logoblog

Cari

Sensasi Petualangan Ke Toro Maci Jampa

Sensasi Petualangan Ke Toro Maci Jampa

Weekand 14-15 September 2019 saya dan komunitas Makembo, Mbojo Itu Boekoe, Kambuti, Siswa SMUN 2 Langgudu, Komunitas Pendaki Gunung Rrgional Bima

Wisata Alam

alan malingi
Oleh alan malingi
16 September, 2019 08:48:13
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 1938 Kali

Weekand 14-15 September 2019 saya dan komunitas Makembo, Mbojo Itu Boekoe, Kambuti, Siswa SMUN 2 Langgudu, Komunitas Pendaki Gunung Rrgional Bima dan Pokdarwis Toro Maci Jampa, melakukan open trip menuju Toro Maci Jampa. Perjalanan dimulai dari Kota Bima menuju Tente untuk menjemput komunitas lainnya. Pukul 08.00 kami star dari kota Bima dan tiba desa Waworada pukul 10.00 wita. Kami beristirahat sejenak di depan terminal Waworada sambil menikmati ubi goreng dan teh hangat.

Pukiul 11.00 kami tiba di SDN Inpres Kangga dan langsung menggelar kegiatan literasi dengan membagi empat kelas yaitu kelas membaca, kelas menulis, kelas bercerita dan matematika. Kegiatan literasi berakhir pukul 13.00 Wita. Setelah pengecekkan seluruh logistik kami mulai menyusuri keindahan teluk Waworada dari ujung desa Kangga ke arah timur menggunakan sepeda motor. Sensasi perjalanan pun dimulai. Kami menyusuri pinggir pantai dengan hamparan pasir putih dan laut biru sepanjang mata memandang.

Kami harus ekstra hati hati karena melewati pasir, jalan berbatuan naik turun gunung dam debu. Perjalanan menuju Toro Jampa ditempuh sekitar satu jam dengan medan yang ekstrim. Beberapa motor peserta mengalami slep ban dan kami terpaksa harus turun dari motor jika menemui tanjakan dan turunan terjal.

Pukul 14.00 Wita kami tiba di Toro Maci Jampa. Kami langsung membagi tugas masak memasak dan bangun tenda serta menyiapkan lokasi untuk diskusi budaya dan literasi. Di bawah sinar purnama kami berkumpul di hamparan pasir putih Toro Maci Jampa untuk berdiskusi tentang literasi dan budaya.

Minggu pagi kami melakukan eksplore Toro Maci Jampa. Toro atau tanjung ini berada di pesisir timur teluk Waworada. Sebenarnya di lokasi ini ada dua Toro yaitu Toro Maci dan Toro Jampa. Toro Maci berada di sebelah barat gunung lampu dimana terdapat lampu mercusuar. Sedangkan Toro Jampa berada di sebelah timur gunung lampu. Karena lokasi yang berdekatan, maka warga sekitar menyebut dengan Toro Maci Jampa..Toro ini adalah satu kesatuan tanjung dengan pasir putih dan sensasi batu cadanyanya yang indah.

Toro Maci Jampa adalah tanjung sebelah utara teluk Waworada yang menjadi pintu masuk teluk.Sedangkan di sebelah selatan adalah tanjung Langggudu atau oleh warga sekitar juga menyebut dengan Mangga Langgudu atau jangkar Langgudu.

 

Baca Juga :


Toro Maci Jampa, 15 September 2019

Salam - Alan Malingi

 



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan