logoblog

Cari

Mimpi Jibes. Jelenga Masa Depan Pariwisata Berkelanjutan

Mimpi Jibes. Jelenga Masa Depan Pariwisata Berkelanjutan

  Sumbawa Barat. Diskominfo - Masuknya destinasi Alam Asri Pantai Jelenga di ajang Indonesia Sustainable Tourism Awards adalah pencapaian luar biasa

Wisata Alam

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
26 Juli, 2019 11:42:42
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 1207 Kali

 

Sumbawa Barat. Diskominfo - Masuknya destinasi Alam Asri Pantai Jelenga di ajang Indonesia Sustainable Tourism Awards adalah pencapaian luar biasa yang tidak diduga oleh berbagai pihak. Sejak dua tahun ISTA dilaksanakan, baru kali ini Nusa Tenggara Barat masuk pada ajang pariwisata berkelanjutan tersebut.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu tim Visitasi ISTA dari Universitas Indonesia, Prof. Jatna Supriatna pada saat berkunjung dan melakukan penilaian destinasi Alam Asri Pantai Jelenga, Kamis (25/7/2019). “Ini sangat luar biasa, Sumbawa Barat berhasil masuk ke 37 peserta diantara 300 Destinasi di Indonesia,” kata Jatna.

 

Jatna menilai bahwa pulau Sumbawa berpotensi besar meraih juara tahun ini, karena memiliki destinasi alam luar biasa dan dapat dikembangkan untuk pariwisata yang berkelanjutan.

 

Demikian halnya dengan Jibrata yang mengelola potensi alam Jelenga sejak dua tahun lalu, mengaku kaget ketika mengetahui Jelenga masuk di 37 besar destinasi berkelanjutan.

 

Jibrata yang akrab dipanggil Jibes menceritakan awal Ia mendaftarkan Destinasi Jelenga ke ISTA adalah hanya mencoba-coba dan akhirnya lolos.

 

“Jujur saya tidak menyangka pencapaian ini, dan saya bersyukur potensi ini dapat terekspose ke tingkat nasional,” katanya.

 

 

Baca Juga :


Usaha dan perjuangan Jibes bersama kawan-kawannya tak sia-sia. Sejak awal merintis, Ia melakukan observasi pantai Jelenga yang dilihatnya memiliki potensi besar untuk pariwisata. Sebagai seseorang yang menjiwai di bidang pariwisata, Ia lantas mencari cara untuk mengembangkan potensi yang begitu besar di pantai tersebut, sampai akhirnya Ia mendapat support dari Pemerintah Daerah dan PT Aman Mineral Nusa Tenggara.

 

Setelah mendapat dukungan dan bimbingan dari PT AMNT dan Pemda melalui Dinas Pariwisata akhirnya Jibes memulai menata pantai seindah mungkin agar para wisatawan tertarik dan betah berlama-lama di Jelenga.

 

Tidak sampai disitu, secara kelembagaan dalam mengelola pantai, Jibes melibatkan masyarakat desa setempat. Sasaran ke depannya bukan hanya pengembangan pantai tetapi bagaimana potensi ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat disekitarnya.

 

“Saya melihat potensi ini dan ingin semua warga disini menjadi pelaku pariwisata sehingga manfaat yang didapat akan sangat besar bagi masyarakat itu sendiri,” kata Jibes.

 

Jibes berharap, dengan masuknya Destinasi Alam Asri Jelenga di ajang ISTA 2019 akan mendorong pemerintah untuk terus mengembangkan destinasi tersebut sehingga menjadi central destinasi di KSB.

 

“mimpi saya adalah menjadikan pantai ini sebuah pariwisata yang berkelanjutan, masyarakatnya semua terlibat seperti destinasi di Bali dan Lombok yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat,” Tutup Jibes. (feryal/tifa)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan