logoblog

Cari

Menikmati Indahnya Sunrise Pantai Aik Manis

Menikmati Indahnya Sunrise Pantai Aik Manis

KM. Sukamulia - Sudah lama saya lalu lalang di sekitaran  pantai ini, namun baru kali ini saya menikmati indahnya suasana sunrise-nya.

Wisata Alam

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
24 Mei, 2019 02:53:13
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 5406 Kali

KM. Sukamulia - Sudah lama saya lalu lalang di sekitaran  pantai ini, namun baru kali ini saya menikmati indahnya suasana sunrise-nya. Saya tidak menyangka kalo ternyata di Pantai Aik Manis ini kita dapat menyaksikan keindahan dan salah satu keagungan Yang Maha Kuasa di pagi hari, yakni indahnya pesona alam dikala matahari terbut (sunrise).

Pantai Aik Manis adalah salah satu pantai berpasir hitam dan lembut yang berada di wilayah Desa Gunung Malang Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timir. Dari tepi pantai ini kita dapat menyaksikan indahnya sunrise yang seolah muncul berlahan dari lautan.


Pantai Aik Manis tidak jauh dari jalan raya dan letaknya berada di wilayah perkampungan warga, jadi anda tidak perlu susah untuk menemukannya. Cukum masuk gang/jalan rabat sepanjang 150 m, anda bisa langsung sampai di tepi pantai dan dapat menikmati destinasinya. Tidak lengkap rasanya, jika anda hanya mendengar atau membaca cerita mengenai keindahannya, untuk itu segeralah berkunjung ke tempat ini.

Sunrise yang indah adalah salah satu hal yang sangat dirindukan oleh para adventur. Para pemburu dan penikmat sunres selalu mencari tempat dimana ia dapat menyaksikan indahnya matahari terbit (sunrise). Suatu kebanggan dan kepuasan tersendiri jika mereka mendapatkan tempat yang disana mereka dapat menikmati indahnya suasana pagi dikala matahari muncul seperti bola api yang berbinar-binar dengan cahaya keemasan.

Saya adalah salah seorang pemburu sunrise yang selalu penasaran akan keindahan suasana sunrise di suatu tempat. Hari ini (Senin, 20 Mei 2019), saya menemukan tempat baru untuk menikmati indahnya rupa matahari terbit. 

Sudah lama saya lalu lalang di sekitaran pantai ini dan bahkan saya sering berkunjung ke sini untuk kepentingan pendataan jumlah pengunjung East Lombok Dive Hotel dan terkadang saya ke tempat ini untuk menikmati indahnya suasana sore sambil menyaksikan aktifitas warga sekitar yang melakukan kegiatan madak (berburu ikan dan keranng dikala air laut surut), namun hanya kali ini saya menikmati indahnya suasana sunrise-nya.

Senin pagi (20/05/2019, usai shalat subuh saya berangkat dari Pohgading Timur menuju Kokok Putik (tempat saya mengajar). Ketika melintas di sekitaran Wisata Pohon Purba, saya melihat pinggir laut yang mulai dihiasi oleh cahaya keemasan. Laju motor saya percepat, sambil terus menoleh ke arah timur. Sekitar 5 menit kemudiab, sayapun memasuki wilayah Desa Gunung Malang yang disaat itu surya terlihat mulai mengintip di upuk timur.

Saya terkesima melihat sinar keemasan itu. Penuh penasaran, saya belokkan motor ke arah kanan dan memasuki gapura gang yang disebelah selatannya terdapat papan nama East Lombok Dive Hotel. Sekitar 1 menit melalui jalan rabat beton yang panjangnya sekitar 150 m ke arah timur dari jalan raya, saya sampai di pinggir pantai.

Sesampai di pinggir pantai, saya melihat bola api muncul dari permukaan laut. Motor saya parkir dan saya langsung menuju tepi pantai. Sungguh indah suasana pagi hari di tempat ini. Saya duduk di pinggir pantai, tepatnya di sebelah selatan bangunan East Lombok Dive Hotel. 

 

Baca Juga :


Dari tempat itu, saya terus menatap matahari yang bulat seperti bola dengan cahayanya yang merah keemasan. Perlahan-lahan, bola api itu meninggalkan permukaan laut dan warna kemerahannya berangsur menjadi kuning keemasan. Sinarnya-pun mulai menerpa hamparan pasir hitam yang terhampar di sepanjang pantai.

Seiring meningginya sang bola api, kicaun burung terdengar menyambut sinar mentari pagi, sepoi angin pantai meniup daun kelapa yang tumbuh berbaris di pinggir pantai, laun nan tenang mulai membiru diterpa sinar pagi, beberapa unit perahu nelayan terlihat melabuh di pinggir pantai dan ada juga yang diparkir di atas pasir, sungguh indah suasana sunrise di Pantai Aik Manis ini. Rasanya ingin berlama-lama menikmati pagi di tempat ini, namun saya harus melanjutkan perjalanan ke tempat mengajar.

Melihat suasana itu, saya menemukan alasan mengapa Jiremy (Ouner East Lombok Dive Hotel On Beach) memilih mendirikan Hotel di tepi pantai ini, alasannya adalah karena suasana pantai ini begitu indah, tenang dan nyaman.

Terkait dengan pengalaman saya pagi ini, rasanya sangat tidak elok jika pengalaman indah ini tidak saya bagi kepada para Pencinta Kampung Media dan Para Pencinta Wisata Nusantara, sebab itulah tulisan ini saya buat sesuai dengan apa yang saya lihat dan rasa dengan harapan semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Belum begitu banyak orang yang mengetahui keberadaan destinasi wisata Pantai Aik Manis sebab itulah sampai saat ini, pantai tersebut jarang dikunjungi publik, hanya tamu-tamu East Lombok Dive Hotel yang menikmati destinasinya dan umumnya mereka adalah tamu manca negara. Rasanya sangat disayangkan jika anda tidak menikmati destinasi wisata yang satu ini, terutama suasana sunrise-nya.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan