logoblog

Cari

Panorama Terasiring Bebidas

Panorama Terasiring Bebidas

Berada di daerah pebukitan dan terpencil, sebuah desa yang kini menjadi desa wisata baru.Daya tarik wisata yang dimiliki oleh desa yang

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
15 Mei, 2019 16:55:24
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 663 Kali

Berada di daerah pebukitan dan terpencil, sebuah desa yang kini menjadi desa wisata baru.Daya tarik wisata yang dimiliki oleh desa yang satu ini adalah panorama indah dengan menawarkan hamparan persawahan yang luas dan bertingkat-tingkat atau berbentuk terasiring. Desa ini bernama Desa Bebidas, yang mana lokasinya berada di lereng pegunungan rinjani. Lebih tepatnya, Desa Bebidas teletak di Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara barat.

Desa Bebidas berdekatan dengan kawasan wisata Sembalun Lombok Timur, atau lokasi pendakian Gunung Rinjani. Jarak tempuh desa ini dengan Sembalun yaitu sekitar 17 menit. Namun bila beranjak dari Bandara Internasional Lombok (BIL) yaitu sekitar 2 jam setengah. Demikian juga bila kita beranjak dari Kota Mataram, kita pun dapat menggunakan waktu sekitar 3 jam.

Secara topografis, Desa Bebidas berada pada ketinggian 800m dari permukan laut. Kondisi alam yang berbukit-bukit menyebabkan penduduk sekitar mengolah lingkungannnya dengan sedemikian rupa. Termasuk sebagian hamparan persawahan yang berada pada lokasi pebukitan sehingga dibuat menjadi petakan-petakan sawah yang bertingkat-tingkat atau terasiring. Model persawahan yang bertingkat-tingkat ini tampak indah dan memukau, dan menjadi obyek wisata hijau di Lombok Timur.  

Terkait dengan kondisi alamnya, mayoritas penduduk yang ada di Desa Bebidas adalah bekerja sebagai petani. Sistem pengairan yang ada di desa wisata ini tergolong lancar, mengingat kawasan ini berada pada lereng pegunungan rinjani, yang mana mengandalkan sumber mata air yang mengalir dari pegunungan rinjani. Dampaknya, penduduk yang ada di wilyah ini tidak kesulitan untuk mencari air, termasuk dalam bercocok tanam di sawah, mereka dapat mengatur pola penanaman tanaman di sawah sesuai dengan kesepakatan mereka atau warga yang ada di di desa wisata baru ini.

 

Baca Juga :


Terlepas dari hal di atas, panorama alam desa yanng terletak di lereng pegunungan rinjani ini dapat diexplore dalam satu hari tour. Berwisata sepeda pada kawasan desa wisata yang kondisi alamnya berbukit-bukit ini  sangat tepat sekali. Tidak mengherankan jika pada akhir pekan kita selalu berpapasan atau bertemu dengan sejumlah olahragawan sepeda di sepanjang jalan Desa Bebidas.

Dalam pengembangannya, pada kawasan wisata hijau yang terletak di Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur,  tersedia penginapan sederhana yang letaknya di bagian pertengahan dari hamparan sawah yang berbentuk terasering. Walaupun hanya dengan kondisi kamar yang standar pada penginapan tersebut, namun pengunjung yang menyempatkan diri menginap di penginapan tersebut setidaknya dapat menikmati panorama alam terasiring dari berbagai sudut. Suasana malam yang sunyi dapat di rasakan di kawasan ini, yang mana tentu sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menenankan diri. Selain itu, keunikan pada kawasan persawahan model terasiring ini yaitu pengunjung dapat menikmati sunrise dari ufuk timur dan sunset di kawasan langit barat.

Bagi anda yang ingin menikmati suasana pedesaan yang diwarnai oleh bentuk persawahan yang bertingkat-tingkat atau terasiring, silahkan datang ke Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Hanya saja, disarankan bepergian dengan kendaraan pribadi agar benar-benar anda dapat menikmati suasana alam sekitar, terutama di saat memasuki kawasan Desa Bebidas. Sebab pada kawasan desa ini, anda dapat menyaksikan hamparan persawahan hijau nan indah, apalagi dengan bentuk persawahan yang bertingkat-tingkat atau terasiring yang ada di Desa Bebidas.

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan