logoblog

Cari

Keunggulan Wisata Bukit Tanaq Abang

Keunggulan Wisata Bukit Tanaq Abang

KM. Sajang Bawak Nao_11 Juni 2019, Desa Sajang merupakan Salah satu desa yang ada di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur

Wisata Alam

KM. Sajang Bawak Nao
Oleh KM. Sajang Bawak Nao
11 Juni, 2019 22:23:03
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 7616 Kali


KM. Sajang Bawak Nao_11 Juni 2019, Desa Sajang merupakan Salah satu desa yang ada di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur NTB yang sangat jarang di exspos di media sosial tentang keindahan dan kelebihannya.
Kini para pegiat wisata telah membuka salah satu destinasi Wisata Aalam yang baru di kawasan Desa Sajang, dimana kawasan wisata alam yang dibuka merupakan wisata perbukitan dengan ketinggian 1.600MDPL.
Kawasan bukit Desa Sajang ini diberi nama “Bukut Tanaq Abang”, Bukit Tanak Abang merupakan salahsatu Wisata yang indah tersembunyi di kawasan Kesamatan Sembalun Kebupaten Lombok Timur.
Wisata Bukit Tanaq Abang yang dibuka Baru-baru ini memiliki jarak tempuh 5km dengan waktu tempuh 3,5 sampai 4 jam jika melakukan perjalanan normal dari jalan raya atau tempat anda parkir kendaraan dan sudah ditambah dengan waktu istirahat dan makan.
Dalam perjalanan menuju bukit Tanaq  Abang, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih Asri dan belum begitu banyak tersentuh oleh tangan manusia dimana diperjalanan ini anda disuguhkan dengan berbagai keindahan diantaranya:
1. Kali Mati
Kali mati ini merupakan kali yang di lewati air hanya musim hujan, kali ini juga disebut dengan kali aliran lava dengan tekstur batu lava yangterukir dan tersusun rapi oleh alam. 
Di kali mati ini anda bisa menemukan beberapa kolam batu yang berisi air yang tak mengalir yang cukup bagus bisa dijadikan sua foto dimana disana anda akan menemukan kolam Tibu Bunter, Tibu Lisung dan Tibu Tola, dimana tibu tibu ini pada masanya dulu sering dijadikan tempat untuk mengambil air oleh penduduk setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari


2. Huta belantara 
Hutan yang anda lewati dengan kepanjangan 1,5 km ini akan memanjakan mata anda dengan keindahan-keindahan yang dimilikinya anda bisa menikmati suara kicauan burung yang mungkin jarang terdengar ditelinga anda.
Pada perjalanan melewati hutan anda tidak merasakan panasnya matahari jadi sedikit membantu untuk tidak terlalu menguras tenaga karena terik matahari.


3. Savana bukit setelah anda keluar dari dalam hutan yang cukup panjang tersebut anda disambut dengan padang savana yang juga tak kalah cantik dari savana-savana yang lain disela savana anda akan dimanjakan oleh beberapa bunga yang cantik salah satunya seperti Bunga Anggrek tanah dan Bunga Adelways. Eat tapi jangan dipetik karena

akan merusak alam.
Tunggu dulu di savana tersebut anda belum sampai anda akan melewati  Savana yang sepanjang 1,5km juga, dalam perjalanan ini anda akan di berikan pemandangan Tekstur tanah Merah yang disebut oleh masyarakat setempat dengan sebutan Tanaq Abang.


4. Begroud sawah 
Di belakang anda ada pemandangan pematang sawah Jorong Bangket yang memberikan sensasi tersendiri bagi anda para pencinta alam.
Setelah anda sampai di area Camping, disinilah anda akan diberikan dan disuguhkan keindahan Bukit Tanaq Abang yang sesungguhnya dimana panorama alam yang tak kalah indah dengan bukit-bukit yang lain di Pulau Lombok.
Bukit Tanak abang memiliki panorama yang sangat indah seperti : 

 

Baca Juga :



a.  Sunset 
Keindahan matahari tenggelam ini memiliki keindahan dengan nilai 75-80 karena kita melihat keindahan dari atas bukit, melihat matahari tenggelam dari kejauhan tanpa dihalangi oleh apapun, warna matahari yang oren yang menghiasi upuk barat memiliki keindahan alam tersendiri yang tak terbilang


b.  Sunrise
Memiliki nilai keindahan 45-50 terbit matahari dipagi hari di bukit Tanaq Abang ini jukga lumayan bagus meski terhalang beberapa bukit dan pepohonan di sebelah timur, tapi itu tak menghalangi keindahan alam yang luar biasa pohon yang sebagai penghalang tersebut juga memiliki sessasi tesendiri jika dinikmati dengan seksama.


c.  Pemandangan Rinjani
Dari bukit Tanaq Abang anda bisa memandang rinjani yang memeliki ketinggian 3.726mdpl yang menjulang tinggi dan didampingi oleh bukit sangkariang dua gunung yang takkan terpisahkan. 
Lereng rinjani yang sangat inidah ini memberikan sensasi sangat indah sebagai begraound foto anda .
d.  Gunung agung
Dari puncak atau dari camping area anda bisa melihat keindahan gunung agung yang didampingi gunung bgatur yang menjulang tinggi dan memanjakan mata anda.
Tak bisa berkata banyak selain mengucap kata-kata syukur kepada kekuasaan allah yang telah memberikan alam yang sangat indah dan bisa kita jadikan sebagai tempat membuktikan kebesara dan kekuasaan allah.

Nah bagi anda yang penasaran anda busa melewati beberapa jalur yang sudah direkomendasikan oleh para pengurus dan penanggung jawab lokasi tersebut diantaranya 
* Jalur kampung karya 
* Jalur kubur nunggal dan 
* Jalur bawak nao daya
Masing masing jalur ini memiliki sensasi yang berbeda dan lokasi jalur ini masih berada di kawasan desa Sajang. 
By. Hajarul Azmi



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan