logoblog

Cari

Legenda Wisata Alam Goa Bongkol Dusun Tumpak

Legenda Wisata Alam Goa Bongkol Dusun Tumpak

TUMPAK, wisata alam memang menghadirkan berbagai keindahan yang sangat eksotis. Beda cerita dengan wisata Goa Bongkol, dinasti wisata yang terletak

Wisata Alam

Jumratul Akbar
Oleh Jumratul Akbar
22 Februari, 2019 00:36:37
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 5729 Kali

TUMPAK, wisata alam memang menghadirkan berbagai keindahan yang sangat eksotis. Beda cerita dengan wisata Goa Bongkol, dinasti wisata yang terletak di dusun Tumpak, Desa Tumpak, Lombok Tengah, tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menawan namun Goa Bongkol juga sangat menarik bagi penggemar panjat tebing. Pasalnya wisata yang mulai di buka pada tahun 2017 ini memiliki ketinggian tebing kurang lebih 50 - an meter, sehingga sangat tepat untuk dijadikan lokasi olahraga panjat tebing dan alamnya sangat menarik bagi muda – mudi yang ingin berlibur serta mengambil foto dengan tema alam.

“di desa tumpak ini ada tiga wisata alam yang punya potensi sebagai dinasti wisata. Tapi goa bongkol berbeda dengan dua wisata alam di desa ini, goa bongkol tidak hanya menawarkan keindahan alam seperti banyak pepohonan yang hijau, namun disini juga terdapat tebing yang cukup tinggi bisa menarik bagi kawan – kawan penggemar panjat tebing” terang Mawardi.

Wisata Goa Bongkol juga menyimpan legenda yang cukup melegenda dimasyarakat setempat. Legenda tersebut tidak hanya menggugah rasa penasaran bagi wisatawan, hal ini membuat wisata alam Goa Bongkol terasa mistis.

Dari keterangan warga setempat dusun Tumpak, wisata alam Goa Bongkol memiliki legenda yang diyakini warga setempat, dahulu kala terdapat seekor buaya besar tinggal di gua tersebut, sehingga wisata alam tersebut di beri nama Goa Bongkol, “Goa” yang berarti gua dan “Bongkol” berarti buaya. Serta warga setempat masih meyakini bahwa hingga saat ini buaya tersebut masih tinggal dan hidup disana tepatnya di dalam goa bongkol, namun tidak semua orang dapat melihat dan buaya tersebut hanya muncul pada waktu – waktu tertentu.

Wisata alam Goa Bongkol juga terdapat air terjun mini dengan ketinggian kurang lebih 2 meter, dengan air yang sangat jernih dan tidak pernah berhenti mengalir. Goa Bongkol terbilang wisata alam yang baru – baru ini muncul dan baru di viralkan di media – media social serta ditata oleh masyarakat pada tahun 2018 dengan menawarkan berbagai keindahan alam, legenda dan lainya.

 

Baca Juga :


Selain itu, untuk sampai ke wisata Goa Bongkol para wisatawan melalui jalan perkampungan dengan udara yang masih segar baik di pagi hari maupun di siang hari. Para wisatawan juga harus melewati dua jurang salah satunya adalah “Jurang Maut”, oleh salah satu warga setempat menuturkan bahwa dahulu di jurang tersebut sering terjadi kecelakaan serta menelan korban namun sudah berbeda ceritanya saat ini.

“dulu memang banyak terjadi kecelakaan disini tapi sekarang sudah tidak ada lagi, tapi oleh warga setempat menyebut jurang itu dengan sebutan jurang maut” tuturnya.

Sehingga wisata alam Goa Bongkol tidak hanya menawarkan keindahan alamnya yang sangat eksotis, namun berbagai cerita dan legenda membuat wisatawan penasaran tentunya serta ingin mendengarkan langsung cerita dan legenda Goa Bongkol pada warga setempat.  



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan