logoblog

Cari

Berkunjung Ke Bukit Jeringo

Berkunjung Ke Bukit Jeringo

Destinasi wisata di tempat ketinggian cukup mendapat perhatian bagi kalangan muda. Namun, mereka tidak sekedar menikmati perjalanan hingga menemukan lokasi tujuan,

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
28 Februari, 2019 21:07:39
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 8381 Kali

Destinasi wisata di tempat ketinggian cukup mendapat perhatian bagi kalangan muda. Namun, mereka tidak sekedar menikmati perjalanan hingga menemukan lokasi tujuan, melainkan mereka pun menyempatkan diri untuk mengabadikan gambar di lokasi pilihan, yang kemudian diposting di berbagai media sosial. Akhirnya informasi mengenai keindahan dan keunikan tempat-tempat tersebut menjadi tren di kalangan anak muda. Salah satu tempat ketinggian yang belakang ini mulai di cari dan dijelajahi oleh pencinta wisata ketinggian adalah Bukit Jeringo Lombok Timur.

Bukit Jeringo merupakan lokasi transmigrasi yang terdapat di Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Bukit yang satu ini memiliki lahan yang berbentuk terasiring, namun para penduduk transmigran cukup handal dalam mengolahnya sebagai kebun atau sawah, sehingga bukit yang struktur tanahnya berbatu ini sangat bernilai bagi kehidupan penduduknya. Kecuali pada puncak bukit ini dihuni oleh penduduk asli yang berkembang biak secara regenerasi dan memilih sumber mata pencaharian utama sebagai petani di peatakan sawah terasiring.

Berada di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut  (mdpl), lokasi ini meyuguhkan suatu keindahan yang tiada tara. Sejuk dan indah adalah karakter khas pada sebuah bukit yang berhadapan dengan panorama alam laut yang ada di wilayah timur Lombok Timur. Namun, lebih menariknya di atas bukit ini, para pengunjung dapat menyaksikan langsung betapa indahanya petakan sawah terasiring yang berjejer hingga ke lembah bagaian bawah. Selain itu, pengunjung pun dapat menikmati sunrise yang seolah-olah muncul dari balik pebukitan yang ada di Pulau Sumbawa.

Dari atas bukit ini juga dapat ditemukan hamparan pohon jati yang menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung. Di sekitar areal persawahan atau hutan jati, para pengunjung dapat berfoto dan berkemah. Intinya, bagi pengunjung yang suka mendaki dan gemar menikmati keindahan alam dari atas ketinggian sangat cocok berkunjung ke Bukit Jeringo. Satu hal yang menguntungkan adalah kendaraan bisa melewati jalan pendakian hingga ke puncak walaupun  fisik jalan tersebut memeiliki kemiringan 45 derajat.

Jabbar adalah salah seorang Pembina Pramuka dari Kota Mataram pernah berkunjung ke lokasi puncak Jeringo, dan  bertutur bahwa dirinya merasa sangat puas dengan pemandangan alam di sekitaran Bukit Jeringo. “Mulai dari pertengahan jalur pendakian, kita pun terkagum-kagum menyaksikan betapa indahnya pemandangan laut yang ada di Labuhan Lombok. Serasa Dermaga Lama Labuhan Lombok dekat di mata, namun bila dijelajahi lumaya butuh waktu untuk berjalan kaki. Tapi sangat indah laut di wilayah Labuhan Lombok bila dipandang jauh dari atas Bukit Jeringo, “ ungkapnya sembari mengacungkan jempol.

 

Baca Juga :


Sudut keindahan lain yang dapat dinikmati di atas Bukit Jeringo yaitu pada sudut yang paling jauh, gugusan bukit yang memanjang di tepian Pulau Sumbawa tampak eksotis. Langit biru di waktu senja tanpak halus dan bersih dan seolah-olah memayungi perairan Lombok-Sumbawa di seberang sana. Perahu-perahu nelayan dan kapal very tampak sibuk dan menawan mengatur diri dalam menjalankan aktifitas mereka.

Tak jauh dari kaki bukit ini, pemukiman-pemukiman penduduk di sekitar dermaga turut pula menjadi pemandangan indah. Demikian juga dengan bukit indah yang lain, dapat dipandang keelokannya dari atas Bukit Jeringo.

Terlepas dari keindahan laut yang dapat dipandang dari Bukit Jeringo, keindahan lain adalah hutan-hutan belantara yang tampak rindang dan hijau di wilayah Sembalie. Namun bila pengunjung dapat menjelajah di puncak Bukit Jeringo, yaitu pada wilayah perkampungan bagian belakang, sebagian batas-batas wilayah Kabupaten Lombok Timur dapat disaksikan dengan jelas, termasuk Ibu Kota Lombok Timur tampak jelas, yaitu Selong.

Keindahan Bukit Jeringo tidak tampak pada waktu malam, namun jika kita sempat menginap di rumah warga penduduk atau mendirikan tenda di lereng bukit ini, kita pun dapat menyaksikan betapa indahnya suasana malam di perairan Lombok-Sumbawa. Walaupun permukaan laut itu tertutup oleh nuansa kegelapan, namun kilauan cahaya lampu terpancar dari perahu-perahu nelayan dan kapal Very. Demikian juga dengan aneka warna cahaya lampu dari warga penduduk yang bermukim di sekitar dermaga dan di sekitar pantai membentuk biasan sinar yang eksotis di sudut-sudut permukaan laut. Pada momen inilah kita dapat menikmati betapa indahnya suasana malam yang jatuh di atas permukaan laut Lombok-Sumbawa. Serasa kita memandang bagunan-bangunan gedung yang menjulang tinggi dan rapi di sebuah kota meropolitan pada waktu malam.

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan