yang berada di ujung timur teluk Waworada.Tanjung Langgudu merupakan pintu masuk para pelaut menuju teluk Waworada. Pada masa lalu, masyarakat Langgudu terutama muda mudi sering melaksanakan tradisi Olo atau berbalas pantun pada setiap bulan purnama terutama pasca panen. Mereka duduk di atas tanjung dan bersenandung dengan memukul Kentungan dari bambu. Itu lah yang dikenal dengan Olo.

Biasanya setelah olo, mereka kembali ke kampung dan melaporkan kepada orang tuanya bahwa mereka telah menemukan jodoh. Senandung olo adalah senandung pencari jodoh. Olo adalah tradisi lisan yang kini mulai pudar, meskipun saya dan tim kantor bahasa NTB dan Badan Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa telah melakukan pendokumentasian senandung Olo.

Tradisi olo pernah dilarang oleh Bupati Bima H.Oemar Harun, Bsc karena pada tahun 1985 terjadi kecelakaan laut yang mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia. Sejak itu sudah jarang dilakukan olo di Tanjung Langgudu, namun tetap dilaksanakan oleh warga Rupe dan Karampi pada acara acara dan hajaran warga. Olo secara harfiah berarti melepaskan. Dalam konteks ini berarti melepaskan masa lajang menuju mahligai pernikahan.

Salan Budaya

Salan Literasi

 

Baca Juga :


Alan Malingi

foto : indikator bima



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan