logoblog

Cari

Berkunjung Ke Wisata Kuno

Berkunjung Ke Wisata Kuno

Berkunjung ke Desa Aik Buka tidak lengkap rasanya jika belum menikmati sebuah wisata kuno yang dikelilingi oleh panorama alam yang mempesona.

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
16 Maret, 2019 22:32:59
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 3757 Kali

Berkunjung ke Desa Aik Buka tidak lengkap rasanya jika belum menikmati sebuah wisata kuno yang dikelilingi oleh panorama alam yang mempesona. Tepatnya di tengah hutan, wisata kuno ini berupa kolam renang yang sungguh luar biasa cantiknya.

Konon cerita dari beberapa pengunjung bahwa kolam renang yang terdapat di kawasan hutan hijau ini telah ada semenjak dulu, dan dibangun pada tahun 1970. Namun, menurut warga sekitar Aik Buka bahwa pada awalnya pemandian yang dikenal sebagai ‘Pemandian Aik Buka’ ini dibangun oleh orang Belanda yaitu sekitar ratusan tahun lalu. Itulah sebabnya anggapan warga penduduk sekitar di Aik Buka bahwa kolam renang ini adalah kolam renang tertua di Lombok Tengah.

Warda (27 th) salah seorang warga Aik Buka, “Kolam renang kuno dan paling tua di desa ini pada awalnya memiliki desain yang terpadu dengan unsur-unsur alam,” ungkapnya dengan menunjukkan kondisi keindahan alam yang ada di sekitar kolam renang ini, termasuk rimbunan pepohonan hijau, eksotisme tebing pada kitaran kolam renang,  dan petakan-petakan sawah yang kesemuanya mempersembahkan nilai keindahan bagi pengunjung.

Namun bila kita berendam pada air jernih yang menjadi salah satu khas dari kolam renang Aik Buka, serasa bermain air atau mandi di tengah hutan belantara yang hijau nan bersahabat.Udaranya pun sejuk yang tiada henti menyejukkan tubuh pada pengunjung.

Kolam renang Aik Buka berada pada lembah yang dikelilingi oleh hutan. Untuk menembus lokasi kolam renang tersebut, susunan anak tangga beton yang cukup panjang dapat menuntun para pengunjung.  

Selain itu, kolam renang yang terdapat di tengah hutan hijau ini terdiri dari kolam renang untuk orang dewasa dan untuk anak-anak. Bagi pengunjung yang tidak berminat untuk berenang, mereka pun dapat bermain air di tempat air pancuran yang telah disediakan oleh pengelola wisata di desa ini. Ataupun pengunjung dapat menjelajah di sudut-sudut kawasan wisata ini untuk menikmati keindahan alam yang ada di kitaran kolam.

Kesejukan alam Aik Buka sungguh luar biasa. Wajar saja, wisata air ini masih berada pada kawasan kaki Gunung Rinjani yang banyak ditumbuhi oleh pepohonan yang sejuk. Demikian pula dengan sumber mata air pada wisata air ini mengalir dari mata air Gunung Rinjani.

Para pengunjung tidak perlu kuatir dengan makanan dan minum, sebab di kawasan wisata air Aik Buka dilengkapi dengan pedagang makanan dan minum.Bahkan pada kawasan wisata air ini tersedia restoran, penginapan, toko souvenir, dan tempat seminar atau pertemuan.

Jangan kuatir dengan keamanan kendaraan anda. Pada kawasan wisata air Aik Buka terdapat lokasi khusus untuk parkir. Biaya parkir di kawasan ini adalah tidak jauh beda dengan biaya parkir yang ada di kawasan wisata lain di Pulau Lombok.Demikian juga dengan tiket masuk di kawasan kolam renang ini sangat tejangkau oleh kondisi ekonomi para pengunjung, yaitu hanya Rp.3.000,- untuk orang dewasa dan Rp.2.500,- bagi anak-anak.

Wisata Aik Buka terdapat di Desa Aik Buka, Kecamatan Batu Kliang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Untuk menembus lokasi wisata air ini, yang mana bila beranjak dari Kota Mataram menuju Lombok Timur, sekitar 20 KM anda akan bertemu dengan papan penunjuk arah yang bertuliskan ‘Pemandian Aik Buka’ pada bagian kiri jalan raya. Anda tinggal mengikuti petunjuk arah jalan tersebut atau rajin-rajin bertanya pada warga sekitar sebab lokasi Pemandian Aik Buka sudah tidak asing bagi warga sekitar yang ada di Kecamatan Batu Kliang, Lombok Tengah.

 

Baca Juga :


 

 

 

 

 

 

 

 

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan