logoblog

Cari

Desa Wisata Masmas Jadi Perhatian Kadispar Lotim

Desa Wisata Masmas Jadi Perhatian Kadispar Lotim

Kepala dinas Pariwisata Lombok Timur yang baru beberapa bulan ini di nakhodai oleh DR. H. Mugni, SS. M. Ag. Tiga Minggu

Wisata Alam

KM Kaula
Oleh KM Kaula
02 Mei, 2019 05:22:53
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 5270 Kali

Kepala dinas Pariwisata Lombok Timur yang baru beberapa bulan ini di nakhodai oleh DR. H. Mugni, SS. M. Ag. Tiga Minggu yang lewat, tepatnya di hari sabtu tanggal 13 April 2019, Mengajak 60 pelaku wisata yang berasal dari 2 Desa dengan masing-masing Kepala Desanya di Kecamatan Sambalie Lombok Timur untuk melakukan Study Kaji lapangan ke Desa Wisata Masmas Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah.

Dalam kunjungan kelompok yang dipimpin langsung oleh kepala dinas tersebut, langsung mendatangi secretariat pokdarwis untuk mendapatkan gambaran dari pengelola yang dirangkai dengan diskusi, baru setelahnya mereka diajak ke lapangan terutama sekali pada setiap destinasi yang menjadi paket dari kegiatan wisata di desa wisata masmas.

Dalam kegiatan presentasi dan diskusi itu, kepala dinas pariwisata yang diberi kesempatan sambutan pertama selaku pengantar rombongan menyampaikan bahwa, dirinya tau lokasi desa wisata dan tau nama pengelolanya justru dari kepala dinas pariwisata Lombok barat, “kala itu saya kebetulan mengikuti salah satu kegiatan bersama kepala dinas pariwisata Lombok barat. H. Isfan. Beliau bercerita bahwa ada satu desa wisata di Lombok tengah yang cukup maju, yang diinisiasi oleh warganya sendiri namanya Habiburrahman, kayaknya nyocok pelaku-pelaku wisata yang ingin mengembangkan desanya menjadi salah satu desa wisata untuk dibawa study banding ke situ guna mendapatkan gambaran sebagai sumber inspirasi mereka dalam mengembangkan desanya. Kalau bapak mau ini nomor kontaknya”. Demikian cerita pak kadis.

Selesai itu waktu kemudian diserahkan kepengelola dalam hal ini bapak H. Habiburrahman yang akrab dipanggil pak Habib, untuk menceritakan lika likunya selama merintis desanya menjadi desa wisata dengan segala tantangan dan kendala maupun pahit manisnya berdinamika mengembangkan kegiatan wisata yang secara sekilas sangat kontradiksi dengan latar belakangan pendidikannya sendiri yang tidak pernah mengikuti pendidikan di dunia wisata maupun kontradiksi dengan kultur budaya masyarakatnya sendiri yang nota bene masih sangat tabu dengan kegiatan wisata yang diidentikkan dengan turis yang pakai pakaian super peminin, yang diidentikkan dengan hal hal negativie lainnya. Tapi habib tidak bergeming dengan asumsi miring warganya karena baginya, soal positif dan negative  efek dari sesuatu itu tergantung bagaimana menyikapinya.ketika seseorang itu bermental pencuri maka dimanapun ia berada dia akan tetap mencuri”, begitu habib meng analogikan soal egek dari kegiatan wisata tersebut yang sering dikhawatirkan akan berdampak negative bagi lingkungan sekitar.

Pada sesi diskusi banyak pertanyaan yang diajukan peserta soal bagaimana menghadapi tantangan-tantangan dari warga yang mencemooh, mencaci, nyinyir dan mencibir. Yang oleh habib dijawab, “kita ngalir bagai air saja, tidak usah terlalu ditanggapi, tapi kita tunjukkan dengan kerja nyata. Kita harus yakin bahwa kebaikan itu pasti akan keliatan begitu juga keburukan. Dan selama kita niat baik maka in sya Allah akan selalu jadi baik, hanya menunggu waktu saja dan ketika masyarakat sudah merasakan manfaat dari kegiatan tersebut maka pasti mereka akan mendukung dengan sepenuh hati, dan itulah yang rasakan selama berdinamika dalam proses pengembangan wisata ini”. Demikian habib terus menjelaskan setiap pertanyaan yang diajukan, hingga tidak terasa waktu keliling kelapangan tiba.

 

Baca Juga :


Sepanjang perjalanan keliling ke beberapa destinasi yang menjadi paket dari kegiatan wisata desa di desa wisata masmas, diskusi terus berlanjut, sehingga perjalanan yang memakan waktu 2 jam an lebih jadi tidak terasa sampai waktu harus pamitpun tiba.

Rombongan semua mohon diri dengan berbagai kesan dan harapan.



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan