logoblog

Cari

Kembang Kuning Banyak Dilirik Wisatawan Asing

Kembang Kuning Banyak Dilirik Wisatawan Asing

Siapa sangka, nun jauh di pedalaman Lombok Timur terdapat sebuah Desa yang namanya terkenal hingga ke mancanegara. Kembang Kuning. Sebuah Desa

Wisata Alam

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
24 Juli, 2019 13:50:52
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 2958 Kali

Siapa sangka, nun jauh di pedalaman Lombok Timur terdapat sebuah Desa yang namanya terkenal hingga ke mancanegara. Kembang Kuning. Sebuah Desa di Kecamatan Sikur Lombok Timur menjadi salah satu dari 99 Desa Wisata di NTB yang belakangan banyak dilirik wisatawan asing.

Ketika datang ke Desa Kembang Kuning pengunjung tak jarang berpapasan dengan turis mancanegara. Dimana biasanya turis mancanegara hanya banyak terlihat di Kawasan Senggigi atau KEK Mandalika saja. Tak heran jika di tahun 2017 lalu, Desa Kembang Kuning menjadi Desa Wisata Terbaik menurut Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia. 

"Banyak wisatawan asing datang ke sini, mereka senang sekali merasakan tinggal di Desa jalan-jalan di sawah, mengunjungi air terjun, dan mencoba berbagai hal yang dilakukan penduduk Asli di sini," tutur Ogel, salah seorang guide Lokal Asli Kembang Kuning, (23/7).

Desa Kembang Kuning sendiri tak hanya menawarkan panorama sawah yang menawan di bawah perbukitan Gunung Rinjani, namun juga menawarkan beraneka aktifitas sehari-hari warganya seperti proses pembuatan kopi secara tradisional atau coffee process, pembuatan minyak kelapa atau  oil process. Wisatawan kemudian lebih didekatkan lagi dengan masyarakat sekitar dengan dibuat sebuah produk wisata  Tiga Hari Menjadi Orang Sasak.

Wisatawan juga dimanjakan dengan beraneka destinasi air terjun yang letaknya tak jauh dari Desa Kembang Kuning, seperti Air terjun Ulem – ulem, Air terjun Burung Walet, Air Terjun Kokok Duren, Air Terjun Seme Deye dan Air terjun Jeruk Manis.

 

Baca Juga :


"Kami senang berwisata ke sini karena alamnya cantik luar biasa. Selain itu kami sangat senang bisa merasakan hidup menjadi orang Desa di Lombok Indonesia ini," tutur Helena salah seorang turis asal Jerman yang datang berlibur di Desa Kembang Kuning. 

Hingga saat ini, Desa Kembang Kuning terus berupaya berbenah menjadi lebih baik lagi. Jika di tahun 2017 jumlah homestay hanya sebanyak enam unit saja, kini di tahun 2019 jumlah homestay yang ada sebanyak kurang lebih 20 unit. Dimana, masyarakat yang menjadi investor dengan membangun sendiri rumah-rumahnya untuk dijadikan tempat menginap para wisatawan.

Beraneka lesehan dan tempat makan pun telah dibangun oleh masyarakat sekitar. Dengan dipandu oleh guide Lokal, Wisatawan semakin dimanjakan dengan kearifan Lokal yang tidak bisa didapatkan saat berkunjung ke destinasi wisata meanstream lainnya. (novita - Tim media) 



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan