logoblog

Cari

Mimpi Jibes Untuk Pariwisata Jelenga

Mimpi Jibes Untuk Pariwisata Jelenga

    Sumbawa Barat. Diskominfo - Sejak diangkat menjadi Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri Jelenga tiga tahun lalu karena

Wisata Alam

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
28 Juli, 2019 13:33:02
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 527 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo - Sejak diangkat menjadi Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri Jelenga tiga tahun lalu karena kepeduliannya terhadap alam, Jibrata yang akrab dipanggil Jibes merasa bersalah jika potensi besar yang dimilki oleh Pantai Jelenga Kecamatan Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat  tidak ditata dan dijadikan destinasi pariwisata.

Dari Kepeduliannya tersebut Jibes mencari cara bagaimana cara mengembangkan potensi menjadi pariwisata berkelanjutan dan dikenal dunia. Jibes mengungkapkan bahwa Ia bersama anggota Pokdarwis memulai langkah awal untuk mengadakan observasi lokasi pantai, dari observasi tersebut diadakanlah riset kecil-kecilan.

“Kami mengadakan riset dan hasilnya yaitu bagaimana cara merubah potensi yang ada menjadi sebuah destinasi luar biasa,” kata Jibes saat diwawancarai di Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, provinsi Nusa Tenggara Barat, Sabtu (27/7/2019).

Bukan saja menata pantai, niat Jibes dari riset tersebut adalah bagaimana masyarakat Jelenga secara keseluruhan menjadi pelaku pariwisata sehingga efeknya akan bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri.

Jibes menceritakan usahanya untuk meminta dukungan dari pemerintah daerah dan salah satu perusahaan tambang PT Aman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), walaupun menunggu lama namun  akhirnya Ia mendapat dukungan. “Alhamdulillah setelah lama menunggu dukungan itu datang juga, saya disuport oleh Pemda dan PT AMNT dalam menata pantai ini, mereka juga memberikan pendampingan kepada saya,” kata Jibes.

Destinasi Alam Asri Jelenga adalah salah satu potensi terbaik yang ada di KSB, tambah Jibes, sungguh disayangkan jika potensi ini dibiarkan begitu saja. Oleh karena perjuangan dan kerja kerasnya menata dan merubah pantai menjadi destinasi yang dikunjungi wisatwan dunia kini Destinasi ini telah lolos ke dalam 37 besar destinasi dari 300 Destinasi berkelanjutan se-Indonesia pada ajang Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA)  tahun 2019.

Apresiasi dari pemerintah daerah, PT AMNT dan beberapa pihak atas perjuangan Jibes dan kawan-kawan. Tetapi menurut Jibes ini baru pencapaian awal yang masih butuh proses karena Jelenga masih minim akan Fasilitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Sumbawanto beberapa waktu lalu mengatakan bahwa Destinasi di Jelenga harus diperhatikan karena memiliki potensi yang cukup bagus untuk central pariwisata di KSB.

 

Baca Juga :


“Kami akan terus mendukung untuk memenuhi fasilitas pantai sehingga pengunjung yang datang akan betah. Kami juga akan terus mempromosikan Jelenga ini di tingkat Nasional,” kata Sumbawanto.

Dukungan juga datang dari pihak PT AMNT, Senior Manager Sosial Responsibility PT AMNT, Syarafuddin Djarot mengatakan siap mendukung mengembangkan pariwisata Jelenga. “Kami akan terus mendampingi dan mendukung pengembangan Jelenga, kami telah melakukan rapat terbatas dengan Pemda dan hasilnya kami akan melengkapi fasilitas dasar sehingga kebutuhan wisatawan akan terpenuhi,” kata Syarafuddin Djarot.

Kini Destinasi Alam Asri Jelenga telah masuk mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama Destinasi Sesaot Lombok Barat pada ajang ISTA, Ini adalah kali pertama NTB masuk dalam ajang yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan bekerjasama dengan Universitas Indonesia tersebut.

Tetapi mimpi Jibes menjadikan Jelenga sebagai central Pariwisata KSB bukan hanya isapan Jempol belaka, Ia mengatakan akan bersungguh-sungguh menata dan membuat jelenga ini menjadi destinasi terkenal yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Saya tidak berharap destinasi ini bakal jadi seperti Bali atau Lombok tetapi harapan kecil saya Jelenga akan dikenal sampai mancanegara,” katanya. Feryal.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan