logoblog

Cari

Bendungan Mila dan Tanju, Jadi Icon Wisata Baru di Dompu

Bendungan Mila dan Tanju, Jadi Icon Wisata Baru di Dompu

Setelah proses impounding yang diresmikan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi pada 17 Januari 2019 lalu, Bendungan Mila yang berlokasi

Wisata Alam

Suparman
Oleh Suparman
25 Februari, 2019 03:29:16
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 8806 Kali

Setelah proses impounding yang diresmikan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi pada 17 Januari 2019 lalu, Bendungan Mila yang berlokasi di Desa Rababaka Kecamatan Woja  telah menjadi icon destinasi wisata baru bagi masyarakat Kabupaten Dompu khususnya dan Provinsi NTB pada Umumnya.

Kemudian Bendungan Tanju yang diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Juli 2018 lalu berlokasi di Desa Tanju Kecamatan Manggelewa, dengan jarak sekitar 20 Km dari pusat Dompu, Juga tidak luput dari incaran masyarakat untuk dikunjungi. Kedua bendungan itu, layak dijadikan icon wisata baru bagi pemburu destinasi di wilayah Dompu, karena sangat ramai dikunjungi.

Selain menjadi tempat penampung air dengan skala besar, kedua bendungan dengan lokasi berbeda yang diapit oleh banyak bukit. Tetapi sama-sama menawarkan pemandangan ladang pertanian yang menjanjikan. Apalagi musim hujan sekarang, tanaman jagung mendominasi pemandangan yang memanjakan mata setiap pengunjung. Menghabiskan waktu untuk berlibur menjadi pilihan tepat.

Kehadiran Bendungan Mila  dan Tanju, menjadi trending topik yang diperbincangkan oleh masyarakat luas, baik yang ingin berkunjung ataupun yang sudah pernah berkunjung. Keindahan alam serta bukit-bukitnya cocok sebagai tempat untuk berfoto-foto bagi yang hobi berselfi ria. Tidak hanya memberikan nyawa baru di bidang pertanian, Kedua bendungan itu merupakan kebanggaan tersediri bagi masyarakat Dompu.

Tak hanya jadi buah bibir, sosial media juga tidak kalah saing untuk memviralkan icon wisatan baru tersebut. Postingan di berbagai akun sosmed masyarakat, Bendungan Mila dan Tanjung saat ini, telah menjadi topik utama dan layak untuk  membuka wisata baru bagi Kabupaten Dompu yang selain dikenal dengan wisata pantai juga Gunung Tamboranya.

Karena tak ingin ketinggalan, pada Minggu sore (25/2), saya bersama dua orang sahabat menyempatkan diri untuk mengunjungi Bendungan Mila yang cukup viral di media sosial. Dari desa saya (Desa O'o Kec Dompu. Kab Dompu) hanya butuh waktu 19 menit untuk sampai ke lokasi bendungan. Infrasttuktur jalan yang sangat mendukung menambah semangat ingin berkunjung. Selain menyajikan pandangan alam nan hijau dengan tanaman jagung membentang, juga menawarkan kecantikkan oleh pemilik paras cantik dari berbagai daerah yang berkunjung.

 

Baca Juga :


Dari yang kecil hingga dewasa semua memadati bendungan. Sepertinya mereka juga tidak ingin melewatkan momen liburan bersama keluarga. Ingin membuktikan bahwa pernah mengunjungi bendungan itu, mereka disibukkan dengan berfoto ria dengan beragam background ditawarkan oleh bendungan. Dari struktur bangunan dengan tampilan arsitektur modern, genangan air bak sebuah danau, hamparan jagung serta bukit-bukit tinggi mengelilingi bendungan.

Belum lengkap rasanya, menghabiskan liburan kalau tidak mengunjungi bendungan Mila dan Tanju sebagai icon wisata baru di wilayah Kabupaten Dompu. Meskipun belum sempat mengunjungi Bendungan Tanju yang cukup jauh dari desa, sedikit tidaknya saya pernah melihat dari berbagai postingan di sosmed.

Bendungan Mila dengan kapasitas tampung sebesar 6,73 juta meter kubik dengan luas genangan 99 hektare untuk mendukung kontinuitas suplai air Daerah Irigasi (DI) seluas 1.689 hektar. Sedangakan Bendungan Tanju seluas 387 hektare memiliki daya tampung 18 juta meter kubik ini akan mengairi lahan pertanian seluas 2.250 hektare seperti yang dilangsir kompas.com. (Man-Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan