logoblog

Cari

Indahnya Ciptaan Allah

Indahnya Ciptaan Allah

Lantung Sumbawa_ Sebuah bukit yang sangat indah menakjubkan yang dikelilingi hutan yang masih hijau dan asri serta pemandangan yang memukau seperti

Wisata Alam

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
12 Februari, 2019 08:54:32
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 11696 Kali

Lantung Sumbawa_ Sebuah bukit yang sangat indah menakjubkan yang dikelilingi hutan yang masih hijau dan asri serta pemandangan yang memukau seperti negeri diatas awan, Masyarakat setempat menyebutnya Lenang Indah yang berada di Desa Sepukur Kecamatan Lantung Sumbawa Besar.

Selama ini hanya mendengar cerita dari teman betapa indahnya bukit yang berada di Kecamatan Lantung rasanya bermimpi bisa kesana karena memang tidak ada rencana untuk berwisata ke Bukit Indah itu, Allah lah yang menghantarkan kami kesana, ada pepatah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui terlnyata itu terbukti ,kami bersama pak Camat Lantung Iwan Sofian dan keluarga dan beserta jajarannya mengajak melihat langsung dan keliling kampung pelangi yang sangat indah warna warni ornament dan tanaman apotik hidupnya dan mengantar hingga sampai pucuk bukit indah tersebut setelah kami bersama rombongan MUI Kabupaten Sumbawa dalam kegiatan pembentukan pengurus Majlis Ulama Indonesia Kecamatan Lantung yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 10 Pebuari 2019 .

Semua rumah warga dicat warna-warni layaknya warna pelangi. di halaman pekarangan dan di atas tembok warga ditanamani tanaman Organik aneka ragam sayur mayur seperti kol, kangkung, seledri, tomat, bawang merah, ,sawi dan tanaman lainnya seperti terong-terongan,Mentimun,pisang,papaya, Markisa dan masih banyak lagi. Sejumlah tanaman organik mulai dikembangkan oleh masyarakat di Kecamatan Lantung. dengan memanfaatkan pekarangan rumah warga setempat. sehingga untuk menjaga keaslian dari hasil tanaman tersebut, hanya menggunakan pupuk kandang.

Didesa Agrowisata kampung KB  desa Lantung ada rumah Bokar (pot dari Bokar),rumah hidroponik (tanaman pekarangan menggunakan sistem hidroponik sumbu dari kain ada juga qasidah lansia segar desa Lantung.

 

Baca Juga :


Sementara di seberang jalan di bagian selatan Desa Ai Mual, Desa Lantung juga punya konsep rumah warna-warni atau kampung pelangi dan tanaman sayur yang tumbuh subur di halaman pekarangan warga. Namun keunikan lainnya, semua warga di Desa Lantung merupakan akseptor KB aktif sehingga disematkan sebagai Kampung KB Akhirnya kami bisa menikmati panorama Alam yang begitu indah ini. Bukit yang hanya ditumbuhi rumput dan ilalang ini selalu dihiasi awan dan kabut yang dimana masyarakat lantung Sumbawa ini menyebutnya Rebin dan seolah olah para pengunjung berada diatas awan.

Menurut cerita dari tokoh masyarakat setempat, bahwa Lenang atau bukit Indah ini diberi nama Lenang India atau bukit India,namun banyak pihak ada juga yang tidak setuju dinamakan lenang india, akhirnya lenang india itu sekarang namanya menjadi lenang atau bukit indah , memang seindah kenyataan bagi yang merasa sudah melihat langsung.

Lenang indah ini terletak diwilayah Sumbawa bagian selatan dengan jarak 43km dari Kota Sumbawa Besar dengan waktu tempuh bisa mencapai 90 menit ,perjalanan yang sangat mengesankan kondisi jalan yang berliku liku dan naik turun bukit dan tumbuhan sangat subur dan hijau dengan pepohonan yang sangat lebat pada musim penghujan membuat gairah bagi para pengguna jalan , karena sejuk tanpa menggunakan AC bagi yang menggunakan Mobil dan tidak merasa kepanasan bagi pengendara sepeda motor .

Ternyata Kecamatan Lantung juga disamping lenang yang indah juga memiliki Air terjun, warga menyebutnya dengan nama Lampas yakni ada lampas Sepukur, Lampas ado sepukur, Lampas Perung Padesa, Lampas Kokar Rita' lantung,lampas tiu bangin aimual,lampas babalo lantong,mari kita kunjungi daerah wisata yang ada di Kecamatan Lantung dan juga Kecamatan kecamatan lain diwilayah Kabupaten Sumbawa. []



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan