logoblog

Cari

Mengintip Eksotisme Laut Dari Atas Bukit

Mengintip Eksotisme Laut Dari Atas Bukit

Berada di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut, sebuah bukit hijau yang kini sering dikunjungi oleh se-kelompok anak muda yang

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
02 April, 2019 18:52:34
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 1802 Kali

Berada di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut, sebuah bukit hijau yang kini sering dikunjungi oleh se-kelompok anak muda yang cinta ketinggian. Bukit ini terletak di Desa Bukit Jeringo, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur. Sesuai dengan tempat bukit ini berada, penduduk sekitar menyebutnya Bukit Jeringo..

Bukit Jeringo menghadap ke laut, atau ke beberapa pantai yang sering dikunjungi oleh wisatwan. Namun lebih indahnya lagi, dari atas bukit ini terlihat jelas eksotisme laut pada waktu siang dan malam.

Dari atas bukit hijau ini, tampak jelas deretan gili yang indah dan deretan pebukitan yang ada di Pulau Sumbawa. Demikian juga dengan keindahan Teluk Lombok yang tampak bulat bagai telur dan berwarna biru, yang tentu dapat memanjakan mata. Selain itu, dari atas bukit indah ini, pemukiman yang ada  di Selong, ibu kota  Lombok Timur dapat dipandang dari kejauhan, serta puncak Gunung Rinjani yang tampak jelas dan terasa dekat di pandangan mata..

Keindahan matahari pagi juga terlihat jelas dari atas Bukit Jeringo. Semilir angin laut yang menghembus ke atas bukit ini memberikan kesejukan bagi penduduk setempat, dan juga pada pengunjung yang sengaja datang untuk menikmati titik keindahan pemandangan sekitar dari atas Bukit Jeringo.

Dari atas Bukit Jeringo, para pengunjung dapat menyaksikan betapa indahnya petakan-petakan sawah yang bertingkat-tingkat. Pada wilayah bagian selatan, sebuah bukit yang sering di daki oleh kelompok pencinta wisata ketinggian juga menjadi pemandangan yang sungguh luar biasa indahnya. Selain itu, pada kawasan bukit ini, juga terdapat air terjun yang cukup tinggi, hanya saja butuh perjuangan untuk menemukannya, sebab harus melewati rintangan yang cukup terjal, seperti melewati pinggr tebing, hutan belukar dan aliran sungai yang cukup panjang. Demikian juga pada kawasan bukit ini, terdapat makam kuno, yang menurut informasi dari warga setempat bahwa makam kuno tersebut sering dikunjungi oleh para pesiarah kuburan kuno dari luar daerah.

“Berkunjung ke Bukit Jeringo sungguh mengasyikkan. Duduk di atas pematang sawah sambil menghadap ke laut, memandangi keindahan teluk Lombok, aktifitas perahu dan kapal Very yang keluar mask di Dermaga Labuhan Lombok terkadang lupa waktu, ,” ujar Jabbar (27 th), salah seorang pencinta wisata ketinggian asal Mataram.

Demikian juga dengan Azis (24 th), yang juga salah seorang pencinta wisata ketinggian mengatakan, “Dari atas Bukit Jeringo, kita dapat menikmati betapa indahnya langit di atas laut, yang seolah-olah saling berkomunikasi dengan laut yang membentang di antara Pulau Lombok dengan Pulau Sumbawa. Apalagi pada waktu malam, panorama laut yang ada di depan bukit ini tampak eksotis oleh lampu-lampu perahu dan kapal penyeberangan,” ujarnya.

 

Baca Juga :


Dari pengamatan yang ada, Bukit Jeringo adalah salah satu tempat ketinggian yang ada di Lombok Timur, yang sangat cocok untuk dikembangkan menjadi tempat berlibur. Walaupun kawasan puncak bukit yang indah ini adalah milik warga penduduk setempat, namun warga setempat bersikap ramah ketika ada pengunjung dari luar yang akan menikmati indahnya panorama alam dari atas bukit ini.

 

 

 

 

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan