logoblog

Cari

Pesona Air terjun Asin Tanjung Jagog

Pesona Air terjun Asin Tanjung Jagog

Eksotisme garis pantai di Kute Lombok Tengah, atau di Senggigih Lombok Barat boleh saja dikenal sebagai kawasan wisata pantai yang populer.

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
15 Agustus, 2019 20:26:34
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 1581 Kali

Eksotisme garis pantai di Kute Lombok Tengah, atau di Senggigi Lombok Barat boleh saja dikenal sebagai kawasan wisata pantai yang populer. Namun tidaklah berarti kalau wilayah lain tidak memiliki daya tarik wisata yang sungguh digemari oleh wisatawan. Dusun Pengantap, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat ternyata memiliki pantai yang sanggup mempersembahkan pesona keajaiban di mata pengunjung. Pantai yang dimaksud adalah Pantai Nambung.

Pantai Nambung merupakan kawasan pesisir pantai yang ada pada bagian selatan Pulau Lombok, dan letaknya pun berbatasan dengan Samudera Hindia yang memiliki kekuatan ombak yang besar dan bergulung gulung. Itulah sebabnya beberapa titik di lokasi perbatasan samudera ini lebih banyak diprioritaskan sebagai kawasan surfing atau berselancar, dan tentu kurang cocok untuk berendam atau berenang, serta melakukan kegiatan snorkeling bersama handai taulan atau bersama keluarga. Namun dari segi keindahan laut, kawasan ini mampu mmpersembahkan panorama indah sehingga menjadi inceran bagi pelancong atau wisatawan.

Warga sekitar sering menyebut-nyebut Pantai Nambung sebagai "Tanjung Jagog", mengingat pantai ini berada dikawasan Tanjung Jagog. Namun salah satu keunikan yang mampu mengindahkan suasana pantai di kawasan ini adalah ditemukan gugusan batu karang yang besar bak Green Canyon yang ada di luar negeri.

Selain itu, berkat rahim laut yang ada di sekitar Pantai Nambung lebih banyak dihuni oleh jenis ikan yang berukuran besar dan monster, sehingga lokasi perairan yang berupa teluk di wilayah Lombok Barat ini menjadi kawasan mancing maniak. Namun tidak terlepas pula kalau kawasan perairan ini menjadi tempat bagi nelayan-nelayan untuk mengais rezeki.

Suatu hal yang menjadikan Pantai Nambung ramai dikunjungi oleh parapelancong atau pengunjung adalah ketika permainan ombak besar yang datang menghempaskan diri ke gugusan batu karang yang besar dan tinggi. Hempasan ombak besar tersebut justru terkesan menghasilkan ombak terbang dan menciptakan fenomena alam yang indah. Ombak terbang yang membentur batu karang yang ketinggiannya sekitar 15 meter, yang kemudian membentur aliran air diantara bebatuan karang sehingga terjatuh dan berwujud air terjun. Sensasi ombak terbang yang mampu membentuk air terjun di wilayah Lombok Barat ini, sehingga beberapa tahun belakangan ini menyebabkan orang-orang sekitar atau wisatawan untuk beramai-ramai menyaksikan fenomena alam berupa air terjun di Pantai Nambung.

Warga setempat menyebutnya 'Air Terjun '. Disebut demikian karena ombak besar datang dari lautan luas terbang ke atas dan membentur batu karang dengan keras sehingga ombak bisa muncrat dan berakhir ketika terjatuh ke dinding batu karang besar yang lebar dan layaknya air terjun. Namun karena sumber mata air panorama indah ini berasal dari laut sehingga disebut ‘Air Terjun Asin’. Selain itu, warga sekitar kebanyakan menyebutnya sebagai Air Terjun Tanjung Jagog.

Keindahan Air Terjun Tanjung Jagog ini seringkali menggoda hati para pengunjungnya untuk mengabadikan moment-moment indah itu, namun sebaiknya brhati-hati jika anda akan merendam diri atau berenang sambil berpose di depan camera di bawah aliran air terjun tersebut, mengingat kekuatan air terjun tersebut sangat tinggi sehingga dapat mencelakan diri anda.

Untuk mencari lokasi Pantai Nambung terbilang cukup mudah. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, kitapun dapat menempuh perjalanan sekitar 2 jam setengah menuju ke Pantai Nambung. Lebih tepatnya yaitu beranjak dari Kota Mataram dengan melewati Gerung (Lombok Barat) dan berlanjut ke Lembar Lembar dekat pelabuhan penyeberangan. Pada pertigaan Segenter wilayah Lembar, kita pun akan mengambil jalur belok kiri hingga ke wilayah Sekotong. Sebelum pertigaan jalan, Kantor polisi Sektor Sekotong akan dijumpai ketika tiba di Sekotong Tengah. Selanjutnya, pada pertigaan jalan Sekotong harus mengambil jalur belok kiri, sehingga nanti kita akan bertemu dengan pertigaan Pasar Buwun Mas sejauh 4km ke arah timur. Berjarak sekitar 1km sebelum mencapai Pantai Nambung, panorama pantai yang mempesona di bagian kanan jalan, dan beberapa gili di tengah laut terlhat jelas.

Sunyi dan senyap ketika melewati jalan dari Teluk Sepi hingga ke Pantai Nambung. Namun sesekali kendaraan lain selalu ada yang lewat sehingga kita pun tetap akan merasa tenang. Terlebih ketika kita menyaksikan gugusan bukit di sepanjang jalan, dan juga deretan pohon mangrove yang tampak hijau nan subur sehingga jiwa dan perasaan pun akan senantiasa merasa damai dan nyaman.

Terlepas dari perjalan di wilayah Teluk Sepi, sebuah tikungan yang ditandai oleh gugusan bukit yang menanjak, yang mana sebuah pemberitahuan lewat papan nama jika kita sudah berada di sekitar Pantai Nambung. Pada wilayah ini, warga penduduk siap untuk menjaga motor anda dengan membayar ongkos atau di tempat parker umum yang telah tersedia oleh warga sekitar. Setelah itu, anda menuju ke Tanjung Jagog yang merupakan tempat ditemukannya Pantai Nambung.

Beranjak dari permukiman penduduk yang ada di sekitar Tanjung Jagong, sekitar 500 meter harus ditempuh dengan berjalan kaki. Hamparan pasir putih yang berkilauan serta bebatuan di sekitar pantai menuntun kita untuk menemukan sebuah fenomena alam yang berupa ombak terbang yang membentur pada tebing batu karang sehingga terbentuk panorama indah berupa air terjun yang sumber airnya berasal dari laut.

Hanya saja bahwa ombak terbang yang mampu membentuk air terjun, bukan berarti setiap waktu setiap detik dapat terlihat. Proses untuk terbentuknya air terjun, itu tergantung dari kekuatan atau besarnya ombak yang akan membentur pada tebng batu karang. Dari pemantauan, untuk menyaksikan pesona ombak terbang yang mampu membentuk air terjun asin lebih bagusnya berkunjung ketika kekuatan ombak membesar, yaitu sekitar pukul 10.00 pagi hingga pukul 03.00 sore. Pada interval waktu ini, anda dapat menyaksikan kehebatan permainan ombak yang akan terbang dan membentur batu karang besar yang tinggi dan aliran air sehingga terjatuh ke tebing batu karang bagai salju yang memutih.

 


 

 

Baca Juga :






 



 


 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan