logoblog

Cari

Jelenga Wakili NTB Masuk Nominasi ISTA

Jelenga Wakili NTB Masuk Nominasi ISTA

Sumbawa Barat. Diskominfo - Keberhasilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri Jelenga Kecamatan Jereweh masuk dalam 37 nominasi Indonesia Sustainable Tourism

Wisata Alam

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
19 Juli, 2019 19:52:02
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 1462 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo - Keberhasilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri Jelenga Kecamatan Jereweh masuk dalam 37 nominasi Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) tahun 2019 adalah salah satu hal yang luar biasa dan membanggakan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Dari banyaknya objek wisata di Nusa Tenggara Barat hanya dua yang masuk nominasi ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata tersebut yaitu objek wisata Sesaot Lombok Barat dan Pantai Jelenga KSB.

 

Ketua Pokdarwis Alam Asri, Jibrata mengungkapkan, untuk masuk dalam nominasi tersebut Ia harus menjawab 115 pertanyaan yang diisi dalam sebuah form penilaian. Penilaian mengarah kepada konsep pariwisata berkelanjutan yaitu bagaimana pariwisata tersebut dapat memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat sekitar. 

 

“Awalnya saya main-main mendaftar dan Alhamdulillah masuk nominasi, konsepnya saya cari dan saya isi aja seadanya sesuai dengan apa yang telah saya lakukan, selain konsep, juga harus melibatkan empat unsur dalam mengelola pariwisata, yaitu Pokdarwis, perusahaan, pemda dan Desa,” kata Jibrata saat diwawancarai di pantai Jelenga Kecamatan Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat, Jumat (19/7/2019).

 

Keindahan yang begitu memukau dan potensi  wisata yang dimiliki pantai Jelenga ini bisa dinikmati dengan berkeliling di hutan bakau yang ada di sebelah selatan pantai, berselancar dengan ombak yang mencapai 5 meter, snorkeling, diving, superfishing dan baru-baru ini pemerintah memberikan bantuan berupa banana boat yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

 

Dari potensinya yang ada sangat disayangkan jika pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata hanya memberikan sedikit perhatian, karena pantai Jelenga adalah salah satu tujuan utama para peselancar dunia. 

 

”Merubah pantai ini menjadi tujuan pariwasata sebenarnya lebih kepada penjiwaan dan saya menjiwai ini. Kasian kalau potensi ini kita biarkan begitu saja makanya saya bergerak untuk melakukan sesuatu. Akhirnya saya lakukan observasi dan riset,” ungkap Jibrata.


Observasi dan riset yang telah dilakukannya sejak awal akan menentukan rencananya untuk merubah pantai Jelenga menjadi terkenal yang pada akhirnya akan berefek positif bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Jibrata yang akrab dipanggil Jibes ini juga mengucapkan terimakasih kepada Pemda KSB, PT Aman Mineral Nusa Tenggara, pihak Desa dan masyarakat Jelenga yang telah mensuport Pokdarwis sejak awal. 

 

Baca Juga :


 

Jibes berharap kepada Pemda agar lebih membuka mata untuk mengembangkan pariwisata di Jelenga karena jika dikelola dengan baik maka potensinya akan benar-benar berdampak positif bagi masyarakat KSB dan Jelenga.

 

“Wisatawan dunia sudah berkunjung ke sini, Cuma karena fasilitasnya belum lengkap dan signal juga tidak sampai di pantai maka para pengunjung tidak betah. Para pengunjung lebih memilih pantai Sekongkang sebagai tujuan,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Sumbawanto, beberapa waktu lalu mengatakan, pemerintah daerah akan terus mensuport Pokdarwis Alam Asri agar pariwisata Jelenga yang masuk nominasi ISTA tersebut berkembang dan dapat memberikan manfaat baik bagi masyarakat Jelengah dan KSB pada umumnya.

 

“Kami terus support ini, kami akan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat sadar bahwa menjaga kebersihan dan keamanan pantai sangat berpengaruh bagi minat pengunjung,” kata Sumbawanto.

 

Fasilitas-fasilitas pendukung yang telah dibangun akan ditambah lagi untuk menunjang kegiatan pariwisata sehingga para pengunjung betah berada di Jelenga. Direncanakan juga, sebelum penilaian ISTA pada tanggal 25 Juli 2019 mendatang, pantai Jelenga harus sudah bersih, indah dan nyaman untuk dikunjungi. (Feryal/tifa).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan